1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (160 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 19 September, 2009 - 8:00 PM

2 Langkah Tetap Termotivasi, Ketika Merasa Gundah

Dialog di dalam pikiran Anda adalah medan pertempuran di mana motivasi Anda bisa hidup dan mati setiap hari. Dalam setiap momen, kata-kata Anda bisa mengangkat atau pun menyabot kesuksesan Anda. Jumlah waktu dan energi yang terbuang untuk keraguan diri dan sabotase diri jauh lebih tinggi daripada jumlah waktu dan energi yang diperlukan untuk mengambil tindakan dan berbagi semangat dengan dunia.

Anda bisa melihat ketika seseorang penuh dengan keraguan diri. Tampak alis mereka, mengerut bersama dalam genangan kekhawatiran, biasanya diikuti dengan menundukkan bahu ke depan, seakan ingin menutupi hati mereka dari kemungkinan rasa sakit, setiap kali mereka diminta untuk berbicara tentang ide-ide mereka.

Keraguan diri kadang menghantui bahkan para pebisnis dan pemimpin dengan pemikiran yang paling cerdas sekali pun, di planet ini. Kecuali Anda tahu cara membebaskan diri dari penjara di dalam pikiran Anda, Anda tidak akan pernah memenuhi hasrat terdalam jiwa Anda, atau membuat dampak yang ingin Anda ciptakan di planet ini.

Ada banyak buku dan seminar tentang motivasi. Saat Anda membacanya atau menghadirinya, Anda dipenuhi dengan kondisi euforia yang membuat Anda keluar dari pola keraguan dan rasa tidak aman diri Anda. Dalam kondisi ini, Anda tidak merasa takut atau khawatir. Namun, apa yang terjadi ketika buku itu selesai dibaca, dan seminar pun selesai? Anda langsung kembali ke pola lama keraguan diri.

Jika Anda mencari orang lain untuk memotivasi Anda ketika Anda cemas, maka Anda berada di lingkaran tanpa akhir. Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca, “Ketika Anda dapat membuat diri Anda utuh, Anda berhenti mencari orang lain untuk memvalidasi harga diri Anda.” Membuat diri Anda utuh dan bersikap baik kepada diri sendiri dengan kata-kata dan gambar, yang Anda mainkan di pikiran adalah usaha yang layak. Anda akan mendapati bahwa motivasi Anda meroket. Teringat yang pernah diucapkan oleh Steve Jobs, “Waktu Anda terbatas, jadi jangan sia-siakan dengan menjalani hidup orang lain.”

Ketika Anda mendapati diri Anda mengalahkan diri sendiri atau memainkan mimpi buruk berulang-ulang dalam pikiran Anda, ikuti proses 2 Langkah sederhana ini untuk berbicara kepada diri sendiri kembali ke keadaan motivasi positif:

Langkah 1. Misteri Dibalik Pengampunan

Ketika Anda menemukan diri Anda dalam lingkaran sabotase diri ini, jangan menyalahkan diri Anda lagi. Banyak orang terjebak dalam jaring ini, yang hanya membuat ketakutan dan kecemasan lebih kuat. Sangat penting untuk berhenti dan bersikap baik pada diri sendiri, tentang hubungan layak dengan diri sendiri.

Pengampunan adalah salah satu kekuatan paling kuat yang dikenal umat manusia, bersama dengan rasa cintadan doa. Ini mengenai bagaimana kekuatan pengampunan dapat mengubah bahkan pikiran paling gelap pun bisa menjadi portal cahaya.

Praktek memaafkan diri sendiri bisa sesederhana, atau serumit yang Anda butuhkan. Kuncinya adalah Anda menghormati ritual pengampunan sebagai praktik sakral, setiap kali keraguan diri, kegundahan, atau rasa tidak aman Anda muncul.

Anda mungkin menemukan ada bagian dari diri Anda yang tidak ingin menerima pengampunan. Mungkin Anda memiliki pengalaman traumatis masa lalu, menempatkan diri di luar sana hanya untuk tidak mendapatkan reaksi yang Anda inginkan, atau mungkin Anda menghabiskan seluruh hidup Anda berjuang tanpa mendapatkan hasil.

Rasa frustrasi yang digambarkan di atas adalah peluang yang bahkan lebih besar untuk penyembuhan diri. Seperti yang dikatakan oleh filsuf dan penyair Rumi, “Luka adalah tempat di mana cahaya memasuki Anda.” Lihatlah bagian yang terluka dari diri Anda ini sebagai aspek kepribadian Anda, hati Anda, jiwa Anda, atau tubuh Anda yang memanggil untuk dilihat dan dikenali pada saat ini.

Pergilah lebih dalam ke praktik pengampunan. Tulis di selembar kertas, apa emosi yang muncul untuk Anda – ketakutan, khawatir, penilaian, kesepian – apa pun yang Anda rasakan. Kemudian katakan dengan lantang, “Meskipun saya merasa … (masukkan nama emosi di sini), saya masih memilih untuk berbagi hadiah dan semangat saya dengan dunia.”

Melepaskan emosi ini akan memberi lebih banyak kekuatan untuk maksud ekspresi diri Anda yang jujur, untuk menjangkau lebih banyak orang, berbagi produk dan layanan Anda pada tingkat tertinggi bakat Anda dengan orang-orang yang seharusnya Anda layani.

Langkah 2. Membingkai Ulang Dapat Membuat Anda Tidak Terkalahkan

Pembicaraan dengan diri Anda sendiri, memiliki dampak paling signifikan pada motivasi Anda daripada taktik psikologis paling cerdas, atau ritual self-help paling mutakhir. Sangat penting bahwa Anda mendapatkan dunia batin Anda ditangani, sehingga Anda dapat membuat dampak positif yang ingin Anda buat dengan hidup Anda.

Menurut artikel lain dalam sebuah jurnal psikologi, bagaimana Anda berbicara kepada diri sendiri (self-talk) dapat menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya, sehingga sangat penting bagi Anda untuk menyadari hal ini sekarang, untuk mencegah dampak buruk pada motivasi Anda.

Di bidang NLP (pemrograman neuro-linguistik) ada alat yang disebut “reframing” di mana Anda meletakkan ide di bingkai lain, sama seperti Anda harus membingkai ulang foto atau lukisan. Ketika Anda dapat melihat kata-kata Anda di bingkai lain, itu mengubah makna yang Anda miliki tentang gambar di dalam bingkai. Mainkan game reframing ini dengan diri Anda sendiri. Setelah Anda memaafkan diri Anda sendiri, sekarang saatnya untuk mengganti pembicaraan diri yang negatif dengan sesuatu yang positif dan meneguhkan. Anda dapat memainkan permainan di mana Anda berkata, “Jika saya adalah saya, apa yang akan saya katakan untuk memotivasi diri saya sendiri?”

Ketika Anda dapat mengubah pikiran Anda menjadi keadaan lain, Anda akan menemukan ada kebebasan untuk melihat sesuatu dengan cara yang sama sekali baru. Bayangkan Anda memberi diri Anda nasihat untuk termotivasi. Pernahkah Anda memperhatikan betapa mudahnya untuk selalu memberi nasihat kepada orang lain tentang apa yang harus dipikirkan, dikatakan, dan dilakukan ketika menyangkut motivasi mereka?

Nah, itulah yang Anda lakukan di sini dengan permainan pikiran sederhana ini. Beri diri Anda nasihat seolah-olah Anda yang menerima kata-kata bijak motivasi Anda. Apa yang akan Anda katakan pada diri Anda saat ini? Ketika Anda dapat membingkai ulang perspektif Anda tentang siapa yang berbicara dan siapa yang menerima, Anda akan menemukan, bahwa kata-kata Anda yang berbicara kepada Anda sendiri, akan berdampak positif atas Anda.

Dengan mempraktikkan siklus pengampunan dan pembingkaian ulang 2 langkah ini, Anda akan melihat bahwa Anda dapat berhenti self-talk yang menghancurkan kemampuan Anda,dan menguatkan keinginan Anda untuk melangkah maju dalam kehidupan dan karier Anda, dimulai dengan membagikan hadiah dan bakat Anda kepada dunia.

Semua pemimpin besar telah menemukan bahwa itu bukan penghapusan keraguan diri, tetapi keberanian untuk bertindak, terlepas dari apa yang ada dalam pikiran yang membatasi diri. Tindakan itulah yang mencapai tujuan Anda.

Dengan siklus 2 langkah ini, Anda akan menemukan bahwa Anda memiliki lebih banyak motivasi untuk bergerak maju dengan niat Anda, karena Anda tidak lagi menggunakan semua energi mental Anda pada keraguan diri, kekalahan diri sendiri, dan sabotase diri. Ketika pikiran Anda bebas dari self-talk negatif ini, Anda akan menemukan kekuatan tak terbatas di dalam diri Anda, untuk mencapai semua impian dan keinginan Anda dalam kehidupan ini.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda memotivasi diri sendiri?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (160 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *