1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: August 15, 2009 - 8:00 PM

9 Sifat Kepemimpinan Pengusaha Sukses

Sangat sedikit orang tahu gaya kepemimpinan mereka sendiri – atau dalam hal ini kekuatan dan kelemahan. Itu kesalahan! Dari memimpin perusahaan untuk mempekerjakan pekerja, Anda tentu harus tahu apa yang Anda lakukan dengan baik dan apa, jika ada, Anda memerlukan bantuan dengan tepat untuk memenuhi tujuan perusahaan Anda. Saya berpendapat bahwa upaya pengembangan kepemimpinan Anda mungkin lebih berharga untuk mencapai kesuksesan awal daripada membangun keterampilan bisnis.

Tapi, tentu saja, keterampilan kepemimpinan tidak selalu bawaan. Jadi, bagi pengusaha baru, untuk menilai dimana Anda berada, dan untuk membuka potensi penuh Anda, ada banyak program yang tersedia, berbagai workshop, seminar dan guru. Para pengusaha yang paling efektif tahu sifat dominan mereka sendiri dan bagaimana membangun sebuah tim yang memiliki apa yang tidak dimilikinya.

John Mattone, dalam bukunya Intelligent Leadership: Inilah tipe yang harus dicari dalam diri sendiri dan orang yang Anda bawa ke perusahaan Anda:

1. Pembantu (Helpers).

Pembantu yang matang, punya perhatian dan benar-benar sensitif dan peduli pada semua jenis kepemimpinan. Mereka adalah mentor dan pelatih yang sangat baik, tetapi memiliki kebutuhan yang kuat untuk dikagumi dan dihormati sebagai balasannya. Memperkuat sifat ini dengan menjadi lebih sadar akan kebutuhan Anda untuk disukai, dan jangan posesif atau pengendali.

2. Penghibur (Entertainers).

Penghibur mendapatkan rasa hormat dari orang lain dengan mendorong tekad, kerja keras dan kemampuan untuk memenangkan orang. Tapi mereka dapat menjadi terpaku dengan tampil sukses, menunjukkan gaya yang berlebihan, atau melemahkan diri mereka sendiri dengan berlebihan, menggembungkan pentingnya mereka, atau berusaha untuk menang sepanjang waktu.

3. Seniman (Artists).

Seniman mungkin adalah pemimpin yang paling kreatif dan inovatif. Mereka cenderung untuk menggerakkan orang dengan sentuhan hati yang mendalam. Saat semakin matang pengalaman, mereka dapat terinspirasi dari diri mereka sendiri dan orang lain. Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda dengan menghindari hal negatif, penundaan dan fokus pada disiplin diri.

4. Pemikir (Thinkers).

Pemikir ingin menganalisis dunia di sekitar mereka dan mungkin lebih suka berpikir untuk melakukan. Pemikir cepat memahami masalah, dapat menjelaskan kepada orang lain dan membuat keputusan yang tepat dan logis. Anda dapat memperkuat sifat ini dengan tidak terburu-buru membuat suatu kesimpulan, dan mencari saran, bekerja sama dengan orang lain yang Anda percaya.

5. Murid (Disciples).

Murid mampu membentuk kelompok kerja yang kuat dan kohesif, tapi kadang-kadang muncul aksi tanpa izin dari pihak berwenang atau sistem kepercayaan, dan tidak mencari posisi kepemimpinan. Sifat ini dapat diperkuat dengan menerima akuntabilitas, mengurangi reaksi terhadap stres dan memotong hubungan dengan otoritas.

6. Aktivis (Activists).

Aktivis pandai mengangkat semangat anggota tim dan manajer. Dan biasanya optimis dan percaya diri. Mereka cenderung mengubur diri dalam kegiatan, dapat mengutamakan kuantitas di atas kualitas. Upaya perbaikan akan mencakup lebih banyak mendengarkan orang, berpikir tentang rincian dan belajar untuk mengatakan tidak.

7. Pengemudi (Drivers).

Driver adalah pemimpin yang paling terbuka dan agresif, yang menikmati mengambil alih dan dapat membuat hal-hal yang lebih baik dengan kepercayaan diri yang besar. Sayangnya, mereka mungkin merasa perlu untuk mendominasi setiap situasi dan membuat setiap keputusan. Yang lebih dewasa bertindak dengan lebih menahan diri, membiarkan orang lain menang dan bekerja dengan orang lain.

8. Arbiter (Arbitrators).

Arbiter cenderung menjadi yang paling terbuka dari semua jenis pemimpin. Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Mereka menemukan cara untuk membawa orang bersama-sama dan cara-cara untuk melibatkan semua orang. Untuk menjadi Arbiter yang lebih baik, Anda harus lebih tegas, lebih terbuka, berbagi perasaan dan bekerja mengembangkan keterampilan mendengarkan Anda.

9. Perfeksionis (Perfectionists).

Perfeksionis yang matang mampu menjadi pemimpin yang sangat mulia, dengan akal mereka yang mendalam, memiliki prinsip-prinsip benar dan salah serta penuh etis. Mereka biasanya sangat kritis terhadap diri sendiri dan orang lain, dan sering frustrasi oleh kenyataan. Untuk meningkatkan kemampuannya, mereka perlu belajar untuk rileks, mendengarkan orang lain dan ingat bahwa tidak ada yang sempurna.

Dalam semua kasus, untuk mencapai potensi kepemimpinan tertinggi Anda, Anda harus tetap jujur pada diri sendiri, daripada mencoba untuk menyesuaikan diri dengan gambar orang lain yang terbaik. Jika Anda benar-benar berkomitmen untuk belajar lebih banyak tentang diri sendiri dan menjadi terbaik yang Anda bisa, maka Anda akan menemukan bahwa semua tantangan itu benar-benar memiliki benih-benih peluang.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (189 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *