1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (275 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 29, 2007 - 7:00 PM

5 Tahap Menemukan Mitra BISNIS yang COCOK

Saat memulai bisnis, bagaimana Anda menemukan pembeli potensial, dan bagaimana Anda membuka pasar?

Di sinilah pentingnya keterampilan menjodohkan bisnis, untuk menghasilkan bisnis baru yang diterima pasar. Simak terus tulisan saya ini, dan ikuti panduan 5 langkah, swhingga Anda menemukan mitra bisnis yang cocok untuk organisasi Anda.

Menemukan mitra bisnis yang tepat, membutuhkan penelitian yang menyeluruh. Sebelum langsung membuat dan menghubungi daftar panjang pembeli acak, pastikan untuk mempersiapkannya terlebih dahulu.

Berikut ini Anda akan menemukan 5 Tahapan untuk berjodoh dengan mitra bisnis sukses:

1. Siapa Anda dan apa yang Anda cari?

Anda mungkin berpikir bisa terjun langsung ke database dan mencari banyak pembeli potensial di pasar target Anda. Jangan lakukan itu! Yang sering dilupakan adalah organisasi itu bagian terpenting. Anda mungkin berpikir: “Saya sudah tahu apa yang saya lakukan, dan apa yang saya cari?” Coba pikirkan lagi hal-hal berikut ini:

  • Apa proposisi nilai unik bisnis Anda?
  • Produk apa yang akan Anda jual?
  • Segmen apa yang Anda targetkan? Apakah Anda membidik pasar kelas bawah, menengah, atau atas?
  • Apa keinginan dan kebutuhan Anda tentang bisnis ideal dan target pasar baru Anda?

Mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda inginkan, adalah kunci saat mencari mitra bisnis yang tepat. Semakin spesifik Anda, semakin baik Anda dapat menemukan yang cocok dengan organisasi dan produk Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menemukan dan memilih mitra potensial, yang akan mendapatkan produk Anda di tempat yang tepat, di pasar target baru Anda.

2. Buatlah profil mitra bisnis ideal Anda

Pada tahap ini, Anda telah menyiapkan profil perusahaan, keinginan, dan kebutuhan Anda. Sekarang Anda dapat melanjutkan untuk mengidentifikasi jenis mitra bisnis yang Anda butuhkan. Ini bisa menjadi pengecer, agen, grosir, importir, atau pun eksportir. Selain itu, pikirkan nilai dan faktor lain yang Anda anggap penting untuk hubungan bisnis.

Mungkin berguna untuk menelusuri rantai pasokan ke belakang. Anda telah mengidentifikasi segmennya. Jadi, di gerai manakah segmen target Anda membeli produk Anda, dan siapa yang memasoknya? Jawaban atas pertanyaan ini, memberi Anda wawasan tentang jenis mitra bisnis yang harus dicari. Ini semua tentang pemilihan mitra bisnis yang relevan.

3. Cari pembeli potensial

Sekarang setelah Anda memiliki profil perusahaan dan calon mitra bisnis Anda, mulailah pencarian! Di internet ada sumber yang tak terhitung jumlahnya untuk menemukan pembeli potensial. Namun, Anda dapat menggunakan google, atau bahkan lebih baik Anda juga dapat memilih perusahaan yang cocok dengan profil Anda di direktori bisnis. Sumber bagus lainnya untuk digunakan adalah situs web pameran perdagangan. Mereka seringkali memiliki daftar peserta pameran, di mana Anda dapat mencari perusahaan dengan memasukkan kriteria pencarian seperti jenis perusahaan dan kategori produk. Masukkan semua perusahaan relevan yang Anda temukan ke dalam daftar Anda. Berdasarkan daftar awal ini, Anda dapat melangkah lebih jauh, dan periksa lagi, apakah perusahaan ini cocok dengan profil yang Anda identifikasi sebelumnya.

Bertanyalah pada diri sendiri:

  • Apakah calon mitra mencakup pasar target dan segmen Anda?
  • Apakah calon mitra itu memiliki bermacam-macam produk pelengkap?
  • Apakah calon mitra sudah sesuai dengan profil yang Anda buat?

Jika Ya, lanjutkan dan masukkan organisasi calon mitra tersebut ke dalam daftar pilihan Anda!

4. Pastikan promosi Anda sudah siap

Ada cara berbeda untuk menghubungi perusahaan yang ada di daftar pilihan Anda. Salah satu caranya, Anda bisa saja langsung menghubungi calon mitra Anda melalui telepon dan email. Jika Anda menemukan prospek melalui daftar peserta pameran perdagangan, Anda dapat mengunjungi pameran dagang tersebut dan bertemu dengan beberapa pembeli potensial sekaligus langsung tatap muka.

Apa pun itu, selalu pastikan Anda sudah menyiapkan promosi saat bertemu pembeli. Apa yang membuat Anda unik dan berbeda dari pesaing, dan mengapa calon mitra bisnis harus memilih untuk bekerja dengan Anda? Anda harus bisa menjelaskan ini dengan singkat dan jelas.

5. Tindak lanjut

Jangan kecewa jika Anda tidak langsung berhasil mendapatkan mitra yang sesuai. Coba terus memperluas bisnis Anda secara naaional bahkan internasional, dan itu membutuhkan komitmen jangka panjang.

Luangkan waktu untuk memastikan tindak lanjut yang efektif pada kontak calon mitra Anda. Kirim email singkat, langsung ke intinya, dan dipersonalisasi ke calon mitra bisnis. Beri tahu mereka siapa Anda, dan apa yang Anda diskusikan melalui telepon atau saat di pameran dagang. Pastikan untuk menciptakan kepercayaan, dan memenuhi harapan calon mitra maupun pembeli potensial. Ingat: Anda hanya membutuhkan satu hubungan bisnis yang baik untuk memulai bisnis Anda di pasar baru. Semoga berhasil!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (275 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *