1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (218 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 29 January, 2009 - 9:00 AM

Kegagalan Adalah PELUANG Terselubung

Dalam perjalanan Anda menuju kehidupan impian Anda, akan ada banyak kemunduran. Kapan pun Anda mengejar tujuan yang layak dicapai, itu akan sulit. Anda sering jatuh, dan setiap kali Anda bertanya pada diri sendiri: “Apakah ini benar-benar untuk saya?” Akan ada banyak jalan memutar, masing-masing mencoba menghancurkan Anda. Cara Anda menanggapinya akan menentukan kesuksesan atau kegagalan Anda dalam hidup.

Kita sering dikondisikan untuk mencari perbaikan yang mudah. Kebanyakan dari kita percaya pada keajaiban, yang tiba-tiba akan membawa kita sukses, menggunakan pil penurun berat badan daripada berolahraga, dan lebih memilih rute yang mudah daripada yang lebih sulit, meskipun lebih memuaskan. Bahkan sebagian akan menggunakan alkohol dan obat-obatan, semata untuk menghindari menghadapi kenyataan.

Ketika memiliki tujuan atau impian besar dalam hidup, kita sering terobsesi untuk mencapainya, sehingga setiap tanda kesulitan kecil menjadi beban. Segala sesuatu yang tidak berjalan dengan benar adalah masalah, dan menjadi pukulan bagi ego kita. Kebanyakan dari kita tidak tahan dengan kegagalan dan kesulitan. Jika kita gagal sekali atau dua kali, sering membuat kita menyerah.

Kita menyerah dan merendahkan diri karena tidak cukup baik, tidak cukup pintar, atau tidak cukup tangguh. Apa yang tidak kita pahami pada saat-saat itu adalah bahwa kesulitan bukanlah hal yang buruk. Faktanya, terkadang kegagalan hanyalah bagian dari proses, menyebabkan kita menggali jauh ke dalam dan menemukan apa yang benar-benar kita mampu lakukan.

Sukses Itu Bukanlah Hal Mudah

Wajar jika menginginkan kehidupan yang mudah, memenangkan hadiah, memperoleh penghargaan, dan bersantai setiap hari sampai mati. Tidak ada yang salah dengan itu, selama Anda baik-baik saja meskipun tidak pernah mencapai potensi penuh Anda. Tetapi jika Anda ingin melihat betapa hebatnya Anda, tidak ada jalan lain untuk mengatasi kesulitan, Anda harus mau berjuang untuk sukses Anda.

Faktanya, mencapai tujuan Anda itu memang sulit! Anda seharusnya berjuang, jatuh, dan mencoba lagi meskipun gagal. Pasti sulit, karena itulah yang membuatnya hebat! Jika mudah, semua orang akan melakukannya. Jika menjadi bugar itu mudah, semua orang akan berjalan dengan six-packs dan lari maraton. Jika mudah menjadi miliarder, semua orang akan menikmati hidup di kapal pesiar mereka sekarang.

Tapi itu sulit, dan itulah yang membuatnya hebat. Itulah yang membedakan mereka yang berkomitmen dalam hidup, dari mereka yang tidak. Jika Anda hanya ingin sukses, Anda akan bekerja keras selama itu nyaman. Selama semuanya berjalan dengan benar, Anda mengerjakan tujuan Anda. Tetapi begitu kesulitan menghantam Anda, Anda langsung menyerah.

Anda mulai membuat alasan, menemukan alasan mengapa kesuksesan bukan untuk Anda, dan menyalahkan nasib buruk atau orang lain atas kurangnya hasil. Jika Anda hanya tertarik untuk sukses dalam hidup, Anda tidak akan pernah berhasil karena setiap kemenangan membutuhkan kesulitan.

“Sukses bukanlah akhir, kegagalan bukan fatal: yang terpenting adalah keberanian untuk melanjutkan.” – Winston Churchill

Kesulitan Membuat Anda Lebih Kuat

Pikirkan tentang ini, pernahkah Anda berkembang dari menyelesaikan tugas yang mudah? Ketika semua berjalan lancar dan tidak ada tantangan, pernahkah Anda berkata “Wah, sebulan terakhir ini benar-benar membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik?” Kemungkinannya adalah, Anda belum baik. Anda tidak mengembangkan keterampilan baru apa pun saat Anda merasa nyaman. Zona nyaman adalah tempat yang menyenangkan untuk sementara waktu, tetapi pastikan Anda tidak tinggal terlalu lama, atau Anda akan kehilangan banyak pertumbuhan.

Meningkatkan pola pikir Anda seperti melatih otot di gym; Anda membutuhkan ketahanan untuk menumbuhkannya. Jika Anda terus mengangkat beban ringan yang sama terlalu lama, Anda tidak akan membuat kemajuan. Tetapi jika Anda memberi otot Anda variasi dan tantangan, mereka akan beradaptasi dan tumbuh. Pikiran Anda juga sama. Anda perlu beberapa perlawanan untuk menumbuhkannya. Jadi, saat Anda menghadapi tantangan atau bahkan gagal mencapai tujuan besar, lihatlah itu sebagai peluang untuk meningkatkan kekuatan mental Anda, dan meningkatkan peluang Anda untuk berhasil di lain waktu.

“Kembangkan kesuksesan dari kegagalan. Keputusasaan dan kegagalan adalah dua batu loncatan paling pasti menuju sukses.” – Dale Carnegie

Berikut ini beberapa tindakan yang harus dilakukan:

1. Rangkullah kesulitan.

Ini adalah kesempatan Anda untuk membedakan diri Anda dari banyak orang yang tidak menginginkannya seburuk Anda. Gunakan itu untuk menumbuhkan otot mental Anda dan menjadi lebih baik dalam prosesnya!

2. Analisis kegagalan Anda.

Tanyakan pada diri Anda mengapa Anda gagal mencapai tujuan Anda. Apakah karena kurangnya usaha atau strategi yang salah? Bagaimana Anda bisa melakukannya dengan lebih baik lain kali?

3. Ini belum berakhir sampai Anda menang.

Teruslah mengejar impian Anda, tidak peduli seberapa besar kegagalan dan kesulitan yang mungkin Anda hadapi! Tetap percaya pada impian Anda dan beradaptasi dengan umpan balik sampai Anda berhasil. Bersikaplah fleksibel dengan strategi yang Anda gunakan, tetapi tidak dengan tujuan yang Anda kejar. Jangan pernah menyerah pada impian Anda!

Dengan menggunakan langkah-langkah itu, Anda akan dapat menerima dan menangani kegagalan dengan cara yang lebih efektif. Apakah kegagalan itu final atau tidak, tergantung pada kemampuan Anda untuk memulai, belajar darinya, dan mencoba lagi. Semakin cepat Anda melakukannya, semakin cepat Anda melihat impian Anda menjadi kenyataan.

Nah Sahabat. Bagaimana kegagalan berubah menjadi sesuatu yang lebih besar bagi Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (218 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *