1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 September, 2019 - 7:00 AM

8 Tantangan Bisnis dan Solusinya

Menjadi Wirausaha, bukan hanya tentang merekrut tim atau memberi perintah kepada mereka. Setiap bisnis hadir dengan tantangan uniknya, dan mengatasinya dengan tepat akan berkontribusi pada kurva pembelajaran setiap Wirausaha. Tantangan yang sangat besar bagi sebagian besar Wirausaha adalah untuk mencari tahu apa masalah utamanya, dan kemudian menyelesaikannya dengan menggunakan sumber daya terbaik yang tersedia.

Menjadi pendiri bisnis, Anda akan berhasil jika Anda mengidentifikasi dan memecahkan masalah karyawan, pelanggan, mitra, dan perusahaan Anda. Wirausaha yang sukses memecahkan masalah dengan cara unik, itulah yang membedakannya dari yang lain.

Di bawah ini adalah 8 Tantangan yang dapat Anda temui selama perjalanan kewirausahaan Anda, dengan Solusi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan bijaksana:

1. Keraguan Diri

Tantangan: Keraguan Diri berperan dalam bentuk lain, dan berdampak negatif terhadap pertumbuhan bisnis. Di bawah ini adalah beberapa pertanyaan yang kemungkinan muncul di pikiran Anda sebagai akibat dari keraguan diri:

Bagaimana jika idenya gagal?

Apakah ini keputusan yang tepat untuk meninggalkan kenyamanan gaji bulanan?

Bagaimana jika saya tidak mendapatkan tim yang tepat?

Solusi: Anda akan merasa ingin menyerah pada awalnya, tetapi lihat lagi ke arah daftar sasaran Anda, dan terus bergerak. Ketahuilah bahwa mengerjakan tugas harian akan berkontribusi terhadap sasaran seumur hidup Anda, dan setiap hari Anda akan selangkah lebih dekat dengannya.

2. Manajemen Waktu

Tantangan: Tantangan terbesar yang dihadapi Wirausaha adalah manajemen waktu. Saat mengerjakan usaha baru, ada sejumlah hal yang perlu diselesaikan dalam jangka waktu terbatas. Mengelola waktu dengan benar adalah keterampilan yang tak ternilai, dan dapat bermanfaat dalam jangka panjang.

Solusi: Jadilah cerdas ketika mengalokasikan waktu Anda untuk tugas yang berbeda. Penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang sepadan dengan waktu Anda, dan apa yang tidak. Buat daftar sasaran yang selanjutnya dapat didekonstruksi menjadi tujuan bulanan dan mingguan. Jika ada tugas yang tidak memerlukan perhatian Anda, pastikan Anda mendelegasikan atau menghapusnya.

“Kali ini, seperti setiap saat, adalah yang sangat bagus, jika kita tahu apa yang harus dilakukan dengan itu.” – Ralph Waldo Emerson

3. Mengumpulkan Modal

Tantangan: Jika Anda adalah Wirausaha baru, pemberi pinjaman akan ragu memberikan Anda dana yang diperlukan, karena Anda mungkin tidak memiliki agunan untuk mendapatkan pinjaman, dan Anda juga tidak memiliki bisnis yang sudah mapan. Tanpa probabilitas pengembalian yang masuk akal, tidak ada yang akan mengambil risiko dengan berinvestasi dalam ide Anda.

Solusi: Ada bank yang dioperasikan pemerintah yang dirancang khusus untuk Wirausaha. Anda dapat mengajukan ide bisnis Anda dan jika layak, mereka akan memberi Anda modal yang diperlukan. Ada juga eberapa LSM juga membantu Wirausaha baru dalam membimbing mereka ke sumber pembangkit modal yang dapat diandalkan.

4. Mempekerjakan Staf untuk Pertama Kali

Tantangan: Mempekerjakan dan mempertahankan karyawan yang baik adalah salah satu tugas paling sulit dari Wirausaha. Jika bisnisnya kecil, setiap orang menjadi lebih kritis. Ingat, karena Anda baru saja memulai bisnis, perusahaan Anda berada dalam posisi paling tidak stabil.

Solusi: Saat mewawancarai kandidat potensial, pastikan untuk mengajukan pertanyaan terkait pengalaman, tujuan dan harapan jangka panjang mereka. Buat kandidat merasa bahwa perusahaan Anda mencari mitra untuk menumbuhkan bisnis, daripada pegawai yang hanya menerima perintah dari atasan.

Untuk setiap kandidat yang Anda pilih, pastikan Anda mencari referensi asli yang dapat menjamin etos dan potensi kerja mereka. Pekerjakan orang yang sesuai dengan kriteria Anda, dan pastikan untuk membersihkan semuanya, sebelum menunjuk seorang karyawan untuk menjaga hubungan kerja yang sehat di masa depan.

5. Memilih Apa yang Akan Dijual

Tantangan: Memilih produk apa yang akan dijual adalah keputusan tersulit yang harus Anda buat saat memulai bisnis. Tentu saja, pilihannya tidak terbatas, tetapi menyelesaikan sesuatu itu rumit, karena kesuksesan bisnis Anda sepenuhnya bergantung padanya.

Solusi: Riset pasar dapat membantu Anda menemukan produk yang tepat untuk berinvestasi. Setelah Anda menciutkan beberapa pilihan produk, ada baiknya menganalisis margin keuntungan, kekuatan, kelemahan, dan ancaman yang menyertai setiap produk. Ini tidak hanya akan menghemat waktu dan tenaga Anda, tetapi juga akan menghemat bisnis Anda di beberapa titik.

6. Memilih Strategi Pemasaran Yang Tepat

Tantangan: Sebagai Wirausaha baru, Anda mungkin tidak tahu cara / media / saluran terbaik untuk menjangkau audiens target. Tidak peduli seberapa bermanfaat produk Anda, jika pelanggan Anda tidak menyadarinya, itu akan sia-sia.

Solusi: Jika Anda ingin memaksimalkan ROI Anda, maka pastikan untuk berinvestasi dalam target pemasaran, karena itu pasti akan membawa Anda ke arah yang benar. Jika Anda belum mempekerjakan pemasar untuk bekerja dengan Anda, maka yang terbaik adalah melakukan outsourcing tim pemasaran, yang dapat menyusun strategi rencana pemasaran yang hebat untuk Anda. Tepatlah dengan anggaran Anda dan sasaran pemasaran, sehingga mereka dapat menyusun rencana yang bekerja seperti keajaiban bagi Anda.

“Pelanggan Anda yang paling tidak bahagia adalah sumber belajar terbesar Anda.” – Bill Gates

7. Arus Kas

Tantangan: Aliran uang yang cukup, sangat penting untuk menjaga bisnis, karena Anda harus menanggung semua pengeluaran terkait bisnis Anda; seperti gaji karyawan, biaya infrastruktur, dan sebagainya. Infus uang sementara tidak menyelesaikan masalah, Anda perlu melakukan perubahan dalam rantai pasokan untuk mendapatkan beberapa keuntungan positif.

Solusi: Merencanakan anggaran sebelumnya, dapat membantu Anda mengatasi masalah arus kas. Selain itu, Anda juga dapat meminta klien Anda untuk menghapus pembayaran faktur dengan cepat. Anda juga dapat meyakinkan vendor Anda untuk mengirimi Anda tagihan setelah 40-60 hari, yang memberi Anda cukup waktu untuk menerima pembayaran.

8. Pertumbuhan Bisnis

Tantangan: Dari manajemen keuangan hingga mengikuti pasar, bisnis yang tumbuh menghadapi banyak tantangan. Apa yang berhasil setahun yang lalu, mungkin bukan pendekatan yang tepat sekarang.

Solusi: Sangat penting bagi seorang Wirausaha untuk mengetahui kekuatan tim dan karyawannya. Ini dapat membantu Anda mendistribusikan tugas kepada karyawan yang dapat menanganinya dengan paling efektif, sehingga memberi Anda ruang untuk keluar dari masalah produksi dan manajemen. Dengan cara ini Anda dapat fokus pada pengembangan bisnis Anda.

Bagaimana Wirausaha dapat mengatasi tantangan bisnis, menggunakannya untuk keuntungan mereka, dan memastikan mengutamakan pelanggan, adalah tidak apa-apa merasa bahwa Anda keluar jalur, karena hanya dengan begitu Anda dapat mengarahkan diri Anda untuk mengatasi rintangan dan berbuat lebih baik.

Bagaimana Anda menangani tantangan bisnis Anda dan mencari solusinya?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *