1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (274 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 11 June, 2007 - 3:00 PM

Kekuatan KETEKUNAN, Tak Terkalahkan

Ada sebuah dongeng Cina yang mengilustrasikan pentingnya ketekunan. Dalam dongeng itu, seorang suci bermimpi dibawa malaikat mengunjungi surga. Ketika malaikat berjalan menemani ke istana surga, mereka melewati kamar yang sangat besar, indah, dan penuh dengan hadiah.

Orang suci berhenti dan menatap kamar, terkagum-kagum dengan banyaknya hadiah yang bermacam-macam dan indah. “Mengapa semua hadiah yang indah tertumpuk di kamar ini?” tanya orang suci kepada malaikat.

Malaikat muda yang indah, maju dan dengan desahan sedih menjelaskan, “Ini adalah kamar tempat kami menyimpan barang-barang yang didoakan orang … tetapi, sayangnya mereka berhenti berdoa tepat sebelum hadiah diberikan.”

Bagi saya, memang menyedihkan ketika saya melihat orang menyerah pada diri sendiri dan impiannya, karena halangan yang sebenarnya itu bersifat hanya sementara. Ada istilah untuk tindakan konsisten setiap hari. Yaitu KETEKUNAN.

Makna ketekunan dapat didefinisikan sebagai berikut: “Ketekunan adalah hasil kerja keras yang Anda lakukan, setelah lelah bekerja keras.” Dengan kata lain, ketekunan mungkin tidak menarik, tetapi memastikan pekerjaan selesai tuntas! Banyak orang yang terlalu menghargai talenta, dan kurang menghargai ketekunan!

Kebanyakan orang berpikir hanya orang bertalenta super yang menghasilkan banyak hal di negara ini … tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Karena setiap orang bertalenta super, dan ada ribuan orang sukses yang berhasil dalam usahanya karena punya tekad kuat … ketetapan hati … dan KETEKUNAN.

Kolonel Sanders dengan Kentucky Fried Chicken yang terkenal adalah salah satu contoh sempurna mengenai Kekuatan Ketekunan. Kolonel Sanders memulai perusahaannya yang mendunia setelah pensiun dari jawatan kereta api. Ketika berusia 60 tahun lebih, dia mulai menjual resep ayam goreng rahasianya ke semua restoran. Selama berbulan-bulan dia berkendara ribuan kilometer, dan berhenti di setiap restoran untuk menawarkan kepada pemiliknya, apakah mau membeli resepnya.

Seringkali, Sanders tidur di mobil tuanya karena tidak mampu menyewa kamar motel. Kolonel Sanders ditolak oleh hampir 500 restoran, sebelum seorang penilik restoran yang baik, merasa kasihan padanya, dan mengijinkan dia mendemonstrasikan prosesnya.

Saat ini ada ribuan waralaba Kentucky Fried Chicken di ratusan negara di seluruh dunia. Anda tidak bisa mengatakan bahwa alasan Kolonel Sanders menjadi terkenal adalah karena dia merupakan koki terbaik di dunia. Tetapi, tentu saja dia adalah salah satu orang paling tekun di dunia. KETEKUNAN yang membawa dia ke puncak profesi, BUKAN BAKAT.

Seorang bijak pernah mengatakan, “Ketekunan bukan jalan yang panjang. Ketekunan bagaikan banyak perlombaan singkat satu demi satu.” Shakespeare berkata, “Hujan yang banyak memecahkan batu pualam.” Kebenaran mutlak yang sederhana dalam hal ini adalah: USAHA YANG KONSISTEN DAN TEKUN AKAN SELALU MENANG.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda berkomitmen mendapatkan apa yang diinginkan dengan mengambil tindakan sederhana dan konsisten setiap hari untuk meningkatkan nilai tambah? Apakah Anda ingin gigih dalam berusaha, agar mendapatkan yang lebih baik dalamn segala fase kehidupan? Atau apakah Anda seperti kebanyakan orang yang membuat alasan untuk membenarkan kegagalan? Ataukah Anda tetap tabah saat sulit, dan melakukan apa yang ingin dilakukan untuk mendapatkan apa yang benar-benar diinginkan?

Pahamilah, alasan tidak akan meningkatkan nilai tambah Anda. Alasan … tidak pernah menyelesaikan tugas … dan tidak akan pernah! Hanya ketekunan dan ketetapan hati yang dapat menyelesaikan tugas di kehidupan ini.

ALASAN TIDAK BERLAKU dalam KESUKSESAN. Seperti yang pernah dikatakan seorang bijak, “Anda bisa menghasilkan uang atau bisa membuat alasan. Namun, Anda tidak bisa menghasilkan keduanya pada waktu yang bersamaan.”

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (274 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *