1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (187 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 22 April, 2009 - 7:00 PM

Apa itu Business Coach?

WURYANANO

Business Coach atau dalam bahasa Indonesia disebut Pelatih Bisnis adalah jenis konsultan yang memberikan perspektif dari luar Anda, untuk Anda dan bisnis Anda. Dan mereka yang dilatih oleh Business Coach, dinamakan Coachee.

mr-wuryanano

Business Coach akan membantu Anda mengatasi banyak hal, tidak hanya masalah bisnis, juga masalah yang lebih bersifat pribadi, seperti menemukan pemenuhan diri atas karier atau bisnis, mental attitude, dan mencari tahu apa yang paling penting bagi Anda.

Business Coach dapat memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis perusahaan Anda. Hal penting perlu Anda ketahui adalah Business Coach tidak mengajarkan keterampilan bisnis praktis. Business Coach adalah mitra dalam mencapai pemahaman pribadi tentang pengembangan bisnis Anda.

Business Coach memberikan pelatihan bisnis, yang membentuk proses menggugah pikiran, introspektif, dan kreatif. Pada akhirnya, proses tersebut memberdayakan klien untuk memaksimalkan potensi pribadi dan bisnis mereka. Saat Business Coach mendukung pertumbuhan individu, kesuksesan bisnis akan menjadi praktik otomatis.

Business Coach membantu pengusaha membangun perusahaan yang sukses dan berkelanjutan; dengan membantu individu mencapai keadaan kinerja yang lebih tinggi, untuk menumbuhkan kualitas kepemimpinan lebih kuat, belajar bagaimana membangun kepercayaan dalam tim, dan belajar bagaimana meningkatkan fokus, sehingga Anda dapat menyelesaikan sesuatu dengan lebih efisien.

Apa itu Business Coach, dan Apa Yang Dilakukan?

Sebagai pemilik bisnis, Anda berada dalam posisi yang unik. Anda bertanggung jawab atas visi dan pelaksanaan ide Anda.

Berfokus pada pertumbuhan dan menjaga agar semuanya berjalan lancar, Anda akan mudah melupakan alasan Anda memulai bisnis.

Business Coach membantu Anda untuk menengok ke belakang, melangkah mundur, melihat sekeliling, dan menilai di mana tepatnya Anda berada. Hanya dengan begitu Anda dapat memutuskan, ke mana Anda ingin pergi dan membuat rencana untuk sampai ke sana.

Hal pertama yang dilakukan Business Coach adalah menjelaskan apa yang Anda lakukan, dan mengapa itu tidak berhasil untuk Anda. Business Coach membantu Anda memahami mengapa Anda sangat ingin menemukan tujuan Anda dalam hidup dan dalam pekerjaan Anda, atau mengapa Anda frustrasi pada tingkat kesuksesan Anda. Seperti apa kesuksesan itu? Itu tergantung pada Anda, dan pada bisnis Anda. Proses pembinaan berdasarkan dari melihat bisnis Anda, dalam konteks seluruh hidup Anda.

Business Coach membantu Anda mengenali di mana bisnis Anda, dan peran Anda di dalamnya, sudah selaras atau tidak selaras dengan bakat alami, nilai inti, dan visi hidup Anda.

Sebagai pengamat luar, Business Coach juga dapat menunjukkan mengapa cara Anda menghalangi jalan Anda sendiri, atau menahan tim Anda.

Membantu Menetapkan Visi dan Tujuan

Jika Anda sudah memiliki visi yang kuat dan tujuan yang jelas, coaching dapat membantu Anda mencapainya. Lebih penting lagi, coaching akan secara tepat memastikan tujuan bisnis yang Anda tetapkan.

Sangat penting untuk membuat tujuan jangka panjang, yang akan membawa apa yang Anda cari ke dalam hidup Anda. Seorang Business Coach membantu menyelaraskan tujuan dengan nilai-nilai Anda.

Coaching akan mengungkap motivasi yang mendasari keinginan untuk mengembangkan bisnis:

+ Semangat untuk bisnis dan potensi untuk membuat dampak.

+ Membeli waktu luang untuk mengejar minat lain.

+ Pemenuhan pribadi dan membantu orang lain.

+ Membangun kekayaan untuk membeli kebebasan bagi keluarga.

Tanpa mengetahui “mengapa”, Anda berada dalam bahaya menciptakan bisnis yang mengontrol hidup Anda, dan membuat Anda merasa lelah dan stres.

Business Coach membantu Anda menetapkan visi terlebih dahulu, kemudian tujuan. Sehingga bisnis Anda memberikan kehidupan sesuai dengan yang Anda inginkan.

Jika Anda merasa tidak memiliki arah, Business Coach juga dapat membantu. Sebagai Business Coach, saya menyediakan proses khusus untuk penemuan diri – untuk mengungkap petunjuk tentang area di mana Anda dapat memiliki pengaruh terbesar. Saya juga membantu Anda, bagaimana membuat rencana untuk mencapainya.

Bekerja dengan Kekuatan dan Mengelola Kelemahan Anda

Dengan visi jelas dan tujuan yang tepat, Anda dapat melangkah jauh. Bagian terbesar dari sesi coaching adalah membuat Anda agar dapat melihat kedalaman Anda sendiri. Business Coach membantu Anda melihat semua bagian diri Anda, bahkan bagian yang Anda sembunyikan, dan terutama bagian yang tidak Anda sadari ada di sana.

Bekerja dengan Kekuatan Anda

Membangun kekuatan Anda adalah jalan pintas yang sering diabaikan saat menuju sukses. Menjadi terlalu fokus pada apa yang tidak dapat Anda lakukan, akan membuat Anda mudah melewatkan apa yang sudah Anda lakukan dengan baik.

Business Coach menggunakan berbagai alat untuk membantu mengidentifikasi bagaimana Anda belajar, bagaimana Anda bekerja, dan bagaimana Anda berhubungan dengan orang lain. Juga melihat apa yang berhasil untuk Anda dan apa yang tidak.

Mengelola Kelemahan Anda

Penelitian menunjukkan bahwa hanya membuang-buang waktu, untuk mencoba mengubah kelemahan menjadi kekuatan. Business Coach membantu Anda mengatasi dan mengelola kelemahan, sehingga tidak sampai menghambat kemajuan Anda.

Business Coach juga membantu Anda mempertanyakan diri sendiri secara radikal, untuk menemukan titik buta dan pola perilaku yang menahan Anda. Kemudian, memandu Anda menuju pertumbuhan yang dibawa oleh pengetahuan baru Anda.

Memberikan Akuntabilitas

Menciptakan bisnis sukses dan berkelanjutan, akan menjadi hasil alami dari tindakan yang Anda lakukan secara konsisten, dari waktu ke waktu.

Business Coach adalah mitra akuntabilitas utama, untuk membuat Anda terus bergerak ke arah yang benar. Dengan pemahaman yang mendalam tentang Anda, tujuan Anda, dan situasi Anda, Business Coach memberikan umpan balik yang tak ternilai di setiap langkah.

Proses mengubah hidup Anda dan bisnis Anda butuh proses panjang dan tidak langsung. Sebab itu, sangat mudah untuk kehilangan motivasi diri dan kembali ke kebiasaan lama. Dengan Business Coach di pihak Anda, Anda bisa tetap termotivasi, bangkit kembali dari kemunduran sementara, dan merayakan kesuksesan.

Peran Business Coach, secara umum bisa digambarkan sebagai dua sisi berikut:

+ Meningkatkan kesadaran.

+ Meminta klien untuk melakukan sesuatu dengan kesadaran itu.

Itu tidak berarti Business Coach meninggalkan Anda sendiri dengan tingkat kesadaran baru Anda. Businesa Coach juga menghadirkan alat dan proses untuk membantu Anda menjadi pemimpin bisnis, yang lebih baik dan lebih kuat.

Tujuan akhir coaching bukan hanya bisnis yang menjadi lebih baik, namun juga kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia dengan tujuan jelas.

Seorang Business Coach akan bekerja dengan Anda, bertindak seolah sebagai kepala perusahaan Anda, untuk menciptakan visi yang kuat demi masa depan. Dengan mengingat visi ini, Anda akan merencanakan tujuan jangka panjang dan jangka pendek secara akurat.

Seringkali, bahkan sebagai pemimpin, ada kecenderungan untuk menunda tugas atau menghindari hal-hal yang sulit. Business Coach akan membantu Anda melihat pola yang menghambat pertumbuhan Anda, dan dengan sepenuh hati mendorong Anda untuk menyelesaikannya.

Seorang Business Coach, bukan memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan, namun akan bekerja dengan Anda untuk menemukan jalan terbaik ke depan; bersama-sama menciptakan solusi untuk mengatasi hambatan, dan menciptakan perubahan yang berarti dalam diri Anda dan perusahaan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (187 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *