1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (200 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 25 December, 2014 - 9:00 PM

Kiat Mengelola Karyawan Menjadi TIDAK STRES

Ada sedikit keraguan bahwa karyawan Anda adalah sumber daya Anda yang paling berharga, tetapi mereka juga bisa menjadi penguras terbesar pada waktu dan energi Anda. Tetap saja, mengelola tenaga kerja Anda dengan cara yang mempromosikan keterlibatan karyawan adalah sangat penting – dan ini dapat berdampak langsung pada keuntungan Anda.

Menurut sebuah survey, 40 persen karyawan mengatakan bahwa pekerjaan mereka sangat menegangkan, dan lebih dari seperempat melaporkan sering mengalami kejenuhan di tempat kerja. Maka, tidak mengherankan jika hanya sekitar sepertiga karyawan yang benar-benar terlibat dalam pekerjaan mereka, dan lebih dari setengahnya secara aktif mencari pekerjaan yang berbeda – atau setidaknya mengawasi setiap lowongan.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari karyawan Anda, Anda harus mulai dengan melihat hal-hal yang dapat Anda kendalikan. Mengelola bisnis bisa membuat stres, tetapi dengan memperhatikan budaya yang Anda ciptakan, Anda dapat membuat peningkatan yang berkelanjutan dalam kehidupan tenaga kerja Anda.

Berikut ini saran-saran yang dapat Anda lakukan:

1. Sesuaikan perangkat lunak yang tepat dengan kebutuhan Anda.

Sistem informasi sumber daya manusia (SDM) khas Anda akan memungkinkan Anda untuk mengelola informasi kepegawaian secara online, bersama dengan sumber daya tentang kebijakan dan prosedur. Sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) lebih lengkap, menambahkan manajemen bakat dan kemampuan seperti ulasan kinerja. Untuk opsi yang paling komprehensif, sistem manajemen sumber daya manusia melakukan semua yang dapat dilakukan, sehingga dapat menyisakan lebih banyak waktu untuk praktik manajemen yang benar-benar mempromosikan kebahagiaan dan keterlibatan karyawan Anda.

2. Dorong karyawan untuk aktivitas di luar kantor.

Individu yang berpengetahuan luas adalah karyawan yang lebih bahagia karena mereka mengambil waktu untuk menyegarkan diri di luar pekerjaan. Karyawan yang lebih bahagia, ternyata, lebih produktif. Karena kepemimpinan yang paling efektif memimpin dengan memberi contoh, cari peluang untuk menjadi sukarelawan di komunitas dan tunjukkan kepada karyawan Anda betapa memuaskannya untuk berbagi kebahagiaan.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, organisasi seperti berbagai komunitas yang positif, dapat membantu menghubungkan Anda dan perusahaan Anda dengan peluang sukarela yang berharga. Organisasi ini membantu mengembangkan kompetensi inti seperti memfasilitasi pertemuan, penggalangan dana, pemikiran strategis dan manajemen untuk memperkuat harga diri mereka secara keseluruhan dan menambah nilai bagi perusahaan mereka.

3. Jadilah angin di bawah sayap mereka.

Karyawan Anda harus memiliki tujuan di tempat kerja, apakah mereka berputar di sekitar angka penjualan, peringkat kepuasan klien atau metrik tinjauan kinerja. Tujuan, dapat membantu memotivasi pekerja dan membuat mereka tetap terlibat dan produktif. Namun, penting juga bahwa mereka memiliki tujuan di luar pekerjaan.

Mungkin salah satu karyawan Anda ingin menjalankan lari 10K pertamanya. Anda dapat ikut mendaftar dan berpartisipasi dengannya. Jika karyawan lain ingin menurunkan berat badannya untuk pelangsingan, mungkin Anda bergabung dengannya membawa salad untuk makan siang setiap hari, sampai ia mencapai tujuannya. Apa pun tindakan yang Anda lakukan, tunjukkan kepada karyawan Anda bahwa Anda ada di belakang mereka dan mendukung mereka dalam semua upaya mereka, tentang pekerjaan atau pun tidak.

4. Ketahuilah bahwa apresiasi adalah mata uang yang kuat.

Sekarang karyawan Anda memiliki tujuan untuk kinerja mereka dan kehidupan mereka secara umum, rayakan pencapaian mereka ketika mereka mencapainya. Alih-alih membagikan semacam penghargaan seperti karyawan bulan ini. Buatlah lebih spesifik, apa yang mereka lakukan yang menurut Anda pantas dirayakan, dan mengapa karyawan Anda yang lain harus memperhatikan?

Perhatian pada kesuksesan karyawan adalah bagian penting dari membangun budaya perusahaan Anda. Dan membagikan penghargaan sesekali tentu penting, bahkan lebih penting untuk memberi karyawan pengingat kecil bahwa Anda menghargai pekerjaan mereka, ketika Anda berjalan melewati meja mereka, atau melihatnya di tempat parkir. Karyawan yang merasa dihargai cenderung bekerja lebih keras, dan lebih baik.

5. Berhenti menjadi mata-mata.

Percayai karyawan Anda. Anda mempekerjakan mereka. Karyawan Anda ada di sana untuk melakukan pekerjaan tertentu, dan mereka tidak dapat melakukannya ketika mereka terus-menerus diawasi secara berlebihan. Percayai karyawan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, dan mereka akan melakukannya. Jika mereka terus-menerus merasa seolah-olah sedang dimata-matai, mereka hanya akan menjadi kesal dan tidak produktif.

Ketahuilah apa artinya “produktivitas”. Ketika karyawan Anda memiliki kejelasan, itu memudahkan pikiran mereka. Gagasan yang kabur tentang apa yang seharusnya mereka capai dan metrik subjektif untuk menentukan keberhasilan membuat ketidaksepakatan ketika tiba saatnya untuk meninjau kinerja mereka. Hindari beban yang tidak perlu ini dengan membuat semua orang pada kondisi dan situasi yang sama baiknya. Karyawan Anda harus dapat melacak kinerja mereka sendiri, dan dengan cara ini mereka akan memiliki kesempatan untuk mendatangi Anda jika mereka mengalami masalah.

Kehidupan kerja karyawan Anda bisa membuat stres, dan mungkin juga di kehidupan sehari-hari. Anda tidak bisa selalu mengendalikan itu, tetapi yang bisa Anda kendalikan adalah empati yang Anda perlihatkan kepada mereka. Empati adalah sifat penting pemimpin mana pun, dan karyawan akan meresponsnya dengan mendorong diri mereka untuk bekerja lebih baik lagi bagi Anda dan perusahaan Anda. Ikuti langkah-langkah di atas dengan pikiran terbuka, empatik, dan lihatlah manajemen perusahaan Anda bisa lebih berkembang dan menguntungkan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (200 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *