1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (153 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 May, 2011 - 3:00 PM

Pegawai DI BAWAH STANDAR. Pecatlah Segera!

Ada banyak alasan, mengapa seorang pegawai diberhentikan. Mungkin karena kesalahan dalam proses rekrutmen, atau ia terbukti tidak cocok dengan pekerjaannya.

Mungkin pegawai itu seorang yang memiliki standar kerja jelek, memiliki perilaku jelek dan destruktif, atau sudah tidak lagi memiliki keahlian yang dibutuhkan perusahaan, atau… tidak memiliki kemampuan mempelajari cara-cara baru, bagaimana melakukan sesuatu dalam dunia bisnis yang mengalami perubahan sangat cepat ini.

Bisa juga karena pegawai itu tidak lagi mampu melakukan pekerjaan yang dibebankan kepadanya, atau menuntut gaji terlalu tinggi, atau kurang begitu dibutuhkan, atau tidak dapat melayani pelanggan, tidak dapat bekerja sama dengan pegawai lainnya, atau melakukan pelanggaran hukum.

Ada kalanya, baik benar atau salah, seorang pemimpin perusahaan mungkin juga ingin memecat seorang pegawai, hanya karena tidak suka kepadanya. Apa pun alasannya, ketika sudah jelas alasan bahwa pegawai itu harus diberhentikan, Anda HARUS BERTINDAK CEPAT. Sebagai pemimpin perusahaan, Anda harus mematuhi semua hukum yang berlaku dalam perusahaan Anda, mengikuti prosedur perusahaan, bertindak dengan penuh tanggung jawab, dan berusaha keras agar pekerjaan-pekerjaan sulit, dapat dikerjakan dengan baik.

Jangan menunggu terlalu lama. Jangan menunda-nunda. Jangan meremehkan. Cepat lakukan!

Memberhentikan seseorang dari pekerjaannya, merupakan tugas berat bagi seorang pemimpin perusahaan yang baik. Namun, memberhentikan seseorang akan menjadi lebih mudah, jika segera dilakukan. Waktu antara keputusan memberhentikan seseorang dengan terminasi, sesungguhnya merupakan masa yang membuat orang stres, dan mencemaskan bagi pemimpin yang penuh perhitungan dan baik hati. Memperpendek masa stres, merupakan alasan mengapa seorang pemimpin harus memberhentikan seorang pegawai dengan cepat.

Alasan lain mengapa pemimpin perusahaan melakukan pemberhentian kerja dengan cepat adalah: karyawan itu kinerjanya di bawah standar, tidak menguntungkan, atau semua orang yang ada dalam perusahaan sudah tahu pegawai itu tidak relevan. Setiap orang yang bekerja dengan orang tersebut telah mengetahui kemampuannya yang tidak sesuai dengan standar. Semakin lama menunda pemecatan, maka pegawai lainnya akan semakin mempertanyakan kemampuan pemimpin perusahaan dalam mengambil keputusan.

Pemimpin perusahaan yang baik, selalu memberhentikan pegawai yang tidak mampu, dengan cepat! Karena tindakan itu adalah hal terbaik bagi pegawai yang tidak produktif, bagi pegawai lainnya, para pelanggan, bagi perusahaan, dan pemimpin perusahaan itu sendiri. Bahkan seringkali, pegawai yang tidak produktif, merasakan bahwa pemberhentian dirinya itu akan dapat mengurangi ketegangan di antara orang-orang yang terlibat.

Penting dipahami adalah bahwa memberhentikan pegawai secara cepat, dapat mengangkat citra perusahaan, dan menjadikan perusahaan itu sanggup berkompetisi dan memenangkan persaingan bisnis.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (153 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *