1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 July, 2018 - 5:00 AM

4 Hal untuk Mengaktifkan Kinerja Puncak

Benih apa yang harus Anda tabur untuk menuai kesuksesan? Benih apa yang harus Anda tabur untuk mengalami sukacita? Benih apa yang harus Anda tabur agar bisa tumbuh? Kita memiliki lebih banyak peluang daripada sebelumnya. Dan kita juga memiliki lebih banyak persaingan daripada sebelumnya. Tetapi hal-hal paling berharga dalam hidup, lahir dari satu prinsip sederhana, yaitu kinerja puncak diri Anda sendiri.

Untuk mencapai kinerja puncak, Anda harus belajar cara terlibat dalam perilaku dan kebiasaan yang benar. Kinerja puncak bukanlah sesuatu yang dipaksakan. Ketika Anda beroperasi pada level itu, Anda tidak perlu melakukan usaha keras, terlepas dari intensitas dan durasi yang dapat Anda lakukan. Karena apa yang benar-benar Anda gunakan adalah keadaan koherensi diri total, di mana Anda berada dalam keadaan resonansi optimal.

Inilah 4 hal untuk mengakses kinerja puncak Anda:

1. Kejelasan

Bersihkan pikiran Anda dan biasakan membersihkannya. Berpikir fuzzy, over thinking dan overcorrection adalah beberapa penyebab terbesar dari kinerja yang loyo. Pikiran kita menjalankan tubuh kita. Kekurangan kejelasan adalah kekurangan kehadiran. Kekurangan kehadiran adalah kekurangan kemampuan. Kekurangan kemampuan adalah kekurangan kinerja. Dengan mencapai kejernihan mental, Anda menciptakan ruang yang memungkinkan pikiran Anda berfungsi dengan baik.

Kejelasan meningkatkan kecerdasan, suasana hati, dan kreativitas Anda. Otak yang terlalu aktif adalah otak yang disfungsional. Ketika pikiran Anda berlari ke arah yang berlawanan, pilihan Anda terbagi. Tetapi yang paling penting adalah Anda ingin cadangan bandwidth mental daripada meledakkan semuanya pada kecemasan yang tidak perlu. Kalau tidak, seperti halnya komputer, Anda terlalu panas dan seluruh sistem kehilangan fungsi-fungsi dasarnya. Anda mungkin tahu ini sering disebut sebagai mini burnout, kabut mental, dan scatter-mind.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kejernihan Anda adalah membedakan antara kebisingan dari informasinya. Itulah imajinasi dari yang sedang berlangsung. Ini tidak hanya akan melatih kecerdasan meta Anda, tetapi juga ketepatan dan kecepatan keterampilan penalaran Anda. Pada akhirnya mengarah ke keadaan kehadiran, di mana Anda bebas untuk memberikan yang terbaik dengan mengeliminasi stres, kecemasan, dan penyumbatan yang tidak perlu.

”Kurangnya kejelasan bisa membuat rem pada setiap perjalanan menuju kesuksesan.” – Steve Maraboli

2. Fokus

Keterampilan ini mengarah ke elemen berikutnya untuk mengoptimalkan kinerja Anda, yaitu fokus. Kinerja terbaik Anda terjadi ketika Anda memobilisasi semua kemampuan Anda ke titik yang sama. Sama seperti sinar laser yang memberikan lebih banyak energi dan panas ke permukaan ketika difokuskan pada tempat sekecil mungkin.

Namun, fokus tidak hanya bersifat additive tetapi juga subtraktif. Kemampuan Anda untuk fokus sangat berkorelasi dengan jumlah energi sekali pakai Anda. Semakin sedikit energi yang Anda miliki, semakin banyak pikiran Anda akan mendorong Anda segera menuju kepuasan diri. Anda akan melihat peningkatan minat dalam siklus kepuasan secara cepat. Ini adalah mekanisme yang cerdas dan tidak disadari untuk mencegah kita mengejar tujuan, yang tidak dapat ditandingi oleh stamina kita.

Anda ingin menentukan sasaran yang jelas untuk mengunci fokus Anda. Semakin relevan sasaran, semakin menarik cara pencapaiannya, semakin mudah untuk fokus pada mereka. Dan Anda dapat meretasnya dengan jalan menghubungkannya dengan pengalaman pencapaiannya.

Dan untuk mencapai kekuatan fokus, Anda tidak hanya perlu menentukan tujuan secara jelas, tetapi juga harus mengesampingkan semua yang bertentangan.

3. Kapasitas generatif

Kapasitas generatif adalah elemen paling penting dalam daftar ini. Mengapa? Kapasitas ini adalah kemampuan-kemampuan Anda. Itu adalah kemudahan untuk mengakses hal-hal yang dapat Anda lakukan dalam situasi ketika hal-hal itu sulit dilakukan. Siapa pun dapat melakukan ketika konteksnya benar, tetapi hanya mereka yang memiliki kapasitas ini, dapat melakukan ketika konteksnya tidak menguntungkan. Generatif terkait dengan produksi dan reproduksi. Itu berarti menghasilkan lebih banyak daripada membuang-buang. Kapasitas generatif adalah kemampuan untuk melakukan apa yang dapat Anda lakukan, bahkan ketika itu sulit, dan dorongan untuk meningkatkan itu di seluruh aspek, sambil menghasilkan lebih banyak lagi.

Untuk mengembangkan kapasitas generatif, Anda harus belajar membuat keterampilan dan kemampuan Anda kurang bergantung pada konteks. Apa yang membedakan pemain berkinerja tinggi dari yang berkinerja baik adalah kemudahan yang mereka miliki untuk akses ke pilihan mereka. Hal ini memungkinkan mereka untuk beralih dari nol ke seratus, tanpa usaha keras, dan bersantai lagi ketika mereka perlu. Dan tingkat penguasaan diri ini adalah faktor paling penting untuk mencapai kondisi puncak kinerja Anda.

Anda dapat melatih kapasitas generatif Anda dengan cara melatih keterampilan Anda dalam kondisi buruk. Dan dengan menghalangi diri Anda dari menggunakan solusi terbaik Anda, dan menyusun yang baru di bawah kondisi yang sama. Meskipun mungkin tampak sederhana, kebanyakan orang hanya diberi insentif untuk melangkah keluar dari zona nyaman mereka, ketika sudah terlambat. Performa puncak menjadi paling terlihat di masa krisis dengan kemampuan mereka untuk tetap tenang dan kehadiran vital untuk melakukan hal yang mustahil. Tetapi meningkatkan kapasitas generatif Anda, juga akan membuat semua keterampilan yang sudah Anda miliki menjadi lebih kuat dan konsisten.

“Berpikir itu mudah. Bertindak itu sulit. Tetapi hal tersulit di dunia adalah bertindak sesuai dengan pemikiran Anda.” – Goethe

4. Flow (Aliran)

Flow adalah keadaan koherensi diri secara radikal, di mana kejelasan, fokus, dan kapasitas Anda bertemu pada satu tugas. Anda mungkin tahu ini di zona ketika segala sesuatu tampaknya jatuh ke tempatnya. Perendaman satu pikiran ini memiliki efek yang kuat pada pikiran Anda, karena itu membakar keyakinan Anda yang membatasi dan menempatkan totalitas Anda pada layanan Anda.

Yang membuat keadaan mengalir begitu luar biasa adalah rasa waktu, usaha, dan diri Anda larut. Ini memiliki implikasi besar bagi tingkat energi Anda, yang di zona itu tampaknya tak terbatas, kemampuan kognitif Anda, yang menyala tanpa perlawanan, dan hasrat Anda, yang mengangkat suasana hati Anda ke dalam bentuk kepuasan..

Ada dua cara untuk mencapai aliran. Cara sintetik dan organik. Aliran sintetis bekerja dengan menyesuaikan kondisi eksternal agar lebih kondusif bagi Anda untuk mencapai keadaan. Aliran organik berfokus pada pemicu internal untuk mencapai aliran, menjadikannya lebih kuat dan independen terhadap konteks. Dan sementara sebagian besar literatur aliran difokuskan pada sarana sintetis untuk mencapainya, itu tidak berguna dalam konteks kinerja puncak sejati.

Cara terbaik untuk mencapai aliran adalah dengan belajar cara menguasai diri sendiri. Dengan mempelajari teknik meditasi tertentu, seperti Resonansi dan Mindfulness, Anda dapat mengembangkan kapasitas untuk menyalakan kondisi aliran dari sekadar memori. Sarana mereka untuk mencapai aliran organik yang memungkinkan Anda memanfaatkan memori otot-pikiran Anda untuk memanggil keadaan sesuka hati. Ini membuat tingkat kinerja Anda tidak hanya kuat dan konsisten, tetapi juga menyenangkan dan mudah.

Bagaimana cara Anda mengaktifkan kinerja puncak?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (207 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *