1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (215 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 23, 2008 - 6:00 AM

Menyikapi Masa-Masa Sulit

Bisa saya katakan bahwa semua orang di dunia ini terobsesi dengan KESUKSESAN. Namun, bagaimana ketika mereka mengalami masa-masa sulit lebih dari yang dapat Anda bayangkan? Apakah mereka bisa menerima masa-masa sulit, dan belajar darinya, untuk mengabarkan kepada Anda semua tentang apa yang diajarkan oleh masa-masa sulit itu?

Berikut ini hanyalah pelajaran dan pengalaman saya, ketika menghadapi masa-masa sulit. Saya 100% yakin, ini akan bermanfaat bagi Anda.

Karena masa-masa sulit, inilah yang saya pelajari:

1. Merasa nyaman dengan perasaan tidak enak

Ketika masa-masa sulit melanda, inilah saatnya untuk menerapkan rencana tindakan Anda. Segala sesuatu yang akan Anda lakukan dalam keadaan darurat perlu terjadi selama masa-masa sulit. Anda harus tahu bagaimana rasanya “kelaparan motivasi” untuk sementara waktu, dan untuk menerima perasaan yang sangat buruk.

Semakin Anda bisa baik-baik saja dengan merasa tidak nyaman, Anda akan semakin siap menghadapi masa-masa sulit.

2. Tetapkan tujuan baru

Frustrasi dan rasa sakit Anda yang datang dari masa-masa sulit, dapat digunakan untuk mendapatkan tujuan baru. Saya telah menemukan bahwa masa-masa sulit adalah kesempatan sempurna untuk menetapkan tujuan baru. Saya membuat pilihan, selama pertemuan saya baru-baru ini dengan masa-masa sulit, untuk akhirnya mendapatkan momentum dengan berbicara di depan umum, menjadi Public Speaker. Saya yakin Anda pun bisa menetapkan tujuan yang baru.

3. Lakukan terus kebiasaan baik, meskipun di masa sulit

Masa-masa sulit saya melanda minggu lalu. Saya sempat panik dan melakukan apa yang diperintahkan oleh setiap buku motuvaai yang pernah saya baca: menelepon seseorang yang lebih pintar dari Anda. Saya harus mempertahankan kebiasaan saya. Semua blogging, pembinaan diri, membaca dan olahraga harus tetap dilanjutkan. Jika saya menghentikan kebiasaan baik saya, maka putaran spiral ke bawah dimulai.

Seorang teman saya memberi tahu saya tentang titik terendah dalam hidupnya di mana segala sesuatu menjadi tidak beres untuknya. Dia pergi ke gym dan tidak ingin berlatih. Dia kehilangan banyak berat badan. Dia tidak minum cukup air. Dia menyadari bahwa bahkan ketika masa-masa sulit melanda, kita harus terus melakukan apa yang membuat kita sukses.

Saat itu, bagi saya, satu hal yang membuat saya bahagia, dan memberi saya alasan untuk melakukan apa yang saya lakukan telah hilang. Dalam sekejap, hidup terasa seperti berat sekali. Satu hal yang membuat saya merasa seperti saya adalah orang penting, tiba-tiba terasa hilang selamanya.

Jika hal itu ada di sana untuk paruh waktu, mungkin itu akan baik-baik saja, tetapi terasa pergi selamanya adalah definisi masa-masa sulit. Oleh sebab itu, penting untuk memahami bahwa masa-masa sulit memberitahu kita untuk mempertahankan kebiasaan sukses kita, agar diri kita tetap tegak berjalan.

4. Orang cepat lupa

Ketika masa-masa sulit melanda, teman, mentor, dan kolega Anda akan ada untuk Anda. Mereka akan ada untuk Anda selama minggu pertama. Sayangnya, semua orang cepat lupa tentang peristiwa bencana dalam hidup Anda.

Orang-orang berpindah dengan cepat, tetapi kemungkinan besar Anda tidak akan melakukannya. Jadi, apa yang saya pelajari tentang masa-masa sulit adalah Anda harus ‘berpura-pura’ sendirian. Anda harus membawa diri Anda kembali dari kegelapan, dan tidak mengharapkan orang lain melakukannya untuk Anda.

5. Mandi Air Dingin

Saat Anda mengalami masa-masa sulit, Anda akan mendapati diri Anda dengan nilai E yang banyak. Ini adalah waktu terbaik untuk mandi air dingin, dan merasakan bagaimana rasanya tidak nyaman.

6. Terus bergerak

Olahraga adalah salah satu pilar yang Anda butuhkan untuk menghadapi masa-masa sulit. Akhir-akhir ini, meskipun saya tidak ke gym, yang saya lakukan adalah mulai berjalan kaki. Pada hari pertama masa sulit, saya berjalan kaki sejauh lima kilometer. Saya kembali ke strategi sukses lama, yang saya gunakan lima tahun lalu.

Saya berjalan kaki di sekitar lingkungan saya memutari kompleks perumahan tempat tinggal saya, dan saya baca lagi buku-buku motivasi dan bisnis yangvsudah saya miliki beetahun-tahun lalu. Hanya karena saya telah datang sejauh ini sejak masa-masa sulit terakhir saya, tidak berarti saya terlalu keren untuk menggunakan apa yang telah berhasil untuk saya bertahun-tahun sebelumnya.

Hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah berbaring di tempat tidur dan berhenti bergerak. Tubuh Anda mulai menjadi lesu, dan melemah jika Anda melakukan ini. Sebab itu, ketika Anda di masa sulit, Teruslah Bergerak, Bergeraklah Terus!

7. Arsipkan masa lalu

Masa-masa sulit adalah titik terbaik dalam hidup Anda untuk mengarsipkan kenangan. Pada hari masa-masa sulit, saya mengarsipkan semua hal yang membuat saya tidak bahagia.

Saya mengambil apa saja di rumah saya yang membuat saya merasa tidak bahagia dan memberikannya ke orang lain jika memungkinkan, jika tidak, ya saya buang saja. Masa-masa sulit adalah ketika Anda harus memberi diri Anda awal yang baru.

8. Hapus ketergantungan negatif

Sebuah pertanyaan luar biasa untuk ditanyakan pada diri sendiri ketika Anda melalui masa-masa sulit adalah, “Apa hal hebat yang bisa saya ambil dari ini?” Saya memiliki beberapa ketergantungan menjengkelkan, yang ingin saya hilangkan. Saya menggunakan masa-masa sulit saya untuk memberi saya energi dan motivasi untuk melepaskan ketergantungan negatif ini.

Sekarang saya tidak memiliki ketergantungan negatif ini, saya dapat menggunakan waktu yang terbuang itu untuk upaya yang lebih positif. Ketergantungan apa yang menahan Anda?

9. Cobalah ikut pelatihan

Pendidikan adalah cara yang fantastis untuk mengalihkan pikiran Anda dari masa-masa sulit. Saya mencoba membaca, tetapi tidak berhasil. Saya ikut pelatihan dan belajar keterampilan baru, yang sekarang saya pikirkan dengan sangat berbeda dalam cara yang positif.

10. Gabung ke komunitas

Teman dan koneksi baru sangat berharga selama masa sulit. Selama akhir pekan saya bergabung dengan tiga grup komunitas baru, sehingga saya bisa lepas dari pikiran saya. Sulit untuk terganggu oleh obrolan pikiran Anda sendiri, ketika Anda dikelilingi oleh wajah-wajah baru dan harus membuat orang lain menghargai Anda dengan cepat. Sekali lagi, hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah tetap di rumah dan tidak melakukan apa pun.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda menyikapi masa-masa sulit dalam kehidupan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (215 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *