1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (183 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 05 December, 2014 - 9:45 AM

Mampu BERPIKIR vs Banyak PENGETAHUAN

Sebuah Renungan

MAMPU BERPIKIR VS BANYAK PENGETAHUAN

Punya banyak pengetahuan memang asyik, namun belum tentu berguna dalam kehidupan sehari-hari, apalagi untuk kehidupan di masa mendatang.

Apa kegunaan punya banyak pengetahuan tentang dinosaurus? Yang jauh lebih penting karena lebih bermanfaat adalah memperoleh hikmat (pelajaran hidup) atas bencana yang dialami oleh para dinosaurus, dan bagaimana sebagai manusia dapat mencegah bencana, misalnya.

Apa kegunaan belajar fisika dan matematika, jika naik sepeda atau sepeda motor atau mobil secara semberono? Tidak mampu menghitung bahwa kecepatan tertentu akan menimbulkan risiko kecelakaan yang lebih parah? Bahwa berbelok dengan sudut belokan tajam dalam kecepatan tertentu itu akan menghasilkan kecelakaan?

Apa manfaat belajar ilmu alam, bila menghadapi cuaca dingin di malam dan pagi hari, tidak tahu harus mengenakan pakaian seperti apa; misalnya malah mengenakan jaket dari bahan kaos atau jeans?

Apa gunanya punya banyak pengetahuan tetapi sebentar-sebentar mengeluh tentang cuaca, macet, suara bising, makanan, dan bahkan kondisi diri sendiri?

Apa gunanya punya banyak pengetahuan jika tidak pernah menyadari bahwa di dalam diri kita ada banyak PERLENGKAPAN yang dapat dipakai untuk mengontrol diri sendiri dan lingkungannya?

“Mengapa banyak orang punya segunung pengetahuan namun bersikap dan bertindak norak dan bebal?”

Apakah karena selama ini mereka hanya bersekolah, tetapi tidak mendapatkan pendidikan. Apakah karena mereka hanya dijejali dengan pengetahuan, tetapi tidak diajarkan BAGAIMANA CARA BERPIKIR..?

YA…. Cara berpikir itulah seharusnya yg perlu diajarkan. Konsep pendidikan di negara kita masih sangat kurang dalam mengajarkan cara berpikir.

Karena punya segunung pengetahuan belum tentu sanggup berpikir dengan metoda yang runut, logis dan rasional.

Sekian tahun ke depan, setelah lulus kuliah dan bekerja, seringkali kita baru sadar apa bedanya antara mereka yang punya segunung pengetahuan dengan mereka yang memiliki kemampuan berpikir sendiri.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (183 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *