1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (149 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 July, 2013 - 8:00 PM

Menciptakan NILAI dalam Bisnis Anda

Banyak organisasi yang bingung akan eksistensi mereka, dan tentu saja ada banyak sekali alasan, mengapa organisasi dapat eksis. Pada tingkatan paling sederhana, semuanya mengarah ke pihak investor atau pemegang saham, atau “stake holder”. Ini adalah sekumpulan orang-orang yang berbeda, yang memiliki faktor risiko di dalam perusahaan — yang dengan cara tertentu, mereka mengontribusikan NILAI-NILAI tersendiri kepada perusahaan, dengan harapan, mereka dapat memperoleh pengembalian, sebuah “value exchange”. Mereka ini adalah para pegawai, konsumen, pemasok, mitra, investor, pemerintah, dan masyarakat.

Apakah NILAI EKONOMIS dari bisnis Anda? Bagaimana Anda dapat mengubah potensi masa depan dari bisnis Anda menjadi keuntungan finansial? Bagaimana prinsipnya, agar Anda dapat mendistribussikan NILAI ini seiring waktu? Bagaimana Anda akan mengelola supaya yakin bahwa Anda dapat mencapai potensi ini?

Upaya untuk menciptakan atau memberikan NILAI yang baik kepada para investor, hanya dapat diraih dengan menciptakan atau memberikan NILAI kepada konsumen, para pegawai, dan pihak-pihak lainnya, yang berada dalam lingkaran atau lingkungan investasi dan pengembaliannya. Jika kita menerima bahwa ukuran kesuksesan dari bisnis adalah tingkat pengembalian keuntungan kepada pihak investor dalam jangka panjang, maka NILAI penting adanya. NILAI atau VALUE adalah jumlah dari keuntungan yang akan diperoleh di masa depan. Realitas dari dunia komersil adalah menciptakan NILAI bagi pihak investornya.

NILAI EKONOMIS (economic value) adalah tentang bagaimana mendapatkan lebih banyak daripada yang Anda keluarkan. Apabila investor menginvestasikan modalnya ke dalam suatu bisnis, mereka akan mengharapkan pengembalian dari investasi tersebut. Mereka bahkan mengharapkan pengembalian keuntungan yang lebih besar daripada keuntungan yang dapat diperoleh, jika mereka hanya menginvestasikan uang di bank atau instrumen investasi yang berisiko rendah lainnya.

Beberapa hal di bawah ini, dapat membantu Anda untuk menciptakan NILAI EKONOMIS dalam bisnis Anda.

  • Mempertimbangkan bisnis masa depan.
    • Pertimbangkan penggerak profit masa depan, termasuk trend pertumbuhan.
    • Proyeksikan trend pertumbuhan pasar dan rencana strategis, serta bagaimana mereka akan memengaruhi profit pada masa mendatang.
  • Memproyeksikan profit masa depan.
    • Proyeksikan profit yang paling mungkin pada tahun-tahun mendatang berdasarkan trend dan skenario potensial.
    • Evaluasi potensi profit selama 5 tahun mendatang, dan hitungan jangka panjang untuk merefleksikan bagaimana hal ini akan berlanjut.
  • Mengalkulasi value.
    • Jumlahkan profit-profit ini, potong secara relatif terhadap meningkatnya tingkat ketidakpastian, dan tambahkan sesuatu.
    • Kalkulasikan net present value dari profit jangka panjang ini.
  • Mengalokasikan value.
    • Pertimbangkan bagaimana Anda dapat mengalokasikan total value di antara para stake holder, seperti pelanggan dan share holder.
  • Memprioritaskan aktivitas.
    • Bangun value melalui strategi  bisnis dan perencanaan keuangan Anda, gunakan untuk menolong memprioritaskan sumber daya dan investasi.
  • Mengelola untuk value creation.
    • Kelola bisnis sepanjang waktu untuk value creation, fokus pada profit dan kesempatan jangka panjang terbaik.

Penting untuk selalu dipahami bahwa ukuran sukses di dalam setiap perusahaan adalah tingkat pengembalian dari investasi untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. Itulah yang mendorong para pegawai untuk datang dan bekerja  setiap hari, para konsumen menjadi setia, dan para mitra ingin berkolaborasi. Perusahaan hanya dapat sukses dengan menyajikan pengembalian kepada pihak investor secara berkesinambungan, sehingga setiap investor dapat mencapai sukses juga. Pertumbuhan yang menguntungkan dan konsisten merupakan fondasi bagi penciptaan value dalam bisnis Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (149 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *