1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (143 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 July, 2013 - 5:00 PM

Membuat PELANGGAN Anda SETIA Seumur Hidup

Tantangan paling sulit bagi pelaku bisnis mikro, dan kecil pada umumnya adalah menciptakan Nilai Unik, sehingga acapkali gagal dalam upaya mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan. Seringkali muncul pertanyaan di seputar bisnis mikro dan kecil, seperti ini: “Oke, tapi apa yang Anda tawarkan? Anda ingin saya membeli apa?”

Ketika Anda memulai sebuah bisnis kecil, salah satu aspek paling sulit tetapi penting dalam upaya memulai bisnis Anda sendiri adalah mendefinisikan Nilai Unik Anda ke pasar yang ingin Anda layani. Tanpa nilai yang unik untuk ditawarkan ke pasar, maka produk atau jasa Anda hanyalah satu komoditas yang lain dengan pesaing yang tak terbatas!

Nilai Unik adalah pondasi untuk menciptakan suatu hubungan bisnis yang bertahan menghadapi berbagai badai, dan hidup lebih lama daripada yang dimiliki pesaing. Hal itu membantu Anda membuat pelanggan Anda setia untuk seumur hidup, dan memperkokoh bisnis Anda sebagai sesuatu yang ada di dalam masyarakat.

Jadi, apakah ada proses untuk mendefinisikan Nilai Unik Anda? Apakah ada metode atau aturan tertentu yang dapat Anda ikuti? Tanyakanlah kepada diri Anda sendiri, apa yang senang Anda lakukan? Apa yang membuat Anda bangun tidur setiap pagi dengan gairah membara untuk melakukan hal itu? Mengapa ini penting bagi Anda? Fokuskan pada hasrat Anda, dan… Nilai Unik Anda akan menjadi jelas. Saat itu terjadi, Anda akan dapat memiliki pelanggan setia seumur hidup!

Untuk dapat menciptakan pelanggan yang setia seumur hidup, Anda perlu menerapkan empat prinsip pada semua urusan bisnis Anda, seperti berikut ini:

  • Komunikasi
    • Dengarkan terlebih dulu, tunjukkan respek, tanyakan pada pelanggan bagaimana ia ingin diperlakukan, dan jagalah komunikasi Anda tetap terbuka, jujur, tulus, dan adil.
  • Tanggung Jawab
    • Anda harus mengambil tanggung jawab penuh atas tindakan, maksud, dan komunikasi Anda. Pelanggan senang mengetahui bahwa mereka dapat bergantung pada Anda.
  • Integritas
    • Carilah cara-cara untuk membuat perbedaan, berikan kepercayaan, lakukan tepat di sisi mereka dengan benar, dan jagalah kepentingan pelanggan Anda tetap sebagai yang paling utama dalam urusan Anda.
  • Hasil
    • Tetapkan akuntabilitas, beri perhatian pada detail, ciptakan transparansi, dan tepati komitmen Anda.

Prinsip-prinsip tersebut akan memberi manfaat bagi Anda jika dilakukan, baik di dalam bisnis maupun kehidupan. Penting untuk dipahami dan diingat adalah kita menilai diri kita sendiri dengan melalui kita — yang lain menilai diri kita melalui tindakan kita.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (143 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *