1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (164 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 30 January, 2012 - 10:00 AM

Temukan Ide MEREK (Brand) Yang Powerful

MEREK (Brand) pada dasarnya dibangun sebagai sebuah label dari kepemilikan suatu bisnis. Namun, pada saat ini, Merek adalah sesuatu di mana orang-orang berharap banyak. Bagaimana mereka merefleksikan dan berhubungan dengan Merek-Merek tersebut, bagaimana mereka mendefinisikan aspirasinya dan membuatnya mampu berbuat lebih banyak. Merek yang kuat (powerful) dapat mendorong kesuksesan dalam kompetisi bisnis yang berimbas positif pada finansial. Dan, Merek menjadi aset organisasi yang paling berharga. Oleh karena itu, temukan ide besar Merek yang membentuk Anda.

MEREK (Brand) yang besar adalah Merek yang Anda inginkan mengisi hidup Anda, yang Anda percayai sepenuh hati, dan menjadi tempat Anda bergantung ketika hal-hal lain di sekitar Anda berubah. Merek yang mengartikulasikan tipe orang seperti apa, Anda, atau tipe apa yang Anda idamkan. Merek yang memampukan Anda untuk melakukan hal-hal yang semula tidak mungkin dapat Anda capai.

Merek-Merek besar, berhubungan dengan emosi. Emosi-emosilah yang mendorong sebuah keputusan kita. Merek mampu menjangkau luas karena sebuah pengalaman yang mengikat kuat. Merek memiliki hubungan emosional yang lebih dari sekadar produk atau jasa.

Kebanyakan merek hanya sekedar label, yang bergantung sangat kuat pada logo serta nama merek, dan terlalu berfokus pada perusahaan dan pengidentitasan produk. Merek-merek tersebut diperkuat melalui hal-hal bersifat dangkal, dan dijalankan melalui service atau pelayanan yang sangat umum. Merek-merek ini  membuat organisasi kesulitan mewujudkan janji-janji bisnisnya, seringkali gagal menarik perhatian, dan tidak mampu menciptakan kepercayaan pelanggan.

Merek-merek yang kuat (powerful), mempunyai kemampuan menerobos masuk pasar yang kompetitif, ramai, dan dapat menarik perhatian serta mempertahankan pelanggan terbaik mereka; sehingga mampu menciptakan hasil secara finansial, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Kriteria Merek (Brand) yang powerful adalah Merek yang:

  • Menciptakan tujuan yang tak kuasa ditolak. Sebuah ide besar lebih dari sekedar produk atau jasa, dan benar-benar berarti bagi masyarakat.
  • Merefleksikan pelanggan, membentuk image, dan reputasi di benak pelanggan, sehingga mempunyai relevansi secara personal.
  • Menggalang para pelanggan untuk secara bersama-sama meraih ide-ide besar, yang dituangkan ke dalam suatu gaya hidup (life style), hingga orang-orang dapat dengan bangga menyatakan: “Inilah merek saya!”
  • Membantu para pelanggan untuk berbuat lebih, dengan mendorong penciptaan benefit (keuntungan) dan membantu aplikasi yang mereka lakukan. Sehinggan dengan demikian, memampukan pelanggan untuk berbuat lebih banyak hal secara psikologi dan emosional.
  • Melabuhkan para pelanggan di sesuatu yang penting dan familiar, di tengah perubahan yang terus terjadi di pasaran maupun pribadi mereka.
  • Berkembang menurut perkembangan pasar dan pelanggan, dengan luwes bergerak ke dalam pasar-pasar baru dalam berbagai aktivitasnya.
  • Menarik pelanggan-pelanggan yang menjadi target pasar, dengan menciptakan preferensi, memengaruhi perilaku pembelian, dan mempertahankan harga premium, serta membangun komunitas merek bagi pelanggan.
  • Mempertahankan pelanggan-pelanggan terbaik, dengan membangun loyalitas mereka, mengenalkan pelayanan baru, dalam setiap kegiatannya.
  • Menciptakan nilai-nilai dalam jangka pendek maupun jangka panjang, meningkatkan kepercayaan pelanggan dan investor, serta mengurangi biaya modal dalam promosinya.

Merek yang powerful menjalankan semua anjuran tersebut di atas ini. Merek yang powerful, membuat konsumen melakukan apa yang tadinya tidak dapat mereka lakukan, mendorong inovasi dan memberi inspirasi terhadap aktivitas mereka. Merek yang powerful mampu mengubah permintaan menjadi kebutuhan pelanggan, yang mampu menciptakan kuantitas dan meningkatkan keuntungan pada masa sekarang dan masa mendatang.

Merek perusahaan yang powerful, tidak hanya mendorong keuntungan yang terus meningkat dari pelanggan, merek yang powerful juga dapat memengaruhi moral dan perilaku pegawai. Merek yang powerful dapat memunculkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan, menciptakan ide dan meningkatkan produktivitas sumber daya manusia.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (164 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *