1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 15 February, 2015 - 5:00 AM

Apa itu VALUE PROPOSITION

Value Proposition atau Proposisi Nilai mengacu pada nilai yang dijanjikan perusahaan untuk diberikan kepada pelanggan jika mereka memilih untuk membeli produk mereka. Proposisi nilai juga merupakan deklarasi niat atau pernyataan yang memperkenalkan merek perusahaan kepada konsumen dengan memberi tahu mereka apa artinya perusahaan, bagaimana operasinya, dan mengapa itu layak untuk bisnis mereka.

Proposisi nilai dapat disajikan sebagai pernyataan bisnis atau pemasaran yang digunakan perusahaan untuk merangkum mengapa konsumen harus membeli produk atau menggunakan layanan. Pernyataan ini, jika dinyatakan meyakinkan, meyakinkan konsumen potensial bahwa satu produk atau layanan tertentu yang ditawarkan perusahaan akan menambah nilai atau memecahkan masalah lebih baik bagi mereka daripada penawaran serupa lainnya.

Memahami Proposisi Nilai

Proposisi nilai merupakan janji perusahaan untuk pelanggan atau segmen pasar. Proposisi adalah alasan yang mudah dipahami mengapa pelanggan harus membeli produk atau layanan dari bisnis tertentu. Proposisi nilai harus dengan jelas menjelaskan bagaimana suatu produk memenuhi suatu kebutuhan, mengomunikasikan secara spesifik manfaat tambahannya, dan menyatakan alasan mengapa itu lebih baik daripada produk serupa di pasar. Proposisi nilai ideal adalah to-the-point dan menarik bagi driver pengambilan keputusan terkuat pelanggan.

Perusahaan menggunakan pernyataan ini untuk menargetkan pelanggan yang akan mendapat manfaat paling banyak dari menggunakan produk perusahaan, dan ini membantu menjaga parit ekonomi. Parit ekonomi adalah keunggulan kompetitif. Istilah itu, yang diciptakan oleh investor super Warren Buffett dari Berkshire Hathaway, menyatakan bahwa semakin lebar parit, semakin besar dan semakin tangguh perusahaan untuk bersaing.

Bagaimana Proposisi Nilai Bekerja

Proposisi nilai perusahaan mengomunikasikan alasan nomor satu mengapa suatu produk atau layanan paling cocok untuk segmen pelanggan. Oleh karena itu, harus selalu ditampilkan secara jelas di situs web perusahaan dan di titik sentuh konsumen lainnya. Itu juga harus intuitif, sehingga pelanggan dapat membaca atau mendengar proposisi nilai dan memahami nilai yang disampaikan tanpa perlu penjelasan lebih lanjut.

Proposisi nilai yang menonjol cenderung memanfaatkan struktur tertentu. Proposisi nilai yang berhasil biasanya memiliki informasi utama yang kuat dan jelas yang mengkomunikasikan manfaat yang diberikan kepada konsumen. Judulnya harus berupa kalimat, frasa, atau bahkan satu tag yang mudah diingat.

Seringkali subjudul akan diberikan di bawah tajuk utama, memperluas penjelasan tentang nilai yang disampaikan dan memberikan contoh spesifik mengapa produk atau layanan lebih unggul daripada yang lain yang ada dalam benak konsumen. Subpos dapat berupa paragraf pendek dan biasanya antara dua dan tiga kalimat. Subpos adalah cara untuk menyoroti fitur utama atau manfaat dari produk dan sering mendapat manfaat dari dimasukkannya poin-poin atau cara lain untuk menyoroti detail menonjol.

Struktur semacam ini memungkinkan konsumen untuk memindai proposisi nilai dengan cepat dan menangkap fitur-fitur produk. Visual yang ditambahkan meningkatkan kemudahan komunikasi antara bisnis dan konsumen.

Proposisi nilai dapat mengikuti format yang berbeda, selama mereka unik untuk perusahaan dan untuk konsumen, itu melayani. Namun, semua proposisi nilai efektif mudah untuk dipahami dan menunjukkan hasil spesifik dari pelanggan menggunakan produk atau layanan. Mereka membedakan produk atau layanan dari kompetisi apa pun, menghindari kata kunci pemasaran yang terlalu sering digunakan, dan mengkomunikasikan nilai dalam waktu singkat.

Kunci Utama

  • Proposisi nilai perusahaan memberi tahu pelanggan nomor satu alasan mengapa suatu produk atau layanan paling cocok untuk pelanggan tertentu.
  • Proposisi nilai yang berhasil harus dikomunikasikan kepada pelanggan secara langsung, baik melalui situs web perusahaan atau pemasaran atau iklan lainnya.
  • Proposisi nilai dapat mengikuti format yang berbeda, selama mereka “pada merek” dan unik dan spesifik untuk perusahaan yang bersangkutan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (190 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *