1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (168 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 January, 2012 - 9:00 PM

PENAMPILAN Anda Penting Untuk BRAND Bisnis Anda

Bertahun-tahun pengalaman saya, saat membimbing para calon pensiunan, para mantan eksekutif perusahaan, untuk mempersiapkan masa pensiun mereka adalah selalu ada sebuah pertanyaan yang berkaitan dengan branding dalam pemasaran bisnis. Pertanyaan yang sering muncul itu adalah, “Mengapa desain visual begitu penting dalam memasarkan bisnis?” Pada umumnya, pertanyaan ini berasal dari mereka yang berencana merintis bisnisnya sendiri setelah bekerja di perusahaan besar.

Sebenarnya pertanyaan seperti itu cukup aneh, mengingat mereka ini umumnya berpendidikan cukup tinggi dengan pengalaman rata-rata puluhan tahun. Tetapi saya memahami, meskipun mereka telah berpengalaman sebagai eksekutif di perusahaan besar, dan di profesi mereka dinilai kreatif dan inovatif, namun perusahaan tempat mereka bekerja sudah memiliki struktur tertentu yang diterapkan, sehingga mereka sering tidak memikirkan tentang struktur itu, dan nilai-nilai pentingnya, sampai mereka meninggalkan perusahaan itu.

Mengapa desain visual yang konsisten sangat penting dalam rangka branding perusahaan? Saya katakan, bahwa penampilan itu pegang peran sangat penting dalam memasarkan bisnis. Apa yang dapat dilihat oleh mata, menggambarkan apa yang ada di dalamnya. Singkatnya, bagaimana penampilan Anda, baik sebagai individu, maupun sebagai suatu bisnis; adalah apa yang Anda katakan atau perlihatkan tentang Brand Anda.

Desain visual yang jelas, relevan, unik, dan konsisten akan selalu menang. Coba lihat perusahaan besar mana pun, dan bayangkan logo atau iklan mereka. Pada umumnya, logo atau iklan itu berbicara dengan bahasa yang sama, dalam hal warna, bentuk, kata, dan sikap. Ini adalah tujuan bagi bisnis mana pun. Jadi, langkah pertama adalah kita meneladani kesuksesan mereka, dan mempelajari elemen, dan tiang pondasi dari komunikasi itu.

Konsep berikutnya yang harus dipahami adalah pesan brand visual yang jelas, diraih melalui suatu proses, dan ketaatan pada proses itu. Hubungan Anda dengan proses itu adalah ia selalu mendikte kesuksesan Anda dalam jangka panjang. Karena merupakan sebuah proses, itu berarti Anda tidak akan pernah selesai dengannya. Proses itu akan tumbuh secara organik dari bisnis Anda, sama seperti proses lainnya. Seperti halnya proses manajemen, proses penjualan, atau proses akuntansi. Dengan selalu meneladani kesuksesan model panutan tertentu, dan memahami bahwa itu adalah suatu proses, Anda dapat beralih ke kriteria vital dari desain brand visual yang jelas.

Berikut ini TIGA LANGKAH untuk mendapatkan pesan Brand Visual yang Jelas.

1. RELEVANSI

  • Pesan apa yang ingin Anda sampaikan? Siapakah audiensi Anda? Bagaimana cara mereka mendapatkan informasi mereka? Mengapa mereka harus peduli? Apakah Anda memberitahu mereka pada saat yang tepat? Jika Anda dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara ringkas, Anda akan memiliki awal dari sebuah rencana.
  • Buatlah daftar kata-kata sifat, yang menggambarkan merek (brand), perusahaan, atau proyek Anda. Pastikan semua itu menggambarkan diri Anda, bisnis Anda, dalam hal penampilan, rasa, dan pendekatan. Cobalah membatasi daftar itu hanya pada kata tunggal, bukan frasa atau kalimat. Kata-kata ini akan menjadi sounding brand, yang akan Anda tengok berulang-ulang. Jika Anda menciptakan sesuatu secara visual, yang tidak sebanding dengan satu atau semua hal dalam daftar itu, maka Anda belum sampai di tujuan Anda.
  • Apakah audiensi Anda konservatif atau liberal? Fokus pada kata-kata atau visual? Tua atau muda? Tahu siapa diri mereka dan bagaimana mereka mencerna informasi adalah hal sangat penting bagi Anda. Hal ini akan menginformasikan kepada Anda tentang bagaimana sebaiknya berbicara kepada mereka, membuat apa pun yang Anda lakukan dapat mereka dengar, cerna, dan pahami. Jika Anda menyampaikan pesan visual, yang meyakinkan mereka untuk memperhatikan atau mengambil tindakan, maka komunikasi itu akan efektif. Sehingga ketika Anda membuat pesan apa pun itu, menjadi relevan, dan memiliki peluang untuk melekat di benak pelanggan.

2. KEUNIKAN

  • Memiliki perbedaan yang menonjol di tengah keramaian pasar saat ini adalah sangat penting dalam pemasaran bisnis, dan kehidupan pada umumnya. Perusahaan besar maupun kecil, sangat serius dalam proses mendefinisikan brand. Hal ini karena menyampaikan siapa diri Anda, dan apa yang Anda lakukan secara lebih baik dan berbeda dengan yang lain, dapat mengubah mereka menjadi pelanggan.
  • Menciptakan identitas visual yang unik, logo, iklan, atau materi pemasaran lainnya, merupakan hal vital untuk memberitahu kepada dunia tentang siapa Anda, dan apa yang Anda wakili. Beberapa brand sangat bergantung pada fotografi atau gambar bergerak. Sedang yang lainnya mendefinisikan dirinya dengan kata-kata, dan naskah di dalam iklan mereka. Ada juga yang membuat maskot brand, atau menggunakan ilustrasi.
  • Jelaskan sikap Anda tentang posisi keunikan bisnis Anda, dan mulai membentuk pesan yang unik. Pertama, lakukan dengan hanya menggunakan kata-kata, seperti dalam pernyataan misi atau rencana bisnis. Gambarkanlah, kemudian ilustrasikan dengan foto, tipe, atau gambar yang sesuai dengan daftar kata-kata awal yang telah Anda buat. Gambar ini akan membantu mendefinisikan brand Anda, ketika Anda mengembangkan dan menyempurnakannya.
  • Begitu Anda sudah menciptakan pesannya, pikirkan media apa yang akan Anda gunakan untuk menyampaikannya. Apakah Anda dapat menjadi orisinal dan unik juga?  Jika audiensi utama Anda adalah pembaca surat kabar, Anda perlu berbicara kepada mereka di tempat mereka berada. Dapatkah Anda melakukan sesuatu yang menarik dengan ruang, frekuensi, jenis huruf, atau warna? Jika audiensi Anda terbiasa melihat logo kompetitor Anda sebagai nama dengan model huruf sederhana, apakah Anda akan tersaji lebih baik, dengan logo atau ikon yang mengilustrasikan sudut pandang unik Anda? Renungkan ide-ide ini, dan temukan kombinasi yang tepat dan unik, untuk bisnis Anda.

3. KONSISTENSI

  • Bagian tersulit adalah memastikan bahwa apa pun yang Anda lakukan, mulai dari nama bisnis Anda, hingga logo, dan kartu nama, serta dokumen, presentasi, iklan, seragam, kendaraan, kantor fisik, dan seterusnya … seluruhnya harus berasal dari suara yang sama. Konsistensi adalah kunci untuk menyampaikan pesan brand visual yang jelas. Contoh, Apple Computer, memiliki pesan yang konsisten dalam segala hal yang mereka lakukan sejak hari pertama berdiri. Kesederhanaan dan kenyamanan iklan mereka, menerjemahkan apa yang mereka lakukan, siapa dirinya. Kata-kata yang mendefinisikan brand mereka, juga menjadi teladan bagi pesan visual mereka secara strategis. Produk mereka juga melakukan hal serupa.
  • Kata-kata yang Anda gunakan untuk mendefinisikan diri Anda, akan terus menerus muncul. Ini adalah proses yang akan berubah seiring perjalanan waktu. Kata-kata yang mendefinisikan Anda, mungkin akan berubah, meskipun perubahan itu terjadi dalam proses yang terus menerus berkembang, dan berubah agar sesuai dengan kebutuhan Anda dan perusahaan Anda, sehingga tetap relevan.
  • Segi lain dalam konsistensi adalah menempatkan orang-orang yang tepat di tempatnya. Banyak yang melakukan ini melalui agen periklanan, atau perusahaan desain milik sendiri. Secara keseluruhan, mereka memastikan pesan, dan presentasi yang jelas dan konsisten dari brand bisnisnya.
  • Amati secara saksama, dan pertanyakan konsistensi dari apa yang tercipta dari semua komunikasi Anda. Apakah sebanding dengan daftar kata sifat Anda? Jika iya, maka pesan Anda konsisten.

Desain menciptakan diferensiasi dan daya tarik. Desain yang bagus, membuat produk atau jasa dapat lebih menonjol dibandingkan kompetitor, dan akan diingat serta dibicarakan. Desain menyentuh emosi, dan menciptakan inspirasi. Desain dapat membantu untuk mendefinisikan siapa Anda, dan apa yang diinginkan … mencerminkan standar dan gaya Anda.

Desain memiliki arti lebih dari sekadar produk dan jasa. Desain digunakan untuk melindungi produk dan jasa, lebih dari sekadar kondisi layanan, maupun materi komunikasi. Dalam kenyataan, desain lebih memiliki ilmu sosial daripada teknik. Untuk desain yang baik, diperlukan bentuk dan fungsi, namun semuanya dinilai dari fungsi … hal-hal apa saja yang digunakan dan bagaimana hal ini dapat mengoptimalkan penampilan.

Begitu Anda sudah menciptakan identitas brand Anda secara tepat, maka mengendalikan dan memeliharanya adalah tugas yang sama pentingnya. Jika Anda dapat mengikuti langkah-langkah awal ini, Anda akan sangat siap untuk menghadapi pesaing bisnis Anda, dan pelanggan Anda. Pesan dan identitas yang meyakinkan, akan memastikan kesuksesan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (168 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *