1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (232 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 21 July, 2009 - 6:00 AM

10 Tips Jadi Pemimpin yang Lebih Baik

Bagaimana Anda menggambarkan seorang pemimpin efektif dan kuat? Sebuah penelitian menunjukkan, bahwa kualitas kepemimpinan seperti ketegasan, kemampuan beradaptasi, kecerdasan, dan kesadaran diri, disebut sebagai hal paling penting. Pemimpin transformasional positif, adalah sosok yang memberdayakan, dan menginspirasi. Mereka menghargai pengikut dan menginspirasinya untuk tampil lebih baik. Jadi, apa yang dapat Anda lakukan untuk merangkul kualitas kepemimpinan ini, dan menjadi pemimpin yang lebih kuat dan lebih efektif?

Pemimpin transformasional biasanya digambarkan sebagai orang yang antusias, bersemangat, tulus dan energik. Para pemimpin ini tidak hanya peduli tentang membantu kelompok mencapai tujuannya; mereka juga peduli untuk membantu setiap anggota kelompok mencapai potensi penuhnya.

Pertimbangkan beberapa tips berikut untuk menjadi pemimpin yang lebih baik, dan pikirkan cara-cara agar Anda dapat menerapkan strategi ini dalam kehidupan sehari-hari.

1. Mulailah Memahami Gaya Kepemimpinan Anda

Memahami gaya kepemimpinan Anda saat ini sangat penting. Apa kekuatan Ands? Area mana yang perlu diperbaiki? Setelah Anda menentukan area mana yang memerlukan beberapa perbaikan, Anda dapat mulai mencari cara untuk meningkatkan kemampuan kepemimpinan Anda.

2. Dorong Kreativitas

Stimulasi intelektual adalah salah satu kualitas kepemimpinan, yang mendefinisikan kepemimpinan transformasional. Pengikut perlu didorong untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Pemimpin yang efektif harus menawarkan tantangan baru dengan dukungan yang cukup untuk mencapai tujuan ini.

Salah satu cara untuk menumbuhkan kreativitas adalah dengan menawarkan tantangan kepada anggota kelompok, memastikan bahwa tujuan berada dalam jangkauan kemampuan mereka. Tujuan dari jenis latihan ini adalah untuk membuat orang melampaui batas mereka, tetapi tidak menjadi putus asa oleh hambatan untuk sukses.

3. Menjadi Model Peran

Pemimpin transformasional mencontohkan perilaku dan karakteristik yang mereka dorong ke dalam pengikut mereka. Mereka berjalan dan berbicara. Akibatnya, anggota kelompok mengagumi para pemimpin ini dan bekerja untuk meniru perilaku ini. Penelitian menunjukkan bahwa para pemimpin dapat menumbuhkan kepercayaan tertentu, dan kemudian mengirimkan inspirasi itu kepada pengikut mereka. Sebagai hasilnya, pengikut optimis dan memiliki standar tinggi untuk kinerja dan pencapaian.

Jika Anda ingin menjadi pemimpin yang lebih baik, kerjakan pemodelan kualitas yang ingin Anda lihat di anggota tim Anda.

4. Bersemangatlah

Akankah Anda mencari seseorang untuk bimbingan dan kepemimpinan, jika mereka tidak benar-benar peduli dengan tujuan kelompok? Tentu saja tidak! Para pemimpin yang hebat tidak hanya fokus untuk membuat anggota kelompok menyelesaikan tugas; mereka memiliki semangat dan antusiasme yang tulus terhadap proyek yang mereka kerjakan.

Anda dapat mengembangkan kualitas kepemimpinan ini dengan memikirkan berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk mengekspresikan semangat Anda. Biarkan orang tahu bahwa Anda peduli dengan kemajuan mereka. Ketika satu orang berbagi sesuatu dengan anggota kelompok lainnya, pastikan untuk memberi tahu mereka betapa Anda menghargai kontribusi tersebut.

5. Dengarkan dan Berkomunikasi Secara Efektif

Kualitas penting lain dari kepemimpinan transformasional melibatkan fokus pada komunikasi satu lawan satu dengan anggota kelompok. Kepemimpinan transformasional, efektif ketika pemimpin mampu mengkomunikasikan visinya kepada pengikut, yang kemudian merasa terinspirasi dan termotivasi oleh visi ini.

Para pemimpin yang baik harus mengungkapkan perhatian dan kepedulian yang tulus kepada anggota kelompok mereka, baik secara verbal maupun nonverbal.

Dengan menjaga jalur komunikasi tetap terbuka, para pemimpin ini dapat memastikan, bahwa anggota kelompok merasa mampu memberikan kontribusi dan menerima pengakuan atas pencapaian mereka.

6. Memiliki Sikap Positif

Pemimpin transformasional memiliki sikap optimis dan dorongan yang lembut, yang berfungsi sebagai sumber inspirasi bagi pengikut. Jika para pemimpin tampak putus asa atau apatis, anggota kelompok kemungkinan besar juga menjadi tidak bersemangat. Bahkan ketika segala sesuatu tampak suram, dan pengikut Anda mulai merasa berkecil hati, cobalah untuk tetap positif. Ini berarti mempertahankan rasa optimisme dan harapan dalam menghadapi tantangan.

7. Dorong Orang-Orang untuk Membuat Kontribusi

Biarkan anggota tim Anda tahu bahwa Anda menyambut ide-ide mereka. Pemimpin yang mendorong keterlibatan dari anggota kelompok sering disebut sebagai pemimpin yang demokratis atau partisipatif. Sementara mereka mempertahankan keputusan akhir atas semua keputusan, mereka juga mendorong anggota tim untuk mengambil peran aktif dalam memunculkan ide dan rencana.

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan gaya kepemimpinan yang demokratis, mengarah pada komitmen yang lebih besar, pemecahan masalah yang lebih kreatif dan peningkatan produktivitas

8. Memotivasi Pengikut Anda

Pemimpin transformasional juga memberikan motivasi inspirasional untuk mendorong pengikut mereka agar bertindak. Tentu saja, menjadi inspirasional tidak selalu mudah. Anda pun tidak harus selalu perlu pidato motivasi untuk membangkitkan anggota grup Anda. Beberapa ide untuk inspirasi yang benar-benar bersemangat tentang tujuan, membantu pengikut merasa terlibat dalam proses, yang menawarkan pengakuan, pujian, dan penghargaan untuk prestasi orang.

9. Tawarkan Penghargaan dan Pengakuan

Kualitas penting lain dari seorang pemimpin yang baik adalah mengetahui bahwa menawarkan pengakuan dan penghargaan adalah salah satu cara terbaik untuk membantu para pengikut merasa dihargai dan bahagia. Dan pahamilah bahwa orang-orang yang bahagia, cenderung berkinerja lebih baik di tempat kerja.

10. Terus Mencoba Hal Baru

Siapa bilang kepemimpinan adalah hubungan satu arah? Ketika Anda berupaya mengembangkan beberapa kualitas kepemimpinan ini, jangan lupa untuk melihat umpan balik dan inspirasi dari pengikut Anda. Perhatikan hal-hal yang telah efektif di masa lalu, dan selalu tanggap terhadap cara-cara baru untuk menginspirasi, memotivasi, dan menghargai anggota kelompok.

Nah Sahabat. Bagaimana dengan gaya kepemimpinan Anda?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (232 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *