1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (188 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 12 May, 2016 - 6:00 AM

7 Tips Membuat Papan Visi Inspiratif

Papan Visi (Vision Board) adalah salah satu alat sukses paling kuat yang dapat melakukan keajaiban untuk menginspirasi dan memotivasi Anda, dan menempatkan Anda dalam kerangka berpikir yang benar. Apakah Anda menggunakannya untuk bisnis atau kehidupan pribadi Anda, membuat dan menggunakan papan visi juga menambah sedikit kesenangan dalam rutinitas Anda, sambil mengaktifkan Hukum Ketertarikan (Law of Attraction) dan menggambarkan keinginan Anda ke dalam hidup Anda!

Berikut adalah 7 Tips yang akan membantu dalam membuat Papan Visi (Vision Board) yang menginspirasi.

1. Buatlah Jelas Tentang Penggunaannya

Papan visi Anda akan menjadi alat visualisasi, membawa gambar dan kata-kata yang akan mendorong Anda untuk mencapai tujuan Anda dan memenuhi impian Anda. Karena itu, Anda jangan hanya menganggapnya sebagai daftar keinginan atau daftar yang harus dilakukan.

Perhatikan bahwa ada berbagai jenis papan visi. Jika Anda sangat jelas tentang apa yang Anda inginkan atau ingin sesuatu yang spesifik terjadi dalam bisnis Anda, Anda dapat membuat papan visi ‘Saya tahu persis apa yang saya inginkan’. Papan visi ‘Mengizinkan’ adalah untuk visi dan tujuan yang tidak Anda yakini, atau jika Anda tahu bahwa perubahan yang terjadi diharapkan terjadi. Jika Anda bekerja pada aspek tertentu dari hidup Anda atau berfokus pada tujuan bisnis tertentu, papan visi ‘Tema’ akan tepat untuk Anda.

2. Dapatkan Pekerjaan Sebelum Bekerja

Ya, ada pra-pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Anda mulai membuat papan visi Anda! Mulailah dengan menilai apa yang Anda inginkan untuk bisnis dan kehidupan pribadi Anda selama 6-12 bulan terakhir. Pikirkan bidang-bidang seperti branding, penjualan, atau berbicara di depan umum, dan buat daftar tujuan dan niat di setiap kategori yang Anda ingin membawa perubahan atau tumbuh seiring waktu.

Ingatlah untuk menyisihkan cukup banyak waktu dalam kegiatan ini. Anda tidak dapat membuat daftar keinginan atau tujuan saat Anda sedang terburu-buru makan siang atau di antara pertemuan! Duduklah di tempat Anda bisa mendapatkan kedamaian dan ketenangan, bermeditasi sejenak, dan tanyakan pada diri sendiri apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Biarkan visual dan emosi mengalir bebas melalui pikiran Anda, dan biarkan proses ini membuat pengalaman yang lebih dalam dan bermakna. Anda mungkin ingin mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan saat Anda memikirkan apa yang penting bagi Anda!

“Satu-satunya batasan bagi realisasi kita besok adalah keraguan kita hari ini.” – Franklin D. Roosevelt

3. Persempit dan Fokus

Tujuan bisnis, dan beberapa tujuan pribadi, bisa bersifat jangka panjang, mengharuskan Anda untuk meluangkan waktu dan upaya. Jika memiliki terlalu banyak tujuan di pikiran Anda, Anda mungkin akan kewalahan. Karena itu, pikirkan langkah-langkah kecil dan uraikan tujuan Anda menjadi langkah yang lebih sederhana dan mudah dikelola.

Cara mudah untuk melakukan ini adalah membuat rencana aksi yang menguraikan tugas-tugas individu. Pastikan Anda memiliki tindakan yang jelas sehingga lebih mudah untuk membuat kemajuan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuat target pencapaian berdasarkan waktu.

Sebagai contoh, jika sasaran Anda adalah menghasilkan lebih banyak uang atau memperluas bisnis Anda, jangan hanya menambahkan ‘Dapatkan Lebih Banyak Uang’ atau ‘Perluas Bisnis’ ke daftar Anda. Anda perlu fokus pada penjualan atau rilis produk baru untuk meningkatkan pendapatan, yang dapat Anda gunakan lebih lanjut untuk mendukung ekspansi bisnis!

4. Kumpulkan Gambar Representasi

Bukalah majalah favorit Anda dan melihat gambar menarik perhatian Anda. Anda juga dapat menelusuri gambar secara online dan mengunduh serta mencetak yang Anda sukai. Namun penting diingat, jangan habiskan waktu Anda hanya untuk melanjutkan pencarian gambar yang ideal! Dengan cara ini, Anda tidak akan pernah menemukan apa yang Anda cari, dan Anda bisa berakhir dengan tidak menyelesaikan apa pun.

Yang terpenting, jangan berpikir ketika memilih gambar, tetapi rasakan. Ini akan membuat Anda tidak melihat gambar dengan cara konvensional! Selain itu, jangan menghentikan diri Anda untuk memilih gambar yang tidak terhubung satu sama lain secara rasional; tidak apa-apa untuk memasang apa pun yang beresonansi dengan Anda di papan visi Anda. Pilihlah beberapa kata afirmasi motivasi juga.

5. Aturlah secara Tepat

Siapkan tema dan format untuk papan visi Anda. Anda dapat mencari inspirasi secara online, tetapi ikuti hati Anda jika ingin melakukan sesuatu yang tepat! Anda mungkin ingin mengakses papan visi Anda dengan kertas warna-warni, stiker, dan banyak lagi. Ingatlah bahwa semua warna dapat memengaruhi secara berbeda, jadi jika Anda ingin membuat papan visi yang memberikan suasana tenang dan menyenangkan, papan bertema merah tidak akan sesuai dengan tujuannya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah memiliki terlalu banyak gambar pada papan visi tunggal dapat mencegah Anda untuk fokus pada tujuan Anda. Untuk menghindari kekacauan, pilih gambar yang paling menginspirasi Anda. Atau, pertimbangkan untuk membuat dua papan visi.

6. Tempatkan Papan Visi untuk Digunakan

Tidak peduli seberapa hebat papan visi dapat memginspirasi Anda, itu akan gagal menginspirasi Anda jika Anda meletakkannya di tempat yang tidak jelas, seperti di balik pintu atau di lemari. Jadi, letakkan papan visi Anda di tempat yang dapat Anda lihat setiap hari. Pikirkan tempat terbaik, di mana Anda dapat berdiri atau duduk sebentar setiap hari dan dapatkan getaran positif saat Anda melihat papan visi Anda.

Cara Anda memandang papan visi Anda juga penting! Cukup dengan meliriknya tidak akan menghasilkan hasil yang Anda inginkan. Jadi, berkomitmenlah untuk mempelajari konten papan visi Anda selama minimal 5 menit, sekali sehari. Baca kutipan dan afirmasi yang telah Anda pasang, secara keras dan dengan keyakinan. Berhati-hatilah dalam menggunakan imajinasi; Anda ingin memvisualisasikan bagaimana Anda akan bekerja untuk mencapai tujuan Anda, bukan hanya membayangkan hidup Anda setelah Anda mencapai semua yang Anda inginkan.

“Tidak ada rahasia untuk sukses. Ini adalah hasil dari persiapan, kerja keras, dan belajar dari kegagalan.” – Colin Powell

7. Atur Ulang Papan Visi sesuai Kebutuhan

Anda tidak harus tetap dengan pengaturan papan visi yang sama sepanjang tahun! Pasti ada perubahan dalam hidup Anda, jadi silakan mengatur ulang gambar dan kata-kata peneguhan untuk mencerminkan hal yang leboh baik. Jangan sisakan ruang kosong, Anda dapat menambahkan tujuan baru.

Ingatlah bahwa Anda tidak perlu merasa tertekan untuk memiliki pengaturan baru di setiap bulan dalam setahun. Papan visi hanya perlu diatur ulang jika terjadi perubahan besar yang memengaruhi pandangan dan fokus Anda.

Jangan biarkan keraguan merayap masuk. Setiap kali Anda melihat papan visi Anda, tarik napas panjang, tersenyum, dan katakan pada diri sendiri bahwa Anda lebih dekat dalam mencapai impian Anda. Jadi, mulailah membuat papan visi yang menginspirasi Anda, dan biarkan itu membuat Anda mengubah impian Anda menjadi kenyataan!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (188 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *