1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 March, 2010 - 6:00 AM

Semangat, VISI, Harapan, dan Tindakan

Kemampuan untuk berharap adalah fakta yang paling penting dalam hidup. Harapan memberi manusia sebuah makna tujuan dan energi untuk memulai. Harapan adalah sebuah aktivator utama! “Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat melakukannya. Ingatlah selalu bahwa seluruhnya dimulai oleh seekor tikus,” kata Walt Disney memberikan sebuah ilustrasi mengenai visi dan tindakan. Para pengusaha sukses merupakan contoh yang baik dari orang-orang kuat yang menggunakan visi untuk membangun paradigma baru.

Para pengusaha mengetahui bahwa hanya ada para ahli dari apa yang sudah ada, dulu, atau pun sekarang. Para pengusaha sukses adalah pemimpin-pemimpin kuat dengan visi, yang memprediksi masa depan… dengan cara menciptakannya. Para pengusaha menjual imajinasi-imajinasi mereka kepada para pemodal, pelanggan, kreditor, atau siapa pun yang dapat membantu mereka untuk merealisasikan impian mereka. Mereka memperkuat dan mengerahkan orang-orang di sekitar impian itu, dan membuatnya menjadi sebuah ramalan masa depan yang terpenuhi dengan sendirinya. Mereka ini adalah para pemimpin kuat, yang membuat orang-orang berharap tentang masa depan.

Ketika dihadapkan pada perubahan-perubahan utama, para pemimpin memfokuskan perhatian tentang kemungkinan-kemungkinan. Mereka mencari tanda-tanda kemajuan, dan memperkuat mereka untuk membangun semangat. Sebuah visi tentang masa depan, diharapkan dapat menghindarkan orang-orang dari obsesi terhadap rintangan-rintangan saat ini, atau pun tetap terlekat pada masa lalu.

Para pemimpin yang kuat, menginspirasikan performa melalui jalan menghidupkan imajinasi-imajinasi orang dengan gambaran yang jelas. Mereka menggunakan model-model fisik, cerita-cerita, kiasan-kiasan, contoh-contoh sukses, bahasa yang deskriptif … dengan banyak pengulangan … untuk membantu orang-orang membentuk gambaran mental, yang mengarahkan mereka ke tujuan utama.

Para pemimpin sukses, selalu membagikan visi mereka, dan mendorong orang-orang untuk bereksperimen, membimbing, dan mencarikan jalan-jalan yang akan menuntun mereka untuk merealisasikan visi tersebut. Peter Jensen, seorang psikolog olahraga terbaik di Kanada, menyimpulkan bahwa pelatih-pelatih terbaik adalah mereka yang dapat membantu para atlet atau tim mereka untuk mengetahui secara jelas ke tingkatan-tingkatan performa mana mereka diarahkan. “Perbandingan adalah bahasa performa,” demikian Peter menyatakan. “Mereka tidak dapat menampilkan performa bagus, sebelum mereka mampu melihat apa yang perlu dilakukan, dan langkah-langkah untuk melakukannya.”

Visi membantu mendefinisikan sebuah standar performa, yang menginspirasikan pendekatan-pendekatan kreatif, dan memperjelas target-target performa. Visi yang kuat, akan membuat Anda senantiasa berjalan maju, apa pun rintangan yang menghadang Anda, Anda selalu menemukan cara-cara kreatif untuk mengatasi rintangan-rintangan itu. Hanya karena sesuatu tidak berjalan seperti rencana Anda, itu tidak berarti bahwa semuanya sia-sia. Tidak ada kegagalan dalam kamus hidup Anda. Kegagalan bagi Anda adalah sebuah langkah ke depan, yang semakin mendekatkan Anda ke tujuan Anda. Kegagalan yang sebenarnya adalah jika Anda tidak belajar dari kesalahan, dan hal-hal yang tidak terlaksana seperti harapan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

1 thought on “Semangat, VISI, Harapan, dan Tindakan”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *