1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (151 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 June, 2013 - 10:00 AM

OTAK Anda Lebih Unggul dari Komputer

Apakah Anda sulit mempercayai bahwa otak Anda lebih unggul dari sebuah komputer?

Anda mengolah data jauh lebih banyak dari komputer yang paling canggih sekali pun. Artinya, Anda dapat mengerjakan apa pun yang dilakukan oleh sebuah komputer, dengan lebih cepat dan lebih baik. Ada dua alasan, mengapa umumnya orang tidak yakin bahwa otak lebih unggul dari komputer:

  • Pertama, bertentangan dengan apa yang diajarkan untuk mereka yakini tentang kemampuan pikiran manusia.
  • Kedua, mereka mempunyai pengalaman negatif di sekolah atau lingkungan belajar tradisional lainnya (seminar, lokakarya, kuliah dll), yang memberi kesan buruk tentang kekuatan pikiran mereka.

Tetapi ilmu pengetahuan telah mengubah pandangan tradisional tentang bagaimana otak berfungsi sebaik-baiknya. Mungkin Anda pernah mendengar sebelumnya, bahwa manusia lazimnya hanya menggunakan 10% bagian otaknya, dan 90% lainnya tidak digunakan. Ini tidak benar! Bagian yang tidak digunakan sesungguhnya hampir mendekati 99%. Berarti kebanyakan kita menggunakan hanya 1% bagian otak kita.

Pikirkanlah pertanyaan berikut, yang disajikan brdasar fakta-fakta ilmiah tentang kemampuan otak kita, seperti dikutip dalam “The Brain” tulisan Profesor Isaac Asimov:

  • Mengapa kita tidak menjadi pelajar yang lebih baik, padahal kita memiliki lebih dari 200 milyar sel otak? (sebanyak jumlah bintang di galaksi).
  • Mengapa kita tidak lebih baik dalam mengingat, padahal otak kita dapat menggunakan sekitar 100 milyar Bit informasi? (sama dengan 500 ensiklopedia).
  • Mengapa kita tidak menjadi pemikir yang lebih cepat, padahal pikiran kita bergerak dengan kecepatan lebih dari 300 mil per jam? (lebih cepat dari kereta api tercepat dunia).
  • Mengapa kita tidak lebih baik dalam memahami, padahal otak kita mempunyai lebih dari 100 trilyun hubungan yang memungkinkan terjalinnya beragam hubungan secara lancar? (komputer super canggih pun ketinggalan).
  • Mengapa kita tidak menjadi lebih kreatif, padahal rata-rata kita mempunyai 4 ribu pikiran setiap 24 jam?

Jawabannya sederhana, umumnya kita terbiasa mengakses potongan-potongan kecil kekuatan otak kita. Sekitar 10%, kata ilmuwan di Stanford Riset Institute. Dengan demikian, berarti 90% tidak digunakan.

Saya tunjukkan langkah-langkah sederhana untuk mengoptimalkan kekuatan pikiran Anda, yang di kedepannya akan meniadakan proses “kepikunan” dalam otak Anda. Cobalah 6 Langkah mudah berikut ini:

  • Percaya Anda akan ingat. (ini memfokuskan seluruh otak Anda pada usaha tersebut).
  • Menumbuhkan keinginan untuk mengingat. (ini mengaktifkan modul di dalam otak untuk mengingat).
  • Membayangkan atau Mengulanginya dengan jelas di dalam pikiran, segala yang ingin diingat. (ini mengedepankan bahan yang akan menjadi fokus seluruh pikiran — sadar dan bawah sadar — serta mengarahkannya langsung kepada modul memori yang benar).
  • Secara sadar, suruhlah diri Anda untuk mengingatnya. (kekuatan tambahan ini bekerja seperti hipnosis atau pemrograman perintah, yang membuat pikiran bawah sadar menandai informasi tersebut sebagai informasi yang istimewa, sehingga mudah dipanggil kembali).
  • Mengulang secara mental apa yang ingin Anda ingat esok pagi.
  • Mengevaluasi materi. (ini menyegarkan ingatan, secara otomatis memperbaiki kekurangan, dan mendukung perkembangan lebih lanjut).

Mungkin Anda sulit mempercayai, tapi setidaknya menyimak dapat mengoptimalkan kekuatan otak Anda. Akhirnya, pilihan terserah Anda. Apakah Anda mau melakukan anjuran saya tersebut atau tidak, itu semua bergantung pada seberapa kuat alasan Anda untuk melakukannya atau pun tidak melakukannya.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (151 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *