1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (153 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 27 July, 2006 - 3:00 PM

Jangan BOROSKAN ENERGI Anda. Aturlah!

Pernahkah Anda mengalami pelepasan energi dari dalam diri Anda begitu besar, sehingga Anda sampai merasa kehilangan gairah atau hilang semangat? Apa sebenarnya yang begitu dahsyat menyerap energi diri sampai menurunkan gairah semangat Anda? Sesungguhnya penyebab pemborosan energi diri ini adalah pola pikiran yang tidak dikoordinasikan dengan baik. Otak dan pikiran kita semestinya memang harus kita koordinasikan dengan benar; agar bisa berfungsi membantu kita dengan baik. Dan bukan malah melawan kita.

Setiap harinya, kita pasti disibukkan oleh berbagai aktivitas yang menuntut pemikiran kita, agar menyelesaikannya dengan tuntas. Jika pada saat itu kita mempunyai berbagai permasalahan di seputar aktivitas sehari-hari; dan kita tidak bisa segera menyelesaikannya dengan tuntas, maka masalah yang ada akan tetap tinggal diam mengisi pikiran kita sepanjang waktu; inilah yang menyebabkan energi kita terkuras habis. Masalah yang tidak bisa segera kita tuntaskan, pasti akan dengan cepat menyerap energi kita; dan jika kita tidak waspada, kita bisa saja kehabisan energi, yang bisa menyebabkan kita kehilangan gairah semangat hidup.

Dan jika seseorang sudah kehilangan semangat hidup, maka dia akan merasakan suatu perasaan yang tidak berguna, tidak ada yang menghargai dan menghormatinya, perasaan-perasaan inferior. Sehingga pada gilirannya dia akan merasa sebagai orang yang selalu gagal dalam hidupnya, tidak pernah mencapai sukses apapun; pada akhirnya dia akan mengalami depresi jiwa, dan harus menjalani perawatan psikiater di rumah sakit jiwa.

Terkait dengan energi diri ini, semestinya Anda bisa menjaganya dan mengaturnya; agar energi diri Anda tidak begitu saja keluar tanpa adanya kontrol yang baik dari diri Anda sendiri. Anda harus menggunakan energi ini seoptimal mungkin; sehingga bisa efisien dan efektif bagi kepentingan Anda sendiri. Untuk menjadikan energi Anda bersifat efisien dan efektif, terlebih dulu diri Anda harus bisa bersikap yang sama; “sikap efisien dan efektif”. Sikap ini baru bisa Anda miliki, jika Anda mau memprogram otak dan pikiran Anda dengan baik. Anda bisa mengkondisikan pikiran Anda agar bisa bekerja sama dengan Anda, dan bukan malah menentang Anda.

Kebanyakan orang, umumnya selalu membawa permasalahan di kantor hingga ke rumah pribadi. Seringkali mereka kesulitan memisahkan, antara urusan pekerjaan dengan urusan keluarganya. Akibatnya bisa diduga, mereka ini akan mempunyai kesulitan untuk beristirahat secara fisik maupun mental; mereka jadi sangat sukar untuk bisa tidur nyenyak, menjadi penderita “insomnia”, sehingga pada keesokan harinya, mereka malah semakin memprihatinkan kondisinya secara mental maupun fisik. Semakin hari terlihat semakin memburuk kondisi jiwa raganya.

Kalau diperhatikan lebih seksama tentang kebiasaan mereka; ternyata terlihat bahwa mereka yang bermasalah ini cenderung tidak bisa secara efisien mengatur berbagai aktivitas kerjanya. Mereka tidak mau bersusah payah untuk membuat jadwal kegiatannya sehari-hari. Mereka punya prinsip, “yang penting jalan”. Tidak mau sedikit repot dengan mengorganisasikan kegiatan hidupnya. Mereka sebenarnya tidak memahami, bahwa dengan jalan mengatur kehidupannya sendiri, akan memberikan manfaat yang lebih besar bagi dirinya dan keluarganya; dibandingkan hanya dengan prinsip, “yang penting jalan”.

Dengan berusaha bersikap efisien dan efektif ini, berarti Anda harus mau mengatur kehidupan Anda, mengatur dengan baik segala aktivitas Anda sehari-hari. Jadi pada prinsipnya, agar energi Anda tidak sampai boros keluarnya, tidak sampai terjadi pelepasan yang tidak terkontrol, yang akan membuat Anda hilang semangat dan loyo; maka hanya ada satu jalan, yaitu: Anda harus mau hidup secara teratur, Anda harus mau mengorganisasikan kehidupan Anda.

Lewat jalan pengorganisasian atau pengaturan segala kegiatan dalam hidup, maka Anda akan bisa menikmati kehidupan ini dengan lebih baik dan menyenangkan; tidak ada lagi pemborosan energi yang mengakibatkan berkurangnya gairah semangat hidup Anda.

Mengatur hidup berarti Anda mau meluangkan waktu untuk memanajemeni otak dan pikiran Anda. Dengan jalan me-manage otak dan pikiran, maka itu akan membantu Anda untuk dapat bersikap secara efisien dan efektif. Jadi janganlah Anda begitu gampang memboroskan energi dalam diri Anda dengan cara hidup yang tidak teratur; itu akan merugikan diri Anda sendiri dalam jangka panjang. Organisasikanlah hidup Anda, dan bersemangatlah dalam melakukan segala aktivitas hidup Anda; itu akan mencegah terjadinya pemborosan energi Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (153 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *