1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (281 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 15, 2016 - 5:00 AM

Mengenal TIME LINE THERAPY (Terapi Garis Waktu)

Time Line Therapy™ (TLT) atau Terapi Garis Waktu adalah proses terapi yang kuat, yang telah berkembang dari hipnosis dan NLP, dikembangkan oleh Tad James, PhD pada 1980-an. Ini dikembangkan dengan menerapkan proses terapeutik pada konsep bahwa kita menyimpan ingatan kita secara linier dalam sistem penyimpanan memori internal.

Garis Waktu seseorang mewakili album foto mental mereka dan kemampuan mereka sendiri untuk membedakan antara gambar masa lalu dan persepsi masa depan. Pemrograman internal seringkali merupakan mekanisme yang bertanggung jawab atas ekspresi emosi kita.

Apa Manfaat Time Line Therapy™?

Time Line Therapy™ dapat meningkatkan semua aspek kehidupan, karena menghilangkan emosi negatif untuk meningkatkan kepercayaan diri seseorang, meningkatkan hubungan mereka dan mewujudkan tujuan mereka. Ini adalah terapi kuat, yang dapat membantu dengan berbagai kondisi fisik, mental dan emosional seperti berikut:

  • Stress
  • Post Traumatic Stress Disorder (PTSD)
  • Kecemasan
  • Depresi
  • Kecanduan
  • Fobia dan Ketakutan
  • Lapar dan Makan Emosional
  • Kekhawatiran Berat Badan
  • Gangguan emosi
  • Performa Buruk di tempat kerja, olahraga, atau akademis
  • Kesulitan Finansial
  • Disfungsi Seksual

TLT menyediakan salah satu proses dan teknik paling kuat untuk perubahan dan pertumbuhan pribadi dengan memfasilitasi penghapusan emosi menyakitkan yang melekat pada ingatan atau peristiwa di masa lalu. TLT juga berfokus pada apa yang dapat kita pelajari dari peristiwa tersebut, dan menggunakan apa yang kita pelajari sebagai sumber daya untuk masa depan.

Teknik TLT dan proses praktis, menghasilkan transformasi jangka panjang yang jauh lebih cepat dengan ketidaknyamanan minimal bagi klien, daripada apa yang saat ini disebut “brief therapy atau terapi singkat”. Beberapa contoh emosi yang menyakitkan, termasuk kemarahan, kekerasan, kesedihan, sakit hati, penyesalan, ketakutan, rasa bersalah, dan penyesalan.

TLT juga memungkinkan Anda untuk menghapus keyakinan yang membatasi, yang dapat membuat Anda terjebak di masa lalu dan menghentikan Anda dari menciptakan apa yang Anda inginkan dalam hidup Anda. Emosi negatif yang tidak diinginkan maupun keyakinan yang membatasi, akan memengaruhi setiap area kehidupan kita.

Bagaimana Time Line Therapy™ dapat membantu saya?

Salah satu dari banyak keuntungan TLT adalah memungkinkan Anda untuk melepaskan dan menghapus seluruh rantai emosi. Misalnya, jika Anda memiliki masalah kemarahan, TLT memfasilitasi pelepasan dan pembersihan semua kemarahan dari masa lalu dan bukan hanya kemarahan yang melekat pada peristiwa tertentu. Dengan kata lain, kemarahan dilepaskan dari akarnya.

Saya percaya bahwa ini adalah salah satu alasan utama mengapa Anda bisa mendapatkan hasil yang Anda inginkan begitu cepat, dan mengalami hasil yang bertahan lama. Beberapa orang bahkan menjadi heran bahwa ingatan tentang peristiwa yang menyakitkan telah dihapus. Hanya emosi negatif yang melekat pada ingatan yang dihapus di TLT. Kenangan adalah sejarah kita dan tidak ekologis atau tidak tepat untuk menghapusnya.

TLT sangat berharga dalam memungkinkan individu untuk menyelesaikan masalah emosional negatif dari masa lalu, dan jelas membatasi keyakinan dan keputusan yang mungkin telah mencegah Anda bergerak maju serta mencapai tujuan untuk masa depan.

Beberapa contoh keyakinan yang membatasi adalah: “Saya tidak pantas mendapatkannya”, atau “Saya tidak cukup baik”. Banyak klien dengan masalah emosional mendapatkan hasil yang mereka inginkan dalam hitungan jam, atau sekitar satu sampai enam jam, bukan berbulan-bulan dan bertahun-tahun.

TLT di mana kondisi yang lebih kompleks seperti PTSD, trauma atau kondisi fisiologis juga terlibat, mungkin diperlukan waktu lebih lama, beberapa minggu. Salah satu keuntungan utama dari TLT adalah alih-alih membicarakan masalah minggu demi minggu, Anda dapat melakukan sesuatu untuk mengatasinya. TLT biasanya digunakan dalam hubungannya dengan Hipnosis Klinis dan pemrograman neuro linguistik – Neuro Linguistic Programing (NLP), dan bersama-sama mereka memberikan model terapi yang kuat.

Penting untuk dicatat, TLT tidak boleh disamakan dengan sebutan Time Line, yang ada di teknik berbasis NLP, dan memang itu sangat berbeda dengan TLT.

Bagaimana Time Line Therapy™ bekerja?

Dalam sesi TLT, terapis mengaktifkan pikiran bawah sadar klien dengan menempatkan mereka dalam keadaan rileks. Klien dibawa ke beberapa titik di masa lalu mereka, sebelum mereka mengalami emosi negatif yang tersimpan dalam pikiran bawah sadarnya. Terapis kemudian membimbing klien mereka ke peristiwa-peristiwa di mana emosi negatif mereka diciptakan, dan melepaskan mereka dari perasaan seperti itu secara permanen.

TLT tidak menghapus kenangan peristiwa dari ingatan seseorang, hanya menghapus emosi negatif yang melekat padanya. Setelah menjalani sesi TLT, seseorang akan tetap mengingat peristiwa masa lalu dalam hidupnya, tetapi tidak lagi berkubang dalam kesedihan, kemarahan, ketakutan atau emosi negatif lain yang sebelumnya terkait dengan peristiwa tersebut.

Sasaran Time Line Therapy™

Tujuan dari TLT adalah untuk secara halus dan tidak sadar, mengubah pola perilaku klien sehingga mereka dapat bereaksi terhadap pengalaman saat ini berdasarkan kondisi saat ini, dan tidak bereaksi terhadap situasi yang muncul hari ini berdasarkan emosi terkait dengan peristiwa kehidupan sebelumnya. Teknik ini bergantung pada pemrograman ulang respons dan mekanisme perilaku seseorang sedemikian rupa, untuk menghasilkan rasa sejahtera yang lebih sehat. Metode TLT memberikan hasil yang bertahan lama, yang dapat dicapai dalam beberapa minggu.

Metode Time Line Therapy™

TLT menggabungkan sampel dari berbagai teknik yang memberdayakan seseorang, untuk mengambil kendali emosional hidup mereka.

TLT adalah proses terapi yang telah berevolusi dari hipnosis dan NLP. Sering digunakan bersamaan dengan hipnosis klinis dan pemrograman neurolinguistik, Time Line Therapy™ secara ekstensif menggunakan beberapa teknik NLP, seperti pembingkaian ulang, untuk membantu menantang persepsi yang ada.

Orang sering menderita ledakan emosi atau reaksi asing dan mereka tidak tahu mengapa. Emosi seperti depresi, kecemasan, ketakutan, apatis, atau kesedihan adalah semua gejala perasaan negatif, yang menghalangi seseorang untuk mencapai puncak perkembangan manusianya. Seringkali, keyakinan yang membatasi dimanifestasikan dalam ekspresi verbal kita. Keyakinan ini lahir dari pengalaman masa lalu dan kita telah mengintegrasikannya ke dalam struktur internal kita.

Hasil Time Line Therapy™

Teknik TLT memungkinkan Anda untuk melewati keyakinan yang membatasi dan batasan pribadi dalam hidup Anda. Melalui aplikasi praktis, seseorang dapat dipandu untuk mengakses ingatan tertentu, dan belajar bagaimana memutuskan hubungan dari perasaan negatif yang terkait dengan ingatan tersebut. Hal ini memungkinkan seseorang untuk membebaskan diri dari sistem kepercayaan mereka sebelumnya dan sebagai gantinya menciptakan afirmasi dan keyakinan baru yang lebih positif, yang dapat mereka gunakan untuk mendorong mereka ke kehidupan yang lebih penuh dan lebih kaya.

Mengapa penting untuk melepaskan emosi negatif yang melekat pada masa lalu?

Studi kedokteran “MIND-BODY dan PSYCHONEUROIMMUNOLOGY” menjelaskan efek dari emosi negatif yang belum terselesaikan, dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan fisik, dapat menyebabkan perkembangan gejala dan penyakit pada tubuh fisik. Juga, titik bagaimana kita memandang stres dan menanggapinya, dipengaruhi oleh masalah emosional yang belum terselesaikan juga dapat memengaruhi intensitas pengalaman stres.

Banyak orang merasa relaksasi, meditasi, dan yoga berguna untuk mengatasi stres dan sering kali merasa lebih baik karenanya, namun itu sering hanya dalam jangka pendek. Emosi menyakitkan yang tidak terselesaikan, cenderung melawan manfaat dalam jangka panjang.

Membersihkan emosi negatif dan membatasi keputusan dari masa lalu, kemungkinan besar akan meningkatkan praktik teknik-teknik ini secara signifikan dalam menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.

Time Line Therapy™ terbukti paling efektif untuk mengatasi kecemasan dan kondisi berbasis stres seperti kecemasan kinerja, panik, fobia, trauma dan PTSD serta depresi.

Time Line Therapy™ dilakukan dengan cara yang aman, non-invasif dan santai. Klien tidak dipaksa untuk menghidupkan kembali peristiwa menyakitkan di masa lalu mereka, yang dapat membuat mereka trauma. Siapa pun, berapa pun usianya, dapat memperoleh manfaat dari TLT dan menulis ulang perjalanan hidup mereka.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (281 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published.