1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (193 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 July, 2007 - 5:00 AM

Bagaimana Menemukan PARTNER BISNIS?

Di dunia bisnis, memang ada beberapa orang terlahir, yang dapat menaklukkan bisnis, meskipun bekerja sendiri, tanpa dukungan tim atau pun partner bisnis.

Tetapi sebagian besar orang, membawa partner bisnis pada tahap awal perjalanan, sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan.

Jadi, apa yang menjadikan partner bisnis itu hebat, dan bagaimana Anda tahu bahwa mereka cocok untuk Anda?

Berikut 5 Indikator Utama untuk menemukan Partner Bisnis:

1. Keselarasan

Setiap partner bisnis harus selaras dengan visi Anda secara keseluruhan, tentang cara mengembangkan dan meningkatkan skala perusahaan. Tidak ada gunanya 12 bulan kemudian, Anda tiba-tiba menyadari bahwa sebenarnya orang yang Anda ajak bekerja sama ini memiliki pandangan yang sangat berbeda tentang bagaimana mereka melihat bisnis berkembang. Karena itu, pastikan Anda melakukan diskusi yang jelas dan jujur sejak awal.

Bersikaplah terbuka dan jujur sejak awal, itu mempersiapkan diri untuk sukses di kemudian hari. Mereka harus menerima ide tersebut dan mempercayainya sama seperti Anda, jika tidak, seiring berjalannya waktu dan tekanan meningkat, keretakan hubungan dapat muncul, dan merusak potensi pertumbuhan.

2. Keanekaragaman

Bukankah lebih bagus jika kita semua bisa memulai perusahaan dengan sahabat kita? Anda tidak akan pernah kehabisan percakapan. Masalahnya adalah, sahabat Anda selalu berpikiran sama dengan Anda, berasal dari latar belakang yang sama dan bahkan mungkin memiliki pandangan hidup yang sama.

Meski kelihatannya bagus, itu tidak menciptakan lingkungan yang melahirkan ide-ide baru, dan lebih sering, mereka hanya lebih memilih untuk setuju dengan Anda daripada merasa mengganggu ide Anda. Selain itu, jika ada sedikit perselihan paham, karena sudah ada kedekatan persahabatan; bisa jadi Anda dan sahabat Anda justru akan memutuskan hubungan dengan membawa dendam. Ini tidak bagus.

Carilah orang yang tidak hanya membawa keahlian yang berbeda, tetapi juga mendekati masalah secara berbeda, yang nantinya akan memunculkan solusi berbeda pula.

Ini akan memungkinkan Anda sebagai owner perusahaan untuk menilai dan menganalisis masalah dari setiap sudut, bukan hanya dari sudut pandang Anda.

3. Sikap

Kita semua pernah mendengar pepatah bahwa “Anda adalah perwujudan dari 5 orang terdekat Anda”. Kemungkinan besar ini benar, apalagi jika menyangkut partner bisnis. Anda akan selalu menghabiskan banyak waktu dengan orang ini, jadi pastikan untuk memilih orang yang memotivasi dan menginspirasi Anda. Itu menantang Anda untuk menjadi pemimpin / manajer / orang yang lebih baik, dan memaksa Anda keluar dari zona nyaman Anda. Ini tidak hanya akan membuat Anda menjadi lebih baik, tetapi juga bisnis yang lebih baik, dan pengembangan pribadi yang meningkat.

4. Etos Kerja

Memulai bisnis itu sulit. Jangan bekerja sama dengan orang yang tidak siap untuk bekerja keras, ketika dalam 12 bulan Anda masih belum mendapatkan daya tarik, dan tidak ada investor yang akan menerima tawaran Anda. Temukan partner yang memiliki kemampuan bawaan untuk tetap bekerja, meskipun Anda mungkin sudah menyerah. Lagipula, ada banyak orang yang cerdas, baik, dan hebat di luar sana, tetapi persyaratan kerja keras akan membedakan orang yang Anda inginkan di tim Anda, dengan orang yang tidak Anda inginkan.

Bagaimana Anda bisa menguji ini sejak dini? Beri dia tugas dengan tenggat waktu yang singkat. Sebuah cara kecil dan sederhana untuk menilai, apakah dia berkomitmen pada bisnis dan siap berkorban lebih awal untuk menyelesaikan pekerjaan.

5. Temperamen

Tetap tenang adalah sifat yang penting dan tidak boleh diremehkan, tidak hanya untuk wirausaha, tetapi juga untuk siapa saja. Ketika emosi mendominasi, mengesampingkan kemampuan seseorang, sehingga mengambil langkah mundur sebelum membuat keputusan, maka itu menjadi kualitas yang tidak diinginkan. Pilih partner bisnis yang tidak temperamental, mampu mengendalikan emosinya, dan tidak bingung saat tekanan bisnis meningkat.

Membentuk dan memasuki jaringan bisnis adalah awal yang baik. Jadi, bergaullah dengan sebanyak mungkin orang-orang bisnis di kota Anda. Masuklah ke berbagai komunitas yang punya kredibilitas dalam bisnis. Juga pikirkan siapa yang Anda kenal, dan tanyakan pada diri Anda, apakah ada di antara mereka yang cocok untuk jadi partner bisnis Anda.

Nah Sahabat. Partner bisnis ini dapat membuat perbedaan, apakah ide Anda langsung sukses ataukah akan tenggelam tanpa jejak.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (193 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *