1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 17 April, 2008 - 8:00 PM

Mengukur Kinerja On-Line Marketing

Promosi melalui On-Line Marketing dapat menghasilkan banyak data bagi Anda untuk menilai dan memperbaiki program promosi pemasaran online Anda, sehingga benar-benar menghasilkan hasil, tidak hanya jumlah traffic pengunjung website Anda, namun juga pembeli potensial untuk bisnis Anda.

Anda dapat memulainya dengan jalan ini untuk melacak ukuran kinerja online:

1. Analisis Situs Web

Anda harus selalu rajin menggali data dari para pengunjung web, untuk melihat data-data promosi di mana yang paling menjanjikan. Kualitas traffic pengunjung di web Anda dapat mengalahkan kuantitas – misalnya, sebuah situs rujukan yang memberikan empat pelanggan berpotensi pasti membeli, mungkin bernilai lebih daripada situs yang memberikan 50 orang pengunjung, tetapi mereka ini hanya senang melihat-lihat atau window shoppers. Anda dapat memanfaatkan Google Analytics (www.google.com/analytics), ini adalah tempat yang bagus untuk memulai, dan gratis.

2. Clickthroughs

Ukuran dasar dampak iklan secara online adalah berapa banyak orang yang mau mengunjungi dan meng-click situs Anda. Pada umumnya, rasio click per tayang yang paling baik dan terkuat adalah situs dengan tampilan visual yang menarik, ada pesan atau penawaran, dan dikombinasikan dengan penempatannya pada situs yang tepat.

3. Konversi

Berapa banyak orang melihat iklan yang ‘halus terselubung’, sehingga menjadikan pengunjung website Anda mau melakukan tindakan tertentu, seperti berlangganan bulletin? Inilah yang harus Anda upayakan dalam pemasaran secara online, Anda harus berusaha membuat berbagai berita terkait dengan manfaat dari bisnis Anda, melalui bulletin yang dikirimkan kepada pengunjung website Anda. Bulletin yang Anda buat hendaknya juga memberikan manfaat kepada yang menerimanya, bukan hanya semata-mata promosi produk atau jasa layanan Anda. Lihatlah tingkat konversi Anda untuk membantu menentukan upaya penjangkauan yang paling hemat biaya. Berapa banyak jumlah pengunjung website bisnis Anda itu di setiap harinya, dan berasal dari mana sajakah mereka itu.

4. Pelacakan Nomer Telepon

Menggunakan nomor telepon unik dalam iklan Anda memungkinkan Anda melihat persis berapa banyak panggilan promosi yang telah Anda hasilkan. Platform seperti AdWords Call Metric (www.google.com/ads/innovations/callmetrics.html) membuat ini mudah dengan memberikan nomor yang berbeda untuk setiap promosi. Fitur ini memungkinkan Anda melacak panggilan dengan iklan, dan memberikan bukti jelas bahwa pemasaran online dapat menyebabkan lead yang nyata dari pelanggan Anda, dan itu berarti menunjukkan keberhasilan bisnis Anda.

5. Halaman Arahan (Landing Pages)

Halaman arahan adalah setiap halaman di situs Web Anda di mana lalu lintas dikirim khusus untuk meminta tindakan. Misalnya, Anda mungkin membuat halaman arahan yang berbeda untuk tampilan iklan yang berbeda. Halaman arahan memungkinkan Anda menyesuaikan pesan Anda dan melacak kinerja program secara akurat. Jadikan halaman bisnis Anda sesederhana mungkin jika Anda ingin pengunjung untuk membeli. Buatlah mereka fokus hanya pada halaman bisnis Anda, dan jangan mengalihkan perhatian mereka dengan membuat link buletin, webcast, blog, Facebook link, dll.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (119 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *