1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 15 April, 2009 - 6:40 AM

10 Alasan Penting Punya MENTOR

Sebagai pengusaha, sangat menyenangkan untuk melakukannya sendiri dan menciptakan sesuatu sendiri. Namun, meskipun Anda memiliki ide bagus, Anda mungkin tidak tahu persis apa yang harus Anda lakukan dengan bisnis Anda, bagaimana mengembangkannya menjadi bisnis yang sukses berkelanjutan.

Saya memiliki beberapa mentor selama bertahun-tahun dan belajar banyak pelajaran berharga dari mereka masing-masing. Dari tidak membuat keputusan bisnis tertentu, hingga membina kemitraan tertentu, seorang mentor dapat membantu memandu Anda perjalanan bisnis Anda.

Berikut adalah 10 Alasan, mengapa Anda membutuhkan Mentor:

1. Mentor memberikan informasi dan pengetahuan.

Seperti kata Benjamin Franklin, “Katakan padaku dan aku lupa, ajari aku dan aku mungkin ingat, libatkan aku dan aku belajar.” Ketika saya memulai bisnis, saya tidak tahu apa saja yang terlibat dalam menjalankan bisnis, termasuk membuat rencana bisnis, penganggaran, menangani operasi harian, membuat keputusan strategis atau menjalankan kampanye pemasaran. Dengan seorang Mentor di sana sejak awal, saya memanfaatkan kekayaan pengetahuannya, yang membuat saya mempercepat dan mempersingkat pembelajaran bisnis itu.

2. Mentor dapat melihat di mana kita perlu meningkatkan, di mana kita sering tidak bisa.

Pembuat film Hollywood, George Lucas mengatakan, “Mentor memiliki cara untuk melihat lebih banyak kesalahan kita, yang tidak kita inginkan. Itu satu-satunya cara kita tumbuh.” Mereka akan selalu jujur kepada Anda, dan memberi tahu Anda bagaimana tepatnya, daripada meremehkan kelemahan Anda.

Saran-saran membangun yang ditawarkan mentor saya, membantu saya melihat hal-hal dalam diri saya yang tidak dapat saya kenali. Saya menghargai wawasan itu, karena saya tidak ingin seseorang menutupi ego saya. Sebaliknya, saya ingin tahu persis di mana kekurangan saya sehingga saya dapat meningkatkan area itu menjadi lebih baik.

3. Mentor itu merangsang pertumbuhan pribadi dan profesional.

Sutradara film terkenal lainnya menjelaskan, “Keseimbangan yang rumit dalam mendampingi seseorang bukanlah menciptakan mereka menurut citra Anda sendiri, tetapi memberi mereka kesempatan untuk menciptakan diri mereka sendiri.” Mentor saya sering mengajukan pertanyaan untuk saya pikirkan, dan meminta saya untuk kembali dengan jawaban nanti.

Dia juga akan menetapkan berbagai tujuan untuk saya, dan membiarkan saya lepas untuk melihat apakah saya dapat mencapainya sendiri, sambil menonton dari kejauhan untuk melihat bagaimana proyek ini membantu saya berkembang. Dia kemudian memberi tahu saya, apa yang dia amati tentang saya selama proses proyek, apa yang menurutnya layak untuk disimpan, dan apa yang akan segera dibuang. Dia juga fokus pada karakter dan nilai-nilai, yang memupuk pertumbuhan pribadi saya, serta kemampuan kepemimpinan saya.

4. Mentor menawarkan dorongan dan bantuan untuk terus maju.

Oprah Winfrey menyatakan, “Seorang mentor adalah seseorang yang memungkinkan Anda melihat harapan di dalam diri Anda.” Mereka ada di sana dan menawarkan dukungan pemikiran dan moral.

Ada kalanya, jika tidak ada mentor di sana untuk saya, saya bisa dengan mudah “mengalah” secara emosional, atau menyerah pada bisnis. Namun, saya memiliki mentor, dan setiap orang yang saya miliki tidak akan membiarkan saya berhenti, tetapi memberikan dorongan dan bimbingan, yang memberi saya harapan dan keyakinan bahwa saya dapat melakukan apa pun yang saya inginkan.

5. Mentor adalah pendisiplin batasan-batasan penting, yang tidak dapat kita tetapkan untuk diri kita sendiri.

Dia melakukan ini karena dia mengerti bahwa menjadi pengusaha, bisa menjadi tantangan dalam hal motivasi diri dan disiplin diri. Dia mengambil peran sebagai orang tua untuk mengajari saya kebiasaan kerja yang baik, dan memberikan batasan bagi saya untuk bekerja di dalamnya. Ini memperkuat ethos kerja saya, mempertajam fokus saya, dan mengklarifikasi prioritas saya dengan cara yang tidak dapat saya lakukan sendiri.

6. Mentor adalah tempat tanya jawab ide tanpa filter.

Ketika saya mulai, saya memiliki banyak ide untuk semua jenis usaha dan produk bisnis. Saya menyampaikan semua ini kepada mentor saya, yang kemudian membantu saya melihat mana yang memiliki potensi dan yang tidak. Saya menghargai keterusterangannya karena jika tidak, saya mungkin mengejar ide bisnis yang tidak memiliki potensi.

7. Mentor adalah penasihat tepercaya.

Dalam dunia bisnis, mungkin sulit untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya, terutama dengan informasi kepemilikan atau kekayaan intelektual. Karena mentor adalah pihak ketiga yang objektif dan tidak memiliki kepentingan dalam ide atau usaha apa pun, dia dengan senang hati memberi tahu saya apa yang dia pikirkan. Sebagai gantinya, saya tahu bahwa dia akan merahasiakan semua yang saya katakan kepadanya, tidak akan menjualnya kepada orang lain atau mencuri ide dari saya.

8. Mentor bisa menjadi penghubung.

Memainkan peran ganda sebagai guru dan penghubung, seorang mentor dapat memberikan akses kepada orang-orang dalam industri Anda, yang bersedia berinvestasi di perusahaan Anda.

Dia menawarkan keterampilan dan keahliannya, memperkenalkan Anda pada bakat yang dapat mendorong bisnis Anda, dan membantu Anda lebih dekat dengan audiens target. Mentor saya dengan sukarela berbagi jaringannya dengan saya, membawa saya ke acara-acara dan membuat perkenalan yang mengarah pada banyak peluang, yang tidak akan saya miliki sebelumnya.

9. Mentor memiliki pengalaman yang dapat Anda pelajari, untuk mencegah membuat kesalahan sama yang dilakukan pemula.

Memulai bisnis cukup menantang. Jadi, jika Anda bisa melewatkan sesuatu cara yang sulit, mengapa tidak? Seorang mentor telah ada di sana, tepat di mana Anda berada, dan telah membuat banyak kesalahan, yang sekarang dapat mereka gunakan sebagai dasar untuk membantu orang lain melewati efek merusak dari ketidaktahuan.

Saya melakukan semua hal dengan lebih cerdas. Mentor saya berbagi banyak cerita tentang kesalahan yang dia buat di sepanjang jalan, yang menjadi pelajaran bagi saya tanpa rasa sakit dan kehilangan sumber daya akibat membuat kesalahan itu.

10. Mentor itu tak ternilai harganya, dalam lebih dari satu cara.

Biasanya, hubungan mentoring akan tumbuh secara organik melalui koneksi dalam industri dan jaringan Anda. Seorang mentor tidak melakukannya demi uang semata. Sebaliknya, mentor didorong oleh kepuasan dalam membantu pengusaha lain, dari pengalaman serupa yang mereka miliki saat memulai bisnis sendiri.

Saya merasa cukup beruntung memiliki pengalaman ini. Tidak hanya harganya yang tepat, tetapi mentor Anda juga memberikan akses yang tak ternilai harganya ke semua yang dibutuhkan bisnis ini untuk sukses, dan masih banyak lagi.

Nah Sahabat. Memiliki seorang mentor bukanlah tanda kelemahan; justru ini menunjukkan bahwa Anda cukup pintar dan cukup motivasi untuk sukses.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *