1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (260 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 24, 2006 - 7:00 PM

Anda adalah Komandan PIKIRAN Anda

Dari berbagai literatur, Anda sudah tahu bahwa pikiran kita sebenarnya terdiri dari 2 dimensi, yaitu: pikiran sadar dan pikiran bawah sadar.

Anda ingat peristiwa tenggelamnya kapal Titanic yang sangat melegenda? Apakah kapal Titanic tersebut tenggelam akibat menabrak sepucuk es di tengah laut? Ataukah menabrak badan dari gunung es yang sangat besar, dan tersembunyi di bawah permukaan air laut? Anda pasti lebih setuju dengan pendapat kedua. Kapal Titanic tenggelam karena menabrak badan gunung es yang sangat besar, yang tersembunyi di bawah permukaan air laut.

Kapal Titanic tidak mungkin bisa tenggelam jika hanya menabrak sepucuk es di atas permukaan air laut. Tetapi penyebab tenggelamnya adalah adanya badan gunung es yang sangat besar; yang terdapat di bawah pucuk gunung es; dan tersembunyi di bawah permukaan air laut. Dan, kekuatan dari badan gunung es ini sangat luar biasa besar, sehingga mampu menenggelamkan kapal Titanic.

Kisah tentang kapal Titanic di atas adalah sebagai ilustrasi saya untuk memberi gambaran kepada Anda tentang 2 dimensi pikiran yang kita punyai. Pucuk gunung es, saya ibaratkan sebagai “pikiran sadar kita”, yang memang kita sadari bahwa kita punya itu. Dan, badan gunung es yang sangat besar itu adalah “pikiran bawah sadar” kita, yang cenderung kita abaikan karena kita tidak tahu atau tidak menyadari bahwa itu sangat besar pengaruhnya terhadap perjalanan hidup kita. Seperti halnya badan gunung es di bawah permukaan air laut yang sanggup mempengaruhi perjalanan kapal Titanic, yaitu menenggelamkannya ke dasar laut.

Apa Itu Pikiran Bawah Sadar?

Apakah Anda ingat ketika Anda mencoba naik sepeda untuk pertama kalinya? Bisakah Anda menghitung jumlah pengulangan yang diperlukan untuk menampilkan tarian yang sempurna? Pernahkah Anda mencoba menguasai alat musik baru?

Kemungkinan besar, upaya pertama untuk menyinkronkan serangkaian tindakan kompleks baru, selalu sulit. Begitu kita menjadi lebih terampil, gerakan-gerakan ini mulai membutuhkan sedikit kesadaran, sampai semuanya mulai mengalir secara alami, menjadi otomatis.

Semua gerakan otomatis ini dipandu oleh salah satu kekuatan batin paling kuat, yang mendorong perilaku manusia, yang biasa disebut sebagai pikiran bawah sadar.

Kekuatan pikiran bawah sadar kita itu sangat besar sekali. Bayangkan kalau Anda benar-benar bisa menguasai pikiran bawah sadar Anda. Ibarat sebuah pasukan, maka pikiran bawah sadar Anda adalah pasukan yang luar biasa sekali dan punya kekuatan yang sulit diukur, karena begitu besarnya, dan Anda yang menjadi Komandan-nya. Wah… itu hal luar biasa sekali, karena pada gilirannya, apa pun yang Anda inginkan akan bisa terwujud secara nyata.

Tetapi hal pertama yang harus Anda sadari adalah, bahwa pikiran bawah sadar kita selalu bekerja; tidak pernah berhenti, siang ataupun malam, dia selalu aktif bekerja. Sebagai “Komandan” pikiran bawah sadar, maka Anda bebas memberikan instruksi apapun itu, terserah Anda… pikiran bawah sadar Anda pasti akan merespon seperti apa yang Anda instruksikan itu.

Instruksi atau perintah kepada pikiran bawah sadar adalah melalui pikiran sadar Anda. Urusan kita secara langsung adalah dengan pikiran sadar, bukan dengan pikiran bawah sadar. Mulai sekarang, perhatikanlah pikiran sadar Anda, dengan pengertian mendalam bahwa pikiran bawah sadar Anda pasti akan selalu menuruti perintah dari pikiran sadar Anda; sesuai dengan apa yang selalu Anda pikirkan di dalam pikiran sadar Anda.

Apa Fungai Pikiran Bawah Sadar?

Fungsi pikiran bawah sadar Anda adalah untuk menyimpan dan mengambil data. Tugasnya adalah memastikan bahwa Anda merespons persis seperti yang Anda programkan. Pikiran bawah sadar Anda membuat semua yang Anda katakan dan lakukan, sesuai dengan pola yang konsisten dengan konsep diri Anda, “program master” Anda. Inilah sebabnya mengapa mengulangi afirmasi positif sangat efektif. Anda sebenarnya dapat memprogram ulang pola pikir Anda sendiri, dengan memasukkan suara yang positif dan berorientasi pada kesuksesan.

Apa pun buah pikiran Anda, seperti kepercayaan, dogma, teori atau pendapat yang ada di dalam pikiran sadar Anda; akan memberikan rekaman kuat ke dalam pikiran bawah sadar Anda. Kemudian pikiran bawah sadar Anda akan mewujudkannya ke dalam kehidupan nyata Anda. Dan Anda akan benar-benar mengalaminya seperti apa yang Anda pikirkan di dalam pikiran sadar Anda.

Jadi kalau Anda memberikan perintah kepada pikiran bawah sadar Anda, haruslah perintah yang baik, perintah yang berorientasikan kebahagiaan, kemakmuran, keberlimpahan dan kesuksesan; karena Anda adalah “Komandan” pikiran bawah sadar Anda… dan perintah Komandan pasti akan diikuti.

Manusia bisa menjadi penguasa dirinya sendiri dan lingkungannya, karena dia memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pikiran bawah sadarnya. Keyakinan Anda adalah unsur paling menentukan suatu tindakan dari pikiran bawah sadar. Untuk menguatkan perintah keinginan Anda itu; Anda harus bersikap seakan-akan Anda sudah memiliki materi yang Anda inginkan, ketika Anda mengirimkannya ke pikiran bawah sadar Anda. Anda harus merasakannya dengan segenap perasaan emosi yang dalam.

Dengan bekal keyakinan diri Anda yang didukung dengan perasaan emosi diri ini, maka tidak ada suatu apapun yang bisa menghalangi perintah Anda kepada pikiran bawah sadar Anda; untuk melakukannya sesuai perintah yang dikirimkan dan dikesankan kepadanya. Kekuatan pikiran bawah sadar Anda akan benar-benar mengubahnya menjadi padanan fisiknya sesuai keinginan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (260 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.