1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (178 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 December, 2007 - 8:00 PM

Self TALK itu Waras Bukan GILA

Anda pasti sering mendengar atau membaca pepatah bijak ini: “Pertama-tama kita membentuk kebiasaan, selanjutnya kebiasaan akan membentuk kita.” Seperti juga yang dikatakan oleh Aristoteles, “Kebiasaan yang kita bentuk sejak masa kecil, menentukan kualitas hidup kita di masa depan.”

Mengenai SELF TALK, bukan berarti kita ini orang gila yang suka berbicara sendiri. Dan saya pikir tidak semua orang yang suka berbicara sendiri itu orang gila loh. Dan, ada orang gila yang pendiam, namun tak semua pendiam itu adalah orang gila, hahaha..

Kembali ke laptop… Sebenarnya setiap saat kita perlu waktu untuk mencerna segala hal yang sedang kita alami. Dan, salah satu cara untuk mencernanya adalah dengan berbicara. Agar beban mental yang dipikul tidak makin menumpuk dari hari ke hari, maka setiap orang perlu menyediakan waktu di setiap harinya untuk merenung. Dalam perenungan tersebut, ada hal yang harus dibuang, dan ada hal yang harus dimasukkan ke dalam pikiran, karena pikiran tidak boleh dibiarkan dalam keadaan kosong.

Salah satu cara merenung yang paling efektif adalah berbicara. Jika berbicara ke orang lain, tidak semua orang selalu mau dan mampu menyediakan waktunya untuk diri kita. Kadangkala, teman pun tidak memberikan reaksi tanggapan sesuai keinginan kita, yang mana hal seperti itu dapat menimbulkan rasa tidak enak bahkan dapat menimbulkan luka baru secara emosional. Oleh karena itu, kadang kita harus mau berjuang sendiri untuk menyembuhkan diri dari luka-luka emosional, yang mungkin kita alami selama seharian itu, sebab bisa jadi tak satu orang pun dapat memahami apa yang sedang kita rasakan.

Itulah sebabnya, mengapa kita perlu mencoba berbicara kepada diri sendiri, mengenai apa saja yang sedang kita alami di sepanjang hari itu. Inilah yang kemudian lebih populer disebut dengan SELF TALK. Jika Anda ingin melakukan SELF TALK, tidaklah perlu malu untuk menumpahkan segala beban yang mungkin Anda pikul di sepanjang hari itu. Anda bisa pergi ke tempat, dimana Anda bisa sendirian, tidak ada seorang pun yang tahu, untuk melakukan SELF TALK ini.

Setelah membicarakan tentang apa saja yang Anda alami di sepanjang hari itu, maka Anda bisa mulai melihat masalah-masalah yang ada dengan sudut pandang baru. Anda bisa mengalami kelegaan setelah Anda membicarakan semua hal yang Anda rasakan, dan ini sebenarnya merupakan sebuah proses melepaskan beban itu sendiri … proses penyembuhan emosi.

Setelah melepas beban, jangan biarkan pikiran Anda dalam keadaan kosong. Isilah pikiran dengan hal-hal positif, misalnya dengan membaca buku-buku yang inspiratif dan motivatif, atau membuka blog inspiratif dan motivatif, seperti blog saya ini, hehehe…

Jadi, tidak perlu takut dianggap sebagai orang gila, karena berbicara dengan diri sendiri, karena SELF TALK merupakan salah satu cara paling efektif untuk melepaskan beban mental aatau stress yang Anda alami. SELF TALK adalah satu bentuk komunikasi yang sebenarnya penting, namun sering kita lupakan, yaitu komunikasi yang kita lakukan dengan diri kita sendiri. Pikiran, perasaan, dan hati kita sebenarnya tidaklah pernah sepi, karena setiap saat terjadi dialog di sana. Dialog dalam rangka menanggapi segala hal yang terjadi pada diri kita dan lingkungan tempat kita berada.

Dan, bagaimana kita bisa melakukan dialog dengan diri sendiri secara positif tanpa meracuni pikiran dengan hal-hal negatif adalah poin paling penting dalam sebuah SELF TALK. Anda harus mau membiasakan diri untuk melakukan SELF TALK secara positif dan memberdayakan diri, dan pahamilah bahwa awalnya Anda yang membentuk kebiasaan, setelah itu kebiasaan yang akan membentuk Anda.

Selamat melakukan SELF TALK. Semoga diri semakin positif dan semangat menjalani kehidupan ini untuk masa depan yang lebih ceria, dan bahagia penuh syukur.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (178 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *