1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (173 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 December, 2009 - 8:30 PM

BERUBAH Atau DIUBAH

Ingatkah Anda tentang kisah dua ekor katak yang dijatuhkan ke dalam dua panci di atas kompor. Baiklah saya ceritakan kembali kisah katak yang dapat sebagai analogi motivasi perubahan bagi diri kita. Sebuah metafora kehidupan manusia.

Katak Pertama dijatuhkan ke dalam panci berisi AIR PANAS mendidih. Dan… tentu saja dia segera bereaksi terhadap rasa panas air di panci itu. Dia berusaha secepatnya melompat ke luar panci berisi air panas mendidih itu. Meski dia merasakan kesakitan akibat masuk ke dalam air panas, toh dia berhasil selamat keluar dari panci itu.

Katak Kedua ditempatkan ke dalam panci berisi AIR DINGIN. Api kompor di bawahnya dinyalakan kecil … lalu panasnya ditingkatkan secara perlahan sehingga suhu air meningkat satu derajat setiap waktu. Perubahan terjadi, tetapi perlahan, dan… karena perubahannya perlahan, katak itu mengabaikannya. Dia tetap berada di dalam panci sampai suhu mencapai titik didih! Dan… Terlambat sudah… Tentu saja katak itu akhirnya mati!

Pesan moral dari kisah ini adalah BERUBAH … atau DIUBAH. Katak Pertama BERUBAH. Dia melompat ke luar dari panci dan pergi agar tetap hidup di lain hari, tetapi Katak Kedua DIUBAH. Dia tetap berada di dalam air dan mengabaikan … atau mungkin menyangkal perubahan yang bertahap pada suhu air sampai dia matang!

Kisah ini dengan jelas menggambarkan dua macam perubahan yang mendasar.

Jenis Perubahan yang Pertama adalah perubahan yang kurang atau tidak bisa kita kendalikan, bisa disebut sebagai Perubahan Eksternal. Secara umum, perubahan eksternal adalah perubahan di dunia sekitar kita, seperti ekonomi atau kemajuan teknologi.

  • Dalam kisah tentang katak tersebut, katak tidak berkuasa atas suhu air atau pun apakah mereka ingin atau tidak berada di dalam air. Kedua katak berada di dalam perubahan eksternal.

Jenis Perubahan yang Kedua adalah perubahan yang bisa dikendalikan, yaitu perubahan pada bagaimana kita merespons pada perubahan eksternal, ini bisa disebut sebagai Perubahan Internal. Perubahan internal termasuk perubahan pada sikap … perubahan pada pendidikan … perubahan pada gaya hidup, dan sebagainya.

  • Dalam kisah katak, kedua katak berkuasa untuk tinggal di dalam air … atau melompat keluar! Katak pertama memilih melompat keluar dari air panas dan menyelamatkan hidupnya. Katak kedua memilih mengabaikan peringatan, terlena dengan kondisi yang ada, dan … dia membayar pilihan itu dengan nyawanya!

Pembaca budiman, ada kesamaan yang jelas antara kisah tentang dua katak dan apa yang terjadi di dunia sekitar kita, dan apa yang perlu dilakukan untuk bertahan hidup, untuk kesejahteraan dan kemakmuran hidup di masa depan nanti.

Perubahan bukanlah pilihan. Kita harus memanfaatkan perubahan dengan jalan menerimanya kemudian menyikapinya secara bijak, daripada menunggu perubahan untuk memanfaatkan kita. Tinggal bergantung pada diri kita sendiri, mau BERUBAH … atau DIUBAH.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (173 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *