1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (186 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: April 5, 2015 - 6:00 AM

Cara Jadi PUBLIC SPEAKER Luar Biasa dan INSPIRATIF

Berbicara di depan umum, menjadi Public Speaker telah menjadi sesuatu yang ingin dan harus saya kuasai.

Untuk mencapai tujuan ini, saya telah membaca dan mengonsumsi TIPS BERBICARA di depan umum dari semua pakar di bidangnya. Saya juga telah menonton Video Public Speaker, untuk melihat apa yang membuat pengalaman tak terlupakan bagi setiap penonton.

Dikombinasikan dengan penelitian saya, saya juga menghadiri banyak acara di mana saya dibuat takjub oleh pembicara yang tampaknya tidak dikenal, yang berhasil memotivasi penonton untuk bertindak, dan membuat kekaguman setelah mereka berbagi cerita dan nasihat.

Apa pun tujuan Anda, pada titik tertentu, jika Anda ingin meningkatkannya ke level berikutnya, Anda harus menjadi luar biasa dalam berbicara di depan umum dan membagikan pesan Anda.

Untuk mempercepat kemajuan Anda, berikut adalah 15 Cara Menjadi Luar Biasa Saat Berbicara Di Depan Umum:

1. Lakukan Gerakan Mengejutkan

Pembicara Publik, di awal tampil, selalu berupaya untuk membuat orang-orang langsung terhubung ke ceramahnya dengan melakukan gerakan-gerakan mengejutkan, seperti melompat-lompat di panggung sambil berteriak-teriak menggelegar menyapa penonton.

Bahkan ada juga yang bisa melakukan salto backflip di awal masuk panggung. Semua gerakan itu dimaksudkan untuk meningkatkan energi penonton, dan menciptakan hubungan secara emosional ke si pembicara. Trik ini mungkin terlihat sedikit amatir, tetapi terbukti ampuh. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menarik perhatian orang pada awal pembicaraan Anda di panggung?

2. Ceritakan banyak Kisah

Setelah berjam-jam melihat, mendengarkan dan membaca tentang apa yang membuat pidato terbaik, menjadi jelas bagi saya bahwa cerita adalah inti dari semuanya. Sebelum Anda memulai dan mencoba menyampaikan pidato Anda, buatlah beberapa kisah yang bisa Anda ceritakan, yang disesuaikan dengan suasana di ruangan saat itu.

Buatlah cerita ini dengan kandungan emosi, dan cobalah untuk menciptakan momen di mana orang bisa mendapatkan nilai dan menerapkan pelajaran Anda dalam kehidupan mereka sendiri. Ekstraklah bagian terbaik dari setiap cerita dan jangan terlalu banyak memikirkan detailnya. Fokus pada apa tantangannya, dan bagaimana Anda mengatasinya.

3. Lukis gambar dengan Kata-kata Anda

Pembicara Publik yang sangat sukses, memiliki kemampuan dalam berbicara. Mereka menggunakan kata-kata dalam pidatonya untuk melukiskan gambaran yang membuat Anda merasa seperti hadir pada saat yang sama. Sangat mudah untuk menampilkan gambar dan video dalam pembicaraan Anda; dan jauh lebih sulit untuk membuat gambar-gambar itu dengan kata-kata, dan itu efeknya jauh lebih besar.

4. Pidato yang Disiapkan atau yang Tidak Siap

Hal yang kadang membuat bingung semua Pembicara Publik pemula adalah apakah harus bersiap-siap dahulu atau tidak. Jawabannya, YA TENTU HARUS ADA PERSIAPAN SEBELUMNYA.

Mempelajari kata demi kata dalam presentasi, itu hampir mustahil, dan saya pun telah berusaha keras untuk mencoba melakukan ini. Pelajari dan Bacalah Pidato Anda sebanyak mungkin, dan kemudian mulailah meringkas bagian-bagian berbeda dari pidato tersebut dengan Frasa Kunci.

Setelah Anda mengetahui Frasa Kuncinya, bagaimana Anda mengucapkannya saat berada di atas panggung, itu terserah Anda. Jika Anda ingin menjadi seorang profesional sejati, maka cara paling bagus dalam menyampaikan pidato adalah melakukan semuanya dengan jelas, cepat dan tepat.

Agar berhasil dengan teknik ini, saya telah menemukan bahwa topik pidato haruslah sesuatu yang sudah Anda ketahui dan sangat Anda sukai. Ketika Anda mencoba berbicara tanpa persiapan tentang sesuatu yang tidak terkait dengan hasrat Anda, Anda akan menjadi beku, gugup, dan melakukan pidato Anda secara buruk.

Meskipun dengan pidato yang tidak disiapkan, tetap merupakan ide baik untuk menuliskan beberapa ide yang berpotensi Anda bagikan, dan memiliki beberapa cerita bagus di pikiran, untuk ditautkan ke ide utama Anda.

5. Gunakan Keheningan, alih-alih kata pengisi

Terlepas dari apa yang kita semua pikirkan, hampir semua Pembicara Publik pernah kehilangan jejak ceramah mereka di beberapa titik selama pidato mereka. Ini normal dan bukan waktunya untuk panik. Ketika Anda sedang belajar berbicara di depan umum secara profesional, seringkali jedah waktu kosong ini diisi dengan kata-kata pengisi seperti umm, so, ahh, dll.

Sebaiknya Anda tidak melakukan hal itu. Anda harus mempelajari bagaimana menggunakan KEHENINGAN untuk kembali ke jalur ceramahnya. Alasan kebanyakan orang menggunakan kata-kata pengisi tersebut adalah karena takut terputus saat menyampaikan maksudnya, sehingga mencoba mempertahankan kendali percakapan dengan mengisi celah keheningan lewat kata-kata pengisi itu.

Jika Anda ingin menjadi Pembicara Publik profesional, maka Anda harus menyadari untuk menghindari kata-kata pengisi; umm, so, ahh, dll.

6. Gunakan Alat Peraga

Beberapa pidato paling menarik di internet menggunakan alat peraga untuk mendemonstrasikan poin-poin utama. Bill Gates melakukan ini ketika dia berbicara, dan membahas bagaimana nyamuk menyebarkan malaria. Dia kemudian melepaskan beberapa nyamuk hidup ke arah penonton, dan orang-orang tidak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi.

Asumsi alami penonton adalah mengira bahwa nyamuk yang dilepaskan di dalam ruangan itu mengidap penyakit malaria. Dan, Bill memberi tahu semua orang bahwa itu nyamuk tidak berbahaya, dan akhirnya dia menarik perhatian semua orang. Contoh terkenal lainnya adalah ketika Jamie Oliver berbicara, dan menjatuhkan keranjang penuh gula ke atas panggung, untuk menunjukkan berapa banyak gula yang ada di dalam produk makanan anak-anak seperti permen dan susu.

Pembicara Publik yang luar biasa, menggunakan lebih dari sekedar suara mereka untuk menyampaikan pesannya. Mereka juga menggunakan alat peraga untuk memperkuat apa yang mereka katakan, dan meningkatkan kekuatan makna pidato mereka.

7. Tatap Mata Penonton

Pembicara Publik terbaik, selalu menatap mata audiens mereka, untuk membuat pidato mereka terasa pribadi, dan terhubung secara emosi. Agar teknik ini berhasil, Anda harus melihat audiens satu per satu selama jangka waktu tertentu, sebelum melirik ke orang berikutnya.

Menggerakkan mata Anda secara cepat dan konstan tidak akan memberikan efek yang diinginkan. Jadi, tahan pandangan Anda sejenak.

8. Gunakan Gerakan Besar

Inti dari pidato yang baik, bukan hanya kata-kata yang diucapkan, tetapi juga Bahasa Tubuh yang digunakan. Gerakan besar yang menunjukkan ukuran sesuatu, melibatkan tangan dan lengan yang terentang lebar, akan menambah minat pada apa yang Anda katakan.

Gerakan besar menunjukkan kepercayaan diri, dan menimbulkan minat pada topik Anda. Gerakan yang sama ini juga akan membuat pembicara merasa cukup bertenaga dan kuat.

9. Ajukan Pertanyaan ke Penonton

Setiap Pembicara Publik memiliki hari ketika mereka merasa lebih gugup dari biasanya. Para profesional menggunakan retasan sederhana untuk mengalihkan perhatian mereka dari kegugupannya ke penonton. Retasan sederhana ini adalah mengajukan pertanyaan kepada audiens, yang relevan dengan topik Anda. Biarkan hadirin menjawab, dan kemudian mulai lagi pidato Anda. Saat melakukan itu, ketegangan saraf seharusnya sudah mereda, dan Anda akan mengalir kembali.

10. Variasikan Kecepatan Aliran Nada

Saat mendengarkan lagu populer apa pun, Anda akan tahu bahwa ada puncak dan palung di dalam energi lagu tersebut. Jika sebuah lagu terus-menerus mengeluarkan energi maksimum sepanjang waktu, maka tidak ada emosi yang naik turun. Tanpa emosi, musik akan kehilangan jiwanya.

Kecepatan dan aliran nada pidato Anda pun seperti halnya lagu populer. Anda perlu memvariasikan aliran nada penyampaian Anda, yaitu memiliki saat-saat sangat keras yang menggerakkan, dan saat-saat tenang yang menghanyutkan. Anda juga perlu memiliki bagian, di mana Anda berbicara dengan cepat dan bagian di mana Anda berbicara dengan lebih lambat.

Pada saat sama, Pembicara kelas dunia memahami KEKUATAN DIAM, dan mereka menggunakannya, setelah menyampaikan poin penting dalam pidato mereka.

Keheningan dapat menambah ketegangan, emosi dan drama pada setiap pidato, dan itu adalah atribut yang harus dimiliki dari ceramah yang berkesan.

11. Bergerak Di Sekitar Panggung

Berdiri di satu tempat dengan kedua tangan di sisi tubuh, akan menjadi sangat membosankan untuk dilihat oleh penonton. Pembicara profesional yang memengaruhi pikiran pendengarnya, bergerak di sekitar panggung, dan bahkan berjalan ke hadirin untuk lebih dekat dan terasa pribadi. Hidup adalah gerakan dan begitu pula berbicara di depan umum.

12. Berdiri Tegak Berenergi

Sebelum memberikan pidato, Anda perlu memastikan bahwa Anda berada dalam kondisi puncak. Jika Anda di sana sambil membungkuk dan kekurangan energi, cara Anda berbicara akan membawa elemen yang sama. Orang ingin terinspirasi ketika mereka mendengar Anda berbicara. Jadi, Anda perlu menginspirasi diri sendiri terlebih dahulu.

Berdiri tegak dan bayangkan tidak ada yang bisa menghentikan Anda. Anggaplah pesan Anda memiliki kemampuan untuk menyelamatkan dunia, dan membawa perubahan positif. Pola pikir ini akan membuat Anda menguatkan tujuan berbicara Anda, dan itu akan membuat penonton yang mengoceh, ingin kembali mendengarkan Anda lagi.

13. Berlatih di depan kamera video atau smartphone

Setelah melakukan latihan pidato panjang pertama saya, saya dapat saran dari seorang teman agar merekam pidato saya melalui video. Idenya adalah ketika mempraktikkan pidato, Anda dapat merekam diri Anda sendiri untuk melihat bagaimana penampilan Anda di atas panggung.

Latihan ini memberikan hasil yang mengejutkan, karena Anda akan melihat detail terkecil seperti gerakan atau pandangan canggung dan gelisah yang tidak perlu. Video yang sama ini nantinya dapat digunakan sebagai konten untuk media sosial, website atau blog Anda, sehingga tidak akan pernah sia-sia!

14. Hadiri acara Pertemuan Pembicara Publik

Untuk menjadi sangat luar biasa saat berbicara di depan umum, saya menemukan bahwa ada cara mudah untuk meningkatkan kemampuan berbicara secara dadakan. Apa yang saya lakukan adalah pergi ke pertemuan pembicara publik, yang ada sesi berbicara dadakan di depan umum; di mana setiap orang yang hadir harus berbicara tentang sebuah topik di depan seluruh peserta.

Beberapa kali pertama bisa menjadi tantangan berat, namun pada akhirnya, Anda menjadi pandai berbicara dengan cepat dan berkonsentrasi pada audiens Anda. Berbicara dadakan adalah definisi sebenarnya dari pidato berkualitas tinggi, mudah diingat, dan menginspirasi.

15. Belajar untuk Mengontrol Saraf Anda

Semua orang mulai dari politisi hingga pengusaha top, mengalami beberapa bentuk ketegangan saat berbicara di depan umum. Saraf adalah energi yang dapat Anda gunakan untuk melayani Anda atau pun mengurangi kinerja Anda. Fokuskan perhatian Anda pada penonton, perhatikan kegugupan Anda, dan ketahuilah bahwa itu semua adalah “bumbu penyedap”. Anda ditakdirkan untuk melakukan ini, dan tidak peduli apa pun yang orang pikirkan.

Nah Sahabat. Menurut Anda, apa yang membuat Pembicara Publik menjadi luar biasa?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (186 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *