1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (194 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 February, 2012 - 6:00 AM

Tanggung Jawab Terhadap Pelanggan

Fokus dari bisnis terletak pada orang-orang yang menciptakan permintaan untuk produk atau jasa kita, dan yang menciptakan penjualan. Saat ini pelanggan lebih individual, lebih cerdas, dan menuntut lebih banyak dari sebuah produk atau jasa. Kebutuhan yang mereka sampaikan memang penting, tetapi kebutuhan dan keinginan yang tidak mereka sampaikan, seringkali lebih penting. Motivasi dan aspirasi pelanggan itu kompleks dan pribadi. Pola hidup kita juga semakin kompleks dengan banyak hal yang kurang dapat diprediksi.

Bagaimana Anda memahami apa yang para pelanggan inginkan ketika mereka tidak tahu apa yang mungkin terjadi? Atau mereka belum menyebutkan kebutuhan itu? Bagaimana Anda melihat apa yang akan terjadi kemudian?

Sikap kita terhadap merek (brand) dan pemasaran juga berubah. Kita hidup pada era pelanggan yang cerdas, individualistis, di mana pada setiap transaksi, pelanggan mungkin sudah melakukan riset produk dan perbandingan harga terlebih dulu. Perlu dicermati juga bahwa pelanggan membuat pilihan tentang merek (brand) berdasarkan perilaku pegawai Anda, lebih dari sekedar menilai kualitas produk atau jasa. Dalam hal ini, tantangan bagi pemasaran akan selalu terjadi.

Ada beberapa hal perlu dicermati, yang sekiranya dapat membuat pelanggan berubah, yaitu:

  • Menilai produk atau jasa lebih rendah dibandingkan sebelumnya, dan menjadikan merek (brand) jauh lebih penting.
  • Lebih menghargai sifat-sifat orang yang lebih muda daripada memikirkan mereka yang lebih tua.
  • Menilai hidup lebih dari sekedar uang, dan sepakat bahwa sesuatu seperti pengetahuan, persahabatan, kerjasama, atau hal lainnya lebih penting daripada uang tunai.
  • Mencoba untuk mengembangkan segala sesuatu yang kita nikmati dan bernilai bagi kita, namun meminimalkan segala sesuatu yang tidak kita nikmati dan tidak penting bagi kita.

Dalam memasarkan produk atau jasa bisnis Anda, semestinya Anda melakukan Pemasaran yang Bertanggung Jawab, yang berhubungan dengan hal-hal utama seperti: Legalitas, Sosial, Etika, dan Integritas. Kembangkanlah pemasaran yang bertanggung jawab. Anda harus senantiasa merencanakan, melakukan, dan memperbaiki tanggung jawab pemasaran bisnis Anda.

Hal paling mendasar dan penting dalam bisnis adalah memastikan bahwa janji-janji dapat ditepati, dan transparansi, yang berarti janji harus direalisasikan … memberikan Realisasi Lebih. Tantangan bagi Anda untuk memahami pelanggan adalah membangun solusi atas kebutuhan mereka, mengerti kebutuhan mana saja yang harus Anda penuhi. Pertimbangkan kebutuhan, motivasi, dan aspirasi dari pelanggan yang menjadi target, dan apa yang diharapkan oleh pelanggan. Kemudian berhubungan dengan mereka secara tepat, sehingga menciptakan kepuasan pelanggan dan keuntungan dalam bisnis Anda.

Proposisi atau penawaran kepada pelanggan yang menekankan pada keuntungan bagi pelanggan, serta pengalaman yang dibangun melalui perspektif pelanggan, membawa interaksi langsung dan tidak langsung terhadap merek (brand) maupun bisnis, yang pada gilirannya membuat keuntungan bagi bisnis Anda secara berkelanjutan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (194 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *