1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (127 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 May, 2013 - 8:00 PM

Hindari Pertemanan yang Tidak Baik

Pertemanan yang tidak baik, menyebabkan kita berkonsentrasi pada hal-hal negatif. Oleh karena itu, hindarilah pertemanan yang tidak baik, atau lebih baik putuskan saja pertemanan semacam itu. Pepatah Arab mengatakan, “Teman duduk seseorang, menggambarkan dirinya.” Rasulullah SAW bersabda, “Seseorang itu tergantung agama temannya. Maka, perhatikan olehmu dengan siapa engkau berteman.” Ibu saya pun berpesan dan mendoakan saya, “Anakku, semoga Allah menjauhkanmu dari teman-teman yang tidak baik.”

Penting untuk diingat, bahwa teman yang tidak baik, menyebabkan Anda fokus pada hal-hal negatif. Dan, pikiran negatif, menjadikan bahasa Anda menjadi negatif, sehingga yang terdengar hanya keluhan, sumpah-serapah, dan caci-maki belaka. Hal-hal itu membuat orang-orang yang berpikir positif, tidak tertarik untuk berinteraksi dengan Anda. Sebab, orang-orang yang berpikir positif memiliki pola pikir berorientasi solusi, maju, dan berkembang. Sementara, orang-orang yang berpiikir negatif, hanya berkutat pada problem, yang akan menular pada orang lain.

Seseorang yang berpikir negatif, akan mendapatkan penguatnya. Maka, terjadilah semacam pembenaran dan menambah problem semakin kompleks. Pepatah mengatakan, “Kesengsaraan menarik kesengsaraan lain. Orang yang sengsara menarik orang lain untuk sengsara pula.”

Pikiran negatif membuat seseorang merasa senang pada orang yang mendukung pendapat negatifnya, dan orang yang memiliki pikiran sejenis dengannya. Jadi, pikiran negatif melahirkan pertemanan yang negatif. Pertemanan negatif memperkuat pikiran negatif. Dengan demikian, orang-orang tersebut hidup dalam rotasi negatif. Dan, tak pelak lagi, permasalahan yang dihadapi semakin membesar, sehingga hidupnya makin tak terarah.

Sekarang, cobalah lihat kembali, siapa teman-teman Anda. Apakah diantara mereka ada yang negatif? Jika ternyata diantara teman-teman Anda ada yang negatif, maka sebaiknya Anda hindari saja, atau lebih baik tidak lagi berteman dengan orang-orang yang negatif itu, daripada jika terus berlanjut pertemanan yang negatif ini membuat Anda ikut terseret ke dalam arus kehidupan negatif, yang pasti merugikan hidup Anda, bukan?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (127 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *