1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (186 votes, average: 4.99 out of 5)

Loading...

Published on: 25 January, 2007 - 12:00 PM

Meditasi Sinergi MAKROKOSMOS – MikroKosmos

Dear All,

Untuk menutup pelatihan meditasi pada sesi ini, yang telah saya ajarkan beberapa tekniknya di sini, maka sekarang saya berikan petunjuk, bagaimana cara meditasi untuk men-sinergikan diri kita dengan alam semesta ini. Meditasi ini saya sebut sebagai Meditasi Sinergi Makrokosmos – Mikrokosmos.

Meditasi Sinergi Makrokosmos dan Mikrokosmos ini adalah salah satu Teknik Meditasi untuk melakukan Proses Sinergi Energi Alam dan Energi Tubuh kita sendiri. Perlu diingat, bahwa lebih baik Anda sudah menguasai terlebih dulu, berbagai teknik relaksasi maupun meditasi yang sudah saya ajarkan di bab sebelumnya.

Silakan mengikuti caranya seperti di bawah ini:

  • Anda harus duduk bersila di lantai, atau terserah dimana saja tempatnya, tetapi jangan duduk di kursi; dan buatlah diri Anda nyaman saat berada di tempat pilihan Anda. Aturlah posisi tulang belakang Anda tegak lurus sampai kepala. Letakkan kedua tangan Anda sedemikian rupa di depan dada, di depan ulu hati dengan kedua telapak tangan saling berhadapan tapi tidak menempel (ada jarak sekitar 10 cm), usahakan otot-otot lengan Anda dalam keadaan kendur, rileks. Rasakanlah seluruh otot tubuh Anda dalam keadaan kendur, rileks semua; dalam keadaan istirahat.
  • Sekarang pusatkan pikiran, perhatian, dan perasaan Anda pada kedua telapak tangan Anda. Rasakan adanya suatu hawa panas dan terasa seperti sebuah bola udara berada di antara kedua telapak tangan yang berhadapan. Lalu biarkan kedua mata Anda menutup dengan perlahan-lahan secara otomatis. Anda jangan menutup mata dengan cepat dan dipaksakan, tetapi biarkanlah mata Anda menutup dengan rileks, hayatilah itu.
  • Sesudah kelopak mata Anda tertutup, koreksilah posisi duduk Anda; tulang belakang Anda harus tetap tegak lurus, sehingga mulai kepala, leher sampai tulang ekor Anda dalam keadaan lurus. Seluruh otot tubuh Anda juga harus dalam keadaan rileks dan nyaman. Usahakanlah tetap di posisi ini dan jangan bergerak-gerak lagi. Meskipun seandainya Anda merasakan “nyeri” atau “kesemutan” pada bagian-bagian tubuh Anda, abaikan saja. Perhatian Anda jangan sampai beralih ke hal-hal yang dirasakan mengganggu ini. Tetaplah dalam posisi dan kondisi Anda.
  • Kemudian pusatkan perhatian Anda ke telapak tangan, tetapi mata Anda jangan ikut melirik ke telapak tangan; biarkan kedua mata Anda rileks, hanya perasaan Anda saja ditujukan ke telapak tangan. Rasakanlah masuk dan keluar udara nafas Anda. Biarkanlah nafas berjalan secara alami, jangan diatur-atur dulu. Biarkanlah nafas masuk dan keluar lewat hidung, sampai tidak terasa jalannya pernafasan itu; semua perhatian dan perasaan tertuju pada hidung Anda.
  • Setelah Anda terbiasa dengan masuk dan keluar nafas ini secara alami; langkah berikutnya mulailah Anda mengatur nafas Anda dengan “teknik pernafasan gabungan”. Lakukanlah cara nafas ini sampai Anda terbiasa sehingga teknik pernafasan gabungan ini menjadi bekerja secara alami.
  • Kemudian pusatkan kembali perhatian pada kedua telapak tangan Anda. Rasakan adanya bola udara diantara kedua telapak tangan Anda. Terus rasakan dengan segenap perasaan, emosi dan imajinasi Anda. Bola udara diantara kedua telapak tangan Anda sebenarnya adalah kumpulan medan energi dari tubuh Anda dan bersinergi dengan medan energi dari alam semesta; biasanya juga terasa panas. Bola energi ini akan terasa semakin membesar dan menggerakkan kedua tangan Anda. Ikuti saja seandainya bola energi ini menggerakkan kedua tangan Anda, jangan dilawan atau sengaja Anda hentikan. Sesungguhnya suatu proses sinergi antara mikrokosmos (energi diri Anda) dengan makrokosmos (energi alam semesta) sedang berlangsung saat itu.
  • Pusatkan terus perhatian dan perasaan Anda pada kondisi bola energi diantara kedua telapak tangan Anda tersebut. Kadang-kadang bola energi tersebut terasa menyedot kedua tangan Anda ke arah dalam tubuh Anda; kadang bola energi itu akan melontarkan dan menggerakkan kedua tangan Anda menjauhi tubuh Anda. Ikuti saja ke arah manapun bola energi itu menggerakkan kedua tangan Anda. Jika suatu saat kekuatan bola energi tersebut semakin besar, maka energi itu akan bisa menarik Anda untuk berdiri atau bergulung-gulung di lantai; semua tergantung kondisi kekuatan mental Anda pribadi. Saat medan energi ini semakin besar, kadang bisa membuat Anda menari atau melakukan gerakan-gerakan lainnya seakan-akan tanpa tenaga otot, begitu ringan dan tanpa Anda kehendaki.
  • Sekarang Anda sudah pada kondisi merasakan tubuh Anda digerakkan oleh bola medan energi tersebut, bukan hanya kedua tangan Anda. Bagi Anda yang belum sampai mencapai kondisi seperti ini, jangan terlalu dipikirkan. Ini semua tergantung kepekaan dan kekuatan mental Anda. Bukan berarti Anda yang belum bisa merasakan kekuatan bola medan energi ini gagal dalam latihan; tidak…Anda tidak gagal, tidak ada yang gagal dalam suatu latihan jika Anda ada kemauan untuk terus melakukan prinsip latihan ini. Lakukan terus latihan ini sampai Anda benar-benar bisa merasakan adanya kekuatan medan energi.
  • Setelah Anda merasa puas dan nyaman dengan kondisi terakhir ini, kembalilah ke posisi awal pada saat Anda memulai latihan ini. Duduk bersila di lantai seperti semula, tetapi letakkan kedua telapak tangan Anda menghadap ke bawah menempel di atas paha Anda. Ingatlah, bahwa teknik bernafas Anda tetap sesuai dengan teknik pernafasan gabungan, sampai menjadi normal alami.
  • Pada kondisi ini, rasakanlah bahwa Anda sesungguhnya telah melakukan sebuah proses sinergi antara energi dalam Anda (mikrokosmos) dengan energi luar alam semesta (makrokosmos). Rasakanlah bahwa tubuh Anda sekarang lebih bertenaga dan segar, itulah tanda jika proses sinergi sudah berlangsung.
  • Tetaplah dulu dalam posisi dan kondisi terakhir ini beberapa saat, sambil merasakan bertambahnya kesegaran dan kekuatan tubuh Anda. Kemudian setelah Anda merasa nyaman, bukalah perlahan-lahan mata Anda. Latihan Anda sudah selesai.


CATATAN:

Gerakan tangan maupun tubuh Anda, yang digerakkan oleh medan energi bisa seperti orang sedang menari, bermain silat, berjalan-jalan, jungkir balik, berputar-putar di tempat atau bahkan tetap diam saja; semua tergantung kepribadian individu masing-masing. Lakukan saja latihan tersebut dengan kemauan Anda sendiri, jangan pedulikan gerakan apapun yang terjadi. Adanya gerakan-gerakan itu akibat berlangsungnya sebuah proses sinergi antara energi dalam diri kita (mikrokosmos) dengan energi luar dari alam semesta (makrokosmos).

Terjadinya sinergi ini sangat penting dan bermanfaat bagi kehidupan kita sebagai manusia. Sebenarnya proses sinergi antara mikrokosmos dan makrokosmos ini akan selalu terjadi secara otomatis, sebagai bentuk kemampuan adaptasi diri kita dengan alam semesta ini; sehingga kita akan lebih kuat dan bisa bertahan hidup di dunia ini. Dengan jalan sering melakukan latihan meditasi ini, sesungguhnya Anda lebih memperkuat otomatisasi proses sinergi ini; sehingga kita juga bisa lebih cepat beradaptasi dengan alam semesta, terhadap situasi apapun dan bagaimanapun, yang terjadi di kehidupan kita sebagai manusia.

Hal penting disini adalah Anda melakukan latihan ini bukan semata-mata melakukan latihan fisik, tetapi lebih ke arah pemahaman tentang kekuatan pikiran dan mental spiritual; bagaimana mengelola pikiran dan mental Anda agar bisa bersinergi dengan tubuh Anda dan lingkungan Anda; sehingga Anda akan merasakan diri Anda semakin nyaman dan tenang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (186 votes, average: 4.99 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *