1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (228 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 29, 2007 - 9:35 PM

5 PELAJARAN Penting Dari WARREN BUFFETT

“Saya selalu tahu saya akan menjadi kaya. Saya tidak berpikir saya pernah meragukannya sedetik pun.” – Warren Buffett

Miliarder dan pebisnis sukses, Warren Buffet, tidak hanya cerdas dan berpikiran tajam, tetapi Buffet juga sangat berwawasan luas. Dia banyak membaca, dan di atas semua itu, dia tahu bagaimana menikmati hidup dari diet junk-food-nya yang terkenal, hingga rumah tua yang masih dia tinggali sampai sekarang.

Berikut ini 5 Pelajaran Hidup dari Warren Buffet, yang dapat kita pelajari:

1. Ini semua tentang bagaimana Anda menyajikannya

Banyak yang percaya Buffett adalah salah satu pemikir terbesar dalam 100 tahun terakhir, dan dia juga dikenal sebagai Pembicara Publik yang hebat. Tapi awalnya tidak selalu seperti ini. Selama lebih dari dua puluh tahun, Buffett bahkan tidak bisa menyebut namanya di depan umum.

Di perguruan tinggi, ia memilih mata kuliah, di mana ia tidak harus berdiri di depan kelas, dan bahkan ide untuk memberikan presentasi saja membuatnya muntah. Tapi akhirnya dia menemukan keberaniannya dan mengambil kursus berbicara di depan umum, kemudian melakukan pekerjaan mengajar untuk mengasah keterampilan itu dan membangun penguasaannya.

Dalam wawancaranya, Buffet menghubungkan sebagian besar kesuksesan bisnisnya dengan keterampilan presentasinya. Dia percaya bahwa apa pun yang Anda lakukan, Anda harus membangun keterampilan komunikasi yang baik, atau orang tidak akan mengikuti Anda.

Dia sangat menghargai kursus berbicara di depan umum, yang dia ambil di Institut Carnegie, sehingga dia menggantung sertifikat itu di dinding kantornya, alih-alih Diploma dari Kolombia dan Universitas Nebraska. Dia juga percaya bahwa dia tidak akan berhasil membujuk kekasih dalam hidupnya untuk menikah dengannya, jika bukan karena kursus berbicara di depan umum.

“Di sekolah pascasarjana, Anda mempelajari semua hal rumit ini, tapi yang paling penting adalah membuat orang lain mengikuti ide Anda.” – Warren Buffett

2. Ikuti orang yang Tepat

Jika Anda menginginkan jalan pintas untuk belajar atau menjadi apa pun, maka yang harus Anda lakukan adalah mengelilingi diri Anda dengan apa yang disebut Buffett sebagai “Orang-orang kelas atas”, atau mereka yang lebih baik dari Anda. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menyerap keterampilan baik dari mereka, dan akhirnya berperilaku serupa dengan mereka. Hal yang bagus jika Anda telah memilih orang tepat untuk diikuti.

Salah satu jalan pintas cerdas Buffett adalah membayar untuk kursus. Ya, kursus mandiri itu murah. Anda mungkin menyia-nyiakan satu tahun, untuk memikirkan sesuatu yang akan diajarkan seorang ahli kepada Anda dalam sebulan, atau bahkan hanya seminggu. Selain itu, membayar seorang tutor akan memaksa Anda untuk berkomitmen, menghadiri semua pelajaran, dan mengerjakan pekerjaan rumah Anda, persis seperti yang Anda butuhkan untuk mempelajari suatu keterampilan.

Menurut Buffett, dia menghabiskan waktu bertahun-tahun mencoba belajar berbicara di depan umum dan gagal. Oleh karena itu, dia membayar di muka, untuk seluruh kursus, dia berkomitmen dan mempelajari apa yang dia yakini sebagai keterampilan paling berharga, yang dapat dimiliki oleh seorang pengusaha, yaitu KETERAMPILAN BERBICARA Di Depan Umum.

3. Tetap Berpegang pada lingkaran Kompetensi Anda

Buffett mengakui, dia hanya hebat dalam mengevaluasi bisnis. Bahkan tidak semuanya, hanya yang bisa dia pahami. Sejak awal, dia memperhatikan bahwa bersama dengan stabilitas emosinya, dia memiliki cara unik untuk mengevaluasi peluang investasi, sehingga dia mengasah keterampilan itu, menjadi ahli dalam hal itu dan menghasilkan banyak uang.

Dan dia mendorong Anda untuk melakukan hal yang sama. Daripada mencoba menjadi baik dalam segala hal, cobalah menjadi HEBAT DALAM SATU HAL, dan berkomitmen dengan itu. Lebih baik dikenal karena satu hal daripada tidak sama sekali.

4. Ubah cara Anda melihat Kemunduran

Anda akan membuat kesalahan, mungkin banyak, selama Anda memilih untuk terus bergerak. Buffett yakin, Anda bisa melakukannya dengan baik jika Anda memprogram pikiran Anda untuk melihat peluang dalam setiap kemunduran. Ketika dia ditolak oleh Harvard, itu adalah kekecewaan besar bagi dia dan ayahnya, yang sangat memikirkan kemajuan putranya.

Buffett sangat terpukul, tetapi pemuda itu menenangkan diri dan mulai menyelidiki sekolah lain, sampai dia menemukan bahwa Benjamin Graham, yang sangat dia sukai, sedang mengajar di Kolombia. Jadi dia melamar di sana, diterima dan bertemu dengan Graham yang menjadi pengaruh besar dalam hidupnya, dan Graham mengajarinya semua hal tentang investasi.

5. Perlakukan tubuh Anda seperti satu-satunya mobil yang dapat Anda miliki

Jika seseorang menawari Anda mobil termahal di dunia dengan satu syarat, bahwa Anda tidak akan pernah mendapatkan yang lain, bagaimana Anda akan memperlakukan mobil ini? Yah. Saya yakin Anda akan memperlakukannya seperti satu-satunya anak Anda, dan sangat Anda sayangi.

Dengan analogi ini, Buffett mendorong Anda untuk memperlakukan tubuh dan pikiran Anda, sama seperti Anda memperlakukan satu-satunya mobil Anda. Jika Anda tidak menjaga pikiran dan tubuh Anda sekarang, pada saat nanti Anda lebih berumur, Anda akan menjadi seperti mobil yang tidak bisa pergi kemana-mana.

Nah Sahabat. Apa hal favorit Anda, yang telah Anda pelajari dari Warren Buffett?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (228 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *