1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 02 April, 2008 - 10:00 PM

UKM Perlu Terobosan Pemasaran

Pemasaran merupakan suatu fungsi yang luas, mempengaruhi seluruh aspek operasi bisnis UKM, sebab berawal dan berakhir pada konsumen. Oleh karena itu, tujuan pokok dari pebisnis UKM adalah melayani kesejahteraan pelanggan atau konsumen, sehingga operasi bisnis UKM harus diarahkan kepada sasaran tersebut.

Pemasaran merupakan suatu proses penciptaan dan penyampaian barang dan jasa layanan yang diinginkan pelanggan, dan meliputi kegiatan berkaitan dengan menarik dan mempertahankan pelanggan setia. Rahasia pemasaran yang berhasil adalah memahami siapa pelanggan, apa kebutuhan, permintaan, dan keinginannya, sebelum pesaing menawarkannya terlebih dulu. Kecocokan produk dan jasa layanan kepada pelanggan, akan membuat pelanggan kembali lagi untuk membeli, karena ada sesuatu yang bernilai, yang didapatkan oleh pelanggan.

Pada hakekatnya, pemasaran meliputi berbagai upaya untuk menumbuhkan permintaan efektif terhadap produk atau jasa layanan yang diihasilkan oleh pebisnnis UKM, sehingga terjadi proses jual beli; dan kebutuhan konsumen dapat terpuaskan, serta tujuan pebisnis UKM untuk mendapatkan keuntungan, juga dapat tercapai.

Promosi merupakan intisari dari pemasaran. Keberhasilan pemasaran suatu produk, banyak ditentukan oleh usaha promosinya. Oleh karena itu, promosi perlu biaya yang besar, bahkan biaya promosi ini seringkali lebih besar daripada biaya produksinya. Biaya promosi pemasaran inilah yang harus disikapi secara cerdas oleh para pebisnis UKM, jika ingin perusahaannya terus maju berkembang pesat.

Dengan makin bergejolaknya era global saat ini, maka pebisnis UKM harus memahami pentingnya mengembangkan terobosan-terobosan baru yang relevan dalam hal pemasaran, sehingga produk dan jasa layanannya tetap dapat memberikan keuntungan. Satu cara yang saat ini dapat sebagai acuan untuk mendongkrak promosi pemasaran UKM adalah pemasaran melalui media internet, yang lebih dikenal dengan sebutan On-Line Marketing.

Pengetahuan yang berbasis teknologi informasi inilah yang harus segera dipahami dan dilakukan oleh pebisnis UKM, jika ingin mengembangkan pemasaran produk dan jasa layanannya tanpa batas waktu dan wilayah. Dan, lewat On-Line Marketing, relatif butuh biaya jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan pemasaran pada umumnya lewat iklan di media cetak dan elektronik, spreadingcanvasing menggunakan salesman atau pun lewat berbagai kegiatan promosi lainnya, yang bukan lewat media internet.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *