Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

4 Metode Meningkatkan Penghasilan Bisnis

4 Metode Meningkatkan Penghasilan Bisnis

Penjualan adalah aktivitas paling penting dalam bisnis. Penjualan, memungkinkan perusahaan untuk merekrut orang, membeli peralatan, dan memproduksi produk atau pun memberikan layanan. Tanpa penjualan, tidak ada masa depan untuk bisnis.

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, Anda harus membangkitkan antusiasme pelanggan, dan alasan untuk membeli. Ada sejumlah tips singkat, yang dapat Anda ikuti dalam dinamika pasar saat ini dan memperbarui kesenangan pelanggan untuk produk Anda.

Sebuah catatan lama dan singkat di notebook, saat saya pernah mengikuti sebuah sesi perkuliahan MBA di sebuah perguruan tinggi ternama di Indonesia, dengan dosen tamu Josh Kaufman. Sekarang saya bagikan buat Anda, pembaca setia website saya ini, Portal Bisnis Indonesia. Meskipun sekarang dalam era New Normal, semoga tips singkat ini dapat semakin mencerahkan bisnis Anda.

Perusahaan-perusahaan yang sukses, terus-menerus mengubah diri mereka dengan mendengarkan pelanggan mereka dan mengadaptasi produk mereka, strategi penjualan, dan proses untuk memenuhi paradigma yang terus berubah. Masing-masing strategi ini adalah penghasil pendapatan yang kuat dalam situasi yang tepat. Namun, pilihan optimal untuk perusahaan Anda akan bergantung pada pemahaman dan pengetahuan Anda tentang pelanggan yang Anda layani.

Jika Anda ingin bisnis Anda menghasilkan lebih banyak uang, berikut ada 4 Metode Meningkatkan Penghasilan: meningkatkan jumlah pelanggan, meningkatkan ukuran transaksi rata-rata, meningkatkan frekuensi transaksi per pelanggan, dan menaikkan harga bisnis Anda.

Josh Kaufman secara singkat, menjelaskan ‘4 Metode Meningkatkan Penghasilan’

Percaya atau tidak, hanya ada empat cara untuk meningkatkan penghasilan bisnis Anda:

+ Tingkatkan jumlah pelanggan.

+ Tambah ukuran transaksi rata-rata.

+ Tingkatkan frekuensi transaksi per pelanggan.

+ Naikkan harga bisnis Anda.

Sebagai contoh, bayangkan Anda mengoperasikan restoran, dan Anda ingin meningkatkan jumlah pendapatan yang dibawa restoran itu. Berikut cara menerapkan strategi ini:

1. Menambah jumlah pelanggan, berarti Anda mencoba membawa lebih banyak orang ke tempat Anda. Strategi ini relatif mudah (dengan asumsi ukuran transaksi rata-rata tetap sama): lebih banyak pengunjung ke restoran Anda, akan lebih banyak meja, yang akan menghasilkan lebih banyak uang.

2. Menambah ukuran transaksi rata-rata, berarti Anda mencoba mengajak setiap pelanggan untuk membeli lebih banyak. Ini biasanya dilakukan melalui proses yang disebut penjualan. Saat pelanggan membeli hidangan, Anda menawarkan makanan pembuka, minuman, dan hidangan penutup. Semakin banyak item yang dibeli pelanggan, semakin banyak yang mereka belanjakan, dan semakin banyak pendapatan yang Anda kumpulkan.

3. Meningkatkan frekuensi transaksi per pelanggan, berarti mendorong orang untuk membeli dari Anda lebih sering. Jika pelanggan rata-rata Anda datang sebulan sekali, meyakinkan mereka untuk mendatangi bisnis Anda sekali seminggu, akan meningkatkan pendapatan Anda. Semakin sering mereka mengunjungi tempat usaha Anda, semakin banyak pendapatan yang akan dibawa restoran Anda, dengan asumsi ukuran transaksi rata-rata tetap sama.

4. Menaikkan harga bisnis, berarti Anda akan mengumpulkan lebih banyak pendapatan dari setiap pembelian yang dilakukan pelanggan. Dengan asumsi volume Anda, ukuran transaksi rata-rata, dan frekuensi tetap sama, menaikkan harga bisnis Anda, akan menghasilkan lebih banyak pendapatan untuk jumlah usaha yang sama.

Ingat pelajaran tentang Kualifikasi Pelanggan:

Tidak setiap pelanggan adalah pelanggan yang baik. Beberapa pelanggan akan menguras waktu, energi, dan sumber daya Anda, tanpa memberikan hasil yang Anda cari. Jika Anda menghabiskan banyak energi untuk melayani pelanggan yang tidak sering datang, memiliki ukuran transaksi rata-rata yang rendah, tak pernah menyebarkan berita, dan selalu mengeluh tentang harganya; itu tidak masuk akal untuk menarik lebih banyak keuntungan dari pelanggan seperti mereka ini. Oleh sebab itu, jangan terlalu fokus pada pelanggan seperti ini.

Selalu fokuskan sebagian besar upaya Anda untuk melayani pelanggan ideal Anda. Pelanggan ideal Anda membeli lebih awal, membeli sering, membelanjakan paling banyak, menyebarkan berita, dan bersedia membayar lebih untuk nilai yang Anda berikan. Semakin banyak pelanggan ideal yang dapat Anda tarik, semakin baik bisnis Anda.

Nah, Sahabat Pengusaha. Coba jawab pertanyaan di bawah ini:

1. Bagaimana Anda dapat menggunakan 4 metode tersebut, untuk meningkatkan pendapatan bisnis Anda?

2. Apa yang dapat Anda lakukan untuk mendorong pelanggan, agar menjadi pelanggan ideal Anda?

George Clayson, penulis The Richest Man in Babylon, mengatakan: “Uang berlimpah bagi mereka yang memahami hukum sederhana yang mengatur akuisisi.”

Pelajari prinsip-prinsip universal di balik setiap bisnis yang sukses, kemudian gunakan ide-ide ini untuk menghasilkan lebih banyak uang, menyelesaikan lebih banyak, dan bersenang-senang dalam kehidupan dan pekerjaan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Comments

Belum ada komentar untuk  “4 Metode Meningkatkan Penghasilan Bisnis

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video