1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (191 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 20 February, 2015 - 5:00 AM

Mengapa CORE VALUE PROPOSITION Penting bagi Bisnis

“Kenapa aku harus membeli darimu?”

Jika Anda dan tim Anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini dengan segera dan ringkas, inilah saatnya untuk membuat apa yang disebut core value proposition atau “proposisi nilai inti” untuk bisnis Anda. Ini adalah pernyataan yang disaring dari apa yang bisnis Anda lakukan, untuk siapa ia melakukannya, dan nilai yang Anda berikan untuk pelanggan.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang menyusun core value proposition yang kuat dan mudah diingat.

Pernyataan nilai inti bukanlah tag line, moto, atau slogan, meskipun itu semua adalah alat pemasaran yang bagus untuk bisnis. Alih-alih, jenis pernyataan ini secara ringkas dan jelas menetapkan nilai yang diberikan bisnis Anda kepada pelanggan dalam beberapa kalimat singkat dan menarik.

Menciptakan proposisi nilai inti memberi Anda dan tim penjualan Anda, pesan yang jelas dan konsisten tentang bisnis Anda. Ini menentukan nada untuk apa yang pelanggan harapkan dari Anda dan apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda.

Anggap saja sebagai undangan yang sangat persuasif untuk mencari tahu lebih banyak tentang bisnis Anda. Ini memberi orang alasan untuk memperhatikan perusahaan Anda dan mengambil tindakan, apakah itu meminta penawaran, atau membeli produk atau layanan.

Jangan buat proposisi nilai inti bisnis Anda secara sendirian. Anda bisa melibatkan staf Anda. Brainstorming kata-kata / frasa yang paling akurat menangkap esensi bisnis Anda dengan cara yang membuatnya tak tertahankan bagi target pelanggan Anda.

Cobalah jawab pertanyaan berikut:

  • Apa produk atau layanan utama kami?
  • Siapa pelanggan kami?
  • Mengapa produk atau layanan kami lebih baik daripada pesaing?
  • Apakah kami lebih terjangkau daripada pesaing, apakah kami memiliki waktu pemrosesan yang lebih cepat, apakah kami lebih mudah digunakan?
  • Bagaimana kami unik di pasar?
  • Bagaimana kami menyederhanakan kehidupan klien?
  • Bagaimana kami bisa membuktikan klaim nilai inti?

BAGAIMANA CARA MENCAPAI PROPOSISI NILAI INTI

Proposisi nilai inti harus mudah diingat, ringkas, dan benar. Menyisir hasil brainstorming Anda untuk menemukan frasa dan kata-kata yang paling menangkap nilai unik bisnis Anda. Untuk menyempurnakan proposisi nilai inti bisnis Anda, pastikan untuk memasukkan tidak hanya apa yang membuat bisnis Anda unik, tetapi setidaknya satu alasan mengapa bisnis Anda memberikan nilai yang baik bagi pelanggan. Atur ulang dengan cara yang berbeda sampai Anda menemukan frasa yang tidak hanya merangkum apa yang bisnis Anda lakukan, tetapi itu akan beresonansi dengan pelanggan potensial. Pikirkan tentang bahasa yang digunakan dan dipahami oleh pelanggan Anda.

PROPOSISI NILAI INTI YANG BEKERJA

Proposisi nilai inti yang kuat, secara sederhana dan jelas menyatakan apa yang membuat perusahaan Anda layak berbisnis.

Terkadang singkat dan spesifik adalah yang Anda butuhkan: Jika Anda melihat di pasar furnitur modern dan murah untuk rumah dan kantor, Anda akan mengenali proposisi nilai inti ini milik IKEA.

Mungkin masuk akal untuk fokus pada janji yang paling berkesan dari merek Anda: “Dengan setiap pasangan yang Anda beli, TOMS akan memberikan sepasang sepatu baru kepada anak yang membutuhkan. Satu untuk satu.”

Proposisi yang lebih lama kadang-kadang diperlukan di bidang-bidang, di mana klien menggunakan layanan untuk menyediakan dan mencari produk atau layanan. Ambil contoh Airbnb:

Airbnb adalah pasar komunitas tepercaya bagi orang untuk membuat daftar, menemukan, dan memesan akomodasi unik di seluruh dunia – online, dari ponsel atau tablet. Baik apartemen untuk bermalam, kastil selama seminggu, atau villa selama sebulan, Airbnb menghubungkan orang dengan pengalaman perjalanan yang unik, pada titik harga berapa pun, di lebih dari 34.000 kota dan 190 negara. Dan dengan layanan pelanggan kelas dunia dan komunitas pengguna yang berkembang, Airbnb adalah cara termudah bagi orang untuk menghasilkan uang dari ruang ekstra mereka dan memamerkannya kepada jutaan pemirsa, calon pelanggannya.

Proposisi nilai inti harus mudah diingat, ringkas, dan benar. Apakah itu menyusun pernyataan yang lebih pendek atau lebih lama, ingatlah bahwa pernyataan itu harus menyajikan penjelasan yang jelas dan ringkas tentang mengapa bisnis Anda adalah pilihan terbaik bagi target pelanggan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

Twitter: @Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (191 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *