1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 08 January, 2009 - 8:00 AM

Terlalu Banyak Perkembangan Pribadi itu Tidak Baik

Terlalu banyak pengembangan pribadi, bisa membuat sebagian orang menjadi orang yang terlalu berprestasi, yang tidak bisa diam bahkan selama lima menit, sibuk tentang berapa banyak yang telah dilakukannya untuk hari itu. Di berbagai pertemuan, mereka terus bercerita tentang seberapa keras mereka bekerja dan betapa hebatnya hasil mereka.

Dunia sesungguhnya tidak selalu membutuhkan lebih banyak pengembangan pribadi. Apa yang lebih dibutuhkan oleh dunia adalah:

1. Lebih banyak orang bersiap untuk memberikan segalanya dari diri mereka sendiri, dan tidak mendapatkan imbalan apa pun.

2. Lebih banyak orang yang bersedia membantu saudaranya atau pun temannya, ketika mereka membutuhkan.

3. Lebih banyak orang mengatasi masalahnya, dan menyelesaikannya dengan cara baru.

4. Lebih banyak orang yang mengajarkan kasih sayang kepada sesama makhluk Tuhan.

Menjadi Lebih Hadir

Dari pada Anda overdosis pada pengembangan diri pribadi, berkonsentrasilah untuk menjadi lebih hadir di setiap kesempatan. Anda sering berada di sini, tetapi jika Anda melakukan terlalu banyak pengembangan pribadi, akan ada banyak yang berada di kepala Anda. Itu karena terlalu banyak perkembangan pribadi menyebabkan Anda hidup di masa depan, dan terobsesi dengan kemajuan, menyebabkan lingkungan Anda tidak merasakan kehadiran Anda.

Terobsesi dengan perkembangan pribadi menyebabkan “penyakit terlalu berprestasi”, dan ini tampaknya membuat generasi muda kita kecanduan prestasi. Berprestaai memang bagus, namun jika sudah kecanduan prestasi, itu bisa merusak. Anda tidak perlu terburu nafsu untuk bekerja 10X lipat setiap saat sepanjang hari, demi meraih prestasi.

Ini adalah disiplin yang bagus untuk dimiliki, tetapi menjadi berlebihan, telah di luar proporsi dari apa yang sebenarnya penting dalam hidup. Saya lebih suka Anda pulang dari kerja setiap hari dan menyapa pasangan Anda, dan keluarga Anda di rumah, lalu memberi tahu bagaimana perasaan cinta Anda tentang mereka.

Saya lebih suka Anda menyadari keindahan sekarang, daripada menjual mimpi bahwa keindahan hidup akan ada di sini besok, atau di tahun ketika Anda mencapai prestasi lebih dari yang dicapai tetangga sebelah, kolega atau pun kerabat Anda.

Sedikit Cinta Kasih

Sementara kita overdosis pada pengembangan pribadi, kita menyisihkan waktu untuk sedikit mencintai. Mencintai apa yang kita miliki dan mencintai orang lain adalah komitmen dalam waktu. Hanya mengatakan mencintai untuk seseorang sekali dalam hidup, dan membuktikannya sekali, itu tidaklah cukup. Anda perlu mengalokasikan waktu untuk itu.

Cinta adalah salah satu dari sedikit ‘mata uang’ yang telah diberikan kepada Anda untuk dibelanjakan dan dibagikan. Memiliki lebih banyak cinta dalam hidup Anda adalah tentang memberi lebih banyak. Ini mengharuskan Anda untuk berpikir di luar keinginan dan egoisme Anda sendiri, dan fokus pada keinginan orang lain.

Terlalu banyak perkembangan pribadi, di satu sisi, menunjukkan keegoisan seseorang. Ketika kita overdosis pada pengembangan pribadi, kita menunjukkan kepada dunia bahwa kita mencintai diri kita sendiri dengan cara yang egois. Kita tersirat menunjukkan kepada dunia bahwa semua yang kita pedulikan adalah memperbaiki diri sendiri, dan bahwa kita tidak punya waktu untuk mencintai.

Saya tahu bahwa kebanyakan orang tidak ada yang peduli dengan apa yang telah Anda capai. Yang mereka pedulikan adalah siapa Anda dan menjadi orang seperti apa Anda. Itulah kebenaran sesungguhnya. Semua kemajuan Anda tidak berarti apa-apa, jika orang lain tidak bisa maju, atau mendapat manfaat juga.

Sebagai perenungan diri akibat terlalu banyak perkembangan pribadi, coba bertanyalah pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut:

– Apa arti hidup saya di dunia ini?
– Mengapa saya melakukan apa yang saya lakukan?
– Bagaimana saya bisa memberi lebih banyak dan menciptakan nilai lebih bagi orang-orang di sekitar saya?
– Jika semua ini berakhir besok, apakah saya akan bangga pada diri saya sendiri?
– Bagaimana cara saya bisa lebih banyak cinta kasih kepada makhluk Tuhan?
– Bagaimana cara saya bisa lebih sabar menghadapi gangguan dan hambatan?

Pertanyaan seperti itu mengarah pada pencarian baru dan memberi Anda prioritas baru dalam hidup Anda. Ketika Anda memahami bahwa Anda hanyalah sebagian kecil dari alam semesta ini dan bahwa Anda dirancang untuk menyumbangkan sesuatu yang penting, maka perspektif Anda berubah./p>

Satu kiat sukses yang terus saya berikan adalah ini bukan tentang Anda. Bagian dari pernyataan itu adalah pengingat bagi diri saya sendiri, untuk tidak terjebak dalam kedahsyatan saya sendiri, dan saya mendorong Anda untuk melihat nasihat itu dengan cara yang sama.

Jadi berhentilah mencoba untuk mengalahkan semua orang, karena itu membunuh kesuksesan Anda. Pengembangan pribadi bukanlah kompetisi atau kultus. Pengembangan pribadi dirancang untuk membantu Anda membuat langkah-langkah kecil setiap hari, sehingga Anda dapat: mencapai tujuan Anda, menemukan lebih banyak cara untuk memberi, terpenuhi dalam hidup dan mencintai lebih dari yang pernah Anda cintai sebelumnya.

Nah Sahabat. Saya ingin Anda mengingat kebenaran ini, pada saat Anda overdosis dalam pengembangan pribadi, dan mendapati diri Anda membual di media sosial tentang betapa Anda menyukai kehebatan Anda!

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *