1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (192 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 15 September, 2012 - 6:00 AM

15 Cara Efektif Menjadi Kuat Secara Mental

Dalam bisnis, ada kalanya Anda harus memiliki mental yang tajam untuk membuat keputusan yang sulit. Dalam kepemimpinan, ada kalanya Anda harus tangguh secara mental untuk menjelajahi informasi yang kompleks.

Dalam kehidupan secara menyeluruh, Anda harus memiliki mental yang tangguh dan tajam, untuk membuat keputusan yang baik dengan cepat.

Di saat-saat itu, Anda harus kuat secara mental. Itu berarti sanggup mengelola emosi Anda, menyesuaikan pemikiran Anda, dan memilih untuk mengambil tindakan positif, apa pun keadaan Anda.

Tetapi seperti kekuatan fisik lainnya, kekuatan mental tidak terjadi begitu saja. Itu harus dilatih dan dikembangkan.

Berikut 15 Cara Efektif untuk menjadi lebih kuat secara mental:

1. Fokus pada momen.

Tantangan yang datang dari waktu ke waktu adalah ujian atas kesediaan kita untuk berkembang dan berubah. Hal terburuk adalah mengabaikan situasi atau menunda-nunda dalam mengembangkan solusi. Tantangannya ada di sini dan kesulitannya sekarang. Fokuskan energi Anda pada saat ini; jangan kehilangan apa yang benar di hadapan Anda. Fokuslah pada solusi, bahwa Anda menyadari memiliki kekuatan paling besar untuk memperbaikinya.

2. Rangkullah kesulitan.

Kekuatan mental memberi kita kemampuan untuk melihat rintangan di jalan kita sebagai batu loncatan. Ketika kita menghadapi perjuangan, kita dapat terinspirasi oleh pengetahuan bahwa itu bukanlah jalan buntu, tetapi jalan menuju pengetahuan dan pemahaman yang lebih dalam.

3. Latih pikiran Anda.

Sama seperti otot Anda, pikiran Anda perlu dilatih untuk mendapatkan kekuatan. Pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan pekerjaan yang konsisten, dan jika Anda tidak memaksakan diri, Anda mungkin tidak tumbuh sebanyak yang Anda bisa. Kekuatan mental dibangun melalui banyak kemenangan kecil, dan dipertahankan melalui pilihan yang kita buat setiap hari. Untuk mendapatkan stamina, lakukan tugas harian yang meningkatkan ketahanan mental Anda.

4. Tantang diri Anda sendiri.

Albert Einstein pernah berkata, “Seseorang seharusnya tidak mengejar tujuan yang mudah dicapai. Seseorang harus mengembangkan naluri untuk apa yang hampir tidak dapat dicapai melalui upaya terbesarnya.” Meremehkan diri sendiri dan bermain aman, akan menahan Anda dari kesuksesan. Ketika Anda percaya pada diri sendiri dan kemampuan Anda, Anda sering kali bisa melampaui apa yang bisa dibayangkan.

5. Menanggapi secara positif.

Anda tidak dapat mengendalikan segala sesuatu yang menghampiri Anda, tetapi Anda memiliki kendali mutlak atas bagaimana Anda bereaksi terhadap segala sesuatu yang menghampiri Anda.

Ya, Anda berkuasa atas respons Anda terhadap kejadian apa pun yang Anda alami. Apa yang terjadi pada Anda itu penting, namun tidak sepenting tanggapan atau respons Anda. Kemajuan luar biasa dapat terjadi dalam hidup dan kepemimpinan Anda, saat Anda mengendalikan reaksi Anda.

6. Berhati-hatilah.

Perhatian, berarti mengendalikan fokus Anda dan menjadi paham tentang apa yang Anda berikan perhatian. Apakah itu emosi, pikiran, keyakinan, dorongan hati, atau sesuatu di lingkungan; perhatian memanggil kita untuk mendekati segala sesuatu dengan sikap ingin tahu, tidak menghakimi, terbuka, dan menerima. Untuk menjadi paling tangguh dan kuat secara mental, luangkan waktu untuk penuh perhatian, sehingga Anda dapat fokus pada apa yang Anda inginkan.

7. Tidak dikalahkan oleh rasa takut.

Menjadi tangguh dan kuat secara mental berarti mengetahui bagaimana menghadapi rasa takut. Ketika Anda memasuki situasi yang menakutkan, tanggapi dengan kesadaran bahwa ini adalah kesempatan bagi Anda untuk tumbuh, dan kepercayaan diri melebihi rasa takut.

8. Waspadai Self-talk.

Kita sering kali begitu sibuk mengkhawatirkan cara kita berbicara dengan orang lain, sehingga terkadang kita lupa cara kita berbicara dengan diri sendiri. Buatlah poin untuk menjadi positif dan suportif terhadap diri Anda sendiri, seperti Anda terhadap orang lain. Karena ketika masa-masa sulit Anda harus bisa percaya bahwa Anda sanggup melewatinya. Gantikan keraguan diri dengan sikap positif.

9. Singkirkan Pikiran TIDAK BISA.

Saat Anda merasa tidak bisa melakukan sesuatu, pertahankan fokus Anda tetap positif. Anda hanya perlu melakukannya. Orang yang kuat secara mental menyingkirkan kata-kata seperti tidak bisa, tidak pernah, tidak mungkin, dan harus – menggantinya dengan bisa, sanggup, dan kapan.

10. Miliki Ketekunan.

Winston Churchill pernah berkata, “Sukses adalah tersandung dari kegagalan ke kegagalan, tanpa kehilangan antusiasme.” Ketekunan memberi Anda kemampuan untuk menghadapi kesulitan apa pun, tantangan apa pun, kemunduran apa pun, tanpa dikalahkan. Lebih baik memiliki seumur hidup yang penuh dengan kegagalan kecil yang Anda pelajari, daripada yang dipenuhi dengan penyesalan karena tidak pernah mencoba.

11. Temukan Solusi.

Akan selalu ada masalah. Setiap bisnis memiliki komplikasi dan setiap usaha di kehidupan memiliki rintangan. Tetapi jika Anda dapat belajar untuk memusatkan 90 persen waktu Anda pada solusi dan hanya 10 persen pada masalah, Anda akan dapat merespons secara positif dan efektif.

12. Bersyukur.

Dalam bisnis dan kesibukan kita, seringkali kita mengabaikan banyak konsep dasar pengakuan, tetapi rasa syukur memberi kita ketabahan. Bersyukur dapat mengubah hari biasa menjadi hari istimewa, dan mengubah pekerjaan rutin menjadi kegembiraan, yang mengubah kesempatan biasa menjadi sesuatu luar biasa, yang kita syukuri.

13. Bersiaplah untuk menghadapi badai.

Kesulitan tidak bisa dihindari. Bersiaplah sebaik mungkin, sehingga Anda bisa melawan kesulitan dengan kekuatan, dan menembus topan badai, melihat keindahan langit biru.

14. Tentukan momen Anda.

Ketika Anda merasa ragu seberapa jauh Anda bisa melangkah, ingatlah seberapa jauh Anda telah melangkah. Beri diri Anda penghargaan untuk semua yang telah berhasil Anda hadapi, untuk pertempuran yang Anda menangkan, untuk ketakutan yang telah Anda atasi.

15. Bangunlah kekuatan mental menjadi kegiatan sehari-hari.

Sebagian besar kekuatan mental dibangun dan ditunjukkan bukan dalam keadaan khusus atau situasi luar biasa, tetapi dalam kehidupan dan kepemimpinan sehari-hari.

Berpikir Positif, lakukan persiapan, miliki kemauan, disiplin, fokus, dan pandangan yang jauh, semuanya akan membantu Anda dengan baik. Latih ketangguhan mental dan Anda akan segera kagum pada betapa kuatnya Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (192 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *