1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (227 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: July 15, 2017 - 10:00 PM

5 Alasan KOMITMEN BELAJAR Seumur Hidup

Pembelajaran Seumur Hidup dapat bermanfaat bagi Anda dalam banyak hal.

Dunia terus berubah, dan ini berarti Anda harus terbuka untuk menyerap dan secara aktif mencari informasi baru, agar tetap up-to-date. Ini, tentu saja, berkembang jauh melampaui pendidikan di bidang keahlian profesional Anda.

Anda dapat menikmati keuntungan pribadi dan profesional dengan menjadikan pendidikan sebagai prioritas seumur hidup. Berikut adalah Lima Faktor yang sangat kuat untuk dipertimbangkan:

1. Pengetahuan Lebih Luas, Lebih Banyak Keterampilan

Saat Anda memperluas basis pengetahuan Anda dengan cara yang berbeda, Anda dapat meningkatkan keahlian Anda secara drastis. Pendidikan formal tetap penting, tetapi tidak sepenuhnya memadai, karena begitu cepat dunia di sekitar kita berkembang. Oleh karena itu, Anda harus bekerja secara teratur untuk meningkatkan keterampilan profesional Anda, dan juga untuk mengeksplorasi minat dan hobi baru.

Misalnya, Anda mungkin mempertimbangkan untuk mempelajari bahasa baru yang dapat membantu karier profesional Anda, dan juga membantu Anda menjelajahi budaya yang berbeda dengan lebih mudah saat bepergian. Anda dapat memperluas keterampilan komputer Anda atau mempelajari cara memainkan alat musik.

Apa pun yang Anda pilih untuk dikejar, ada banyak cara untuk memperluas basis pengetahuan Anda: mengikuti kelas, menghadiri seminar, mendengarkan podcast audio, dll. Anda juga dapat memanfaatkan peluang pendidikan online, termasuk aplikasi dan situs web pendidikan. Membaca buku, mengunjungi museum, dan menonton program pendidikan di televisi adalah beberapa ide bijak lainnya yang perlu dipertimbangkan.

2. Peluang Karir Baru

Pasar kerja semakin kompetitif dan banyak pengusaha berfokus mencari pekerja berpengetahuan luas untuk bergabung dengan tim mereka. Mereka ingin mencari orang-orang yang memiliki keahlian di banyak bidang, bukan hanya satu, sehingga mereka akan tertarik pada individu dengan berbagai keterampilan dan minat.

Oleh karena itu, pendidikan pasti akan meningkatkan potensi Anda untuk dipromosikan, atau mendapatkan pekerjaan baru: mempelajari bahasa baru dapat membuka peluang kerja di belahan dunia yang berbeda.

Ketika Anda meningkatkan keahlian Anda, Anda bahkan dapat memperoleh pengetahuan yang dapat membantu Anda memulai bisnis Anda sendiri atau menjadi konsultan. Peluang seperti itu dapat meningkatkan kualitas hidup Anda dan berpotensi menghasilkan tingkat pendapatan yang lebih tinggi. Jadi, jika Anda tidak puas dengan pekerjaan Anda, jangan menunggu, mulailah mengasah keterampilan Anda sekarang!

“Tetaplah positif dan bahagia. Bekerja keras dan jangan putus asa. Terbuka terhadap kritik dan terus belajar. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang bahagia, hangat, dan tulus.” – Tena Desae

3. Pikiran Terbuka

Malcolm Forbes berkata, “Tujuan pendidikan adalah untuk menggantikan pikiran kosong dengan pikiran terbuka.” Kenyataannya adalah terus-menerus mencari pengetahuan, dapat membantu Anda lebih memahami dunia di sekitar Anda, dan ini termasuk mengenal budaya, konsep, dan adat istiadat baru. Pada akhirnya, ini akan mengurangi prasangka Anda, dan lebih berpikiran terbuka. Cakrawala Anda akan diperluas dan Anda akan mulai menjelajahi hal-hal yang sebelumnya tidak Anda sadari.

Selain itu, pendidikan dapat mengubah seluruh pandangan Anda tentang topik tertentu, dan menjadikan Anda berpengetahuan luas. Lebih dari itu, ini dapat membantu Anda untuk melakukan percakapan cerdas dan membuat Anda menjadi orang yang menarik di mata orang lain. Secara keseluruhan, pandangan luas Anda akan membantu Anda menikmati karier yang lebih sukses, serta membina hubungan pribadi yang baik dengan teman dan kolega.

4. Harga Diri dan Manfaat Kesehatan

Dengan secara teratur mengembangkan pengetahuan Anda di berbagai bidang, akan mempromosikan tingkat harga diri yang sehat dan meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik Anda. Orang yang berpendidikan, secara alami akan merasa lebih percaya diri, dan tingkat harga diri ini dapat terpancar dari Anda. Itu juga dapat meningkatkan produktivitas Anda dan mengarah pada kualitas hidup yang lebih baik secara keseluruhan dengan kebahagiaan yang berlimpah.

Terus-menerus mencari pengetahuan juga dapat mencegah perkembangan demensia dan kondisi memori degeneratif lainnya. Anda juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang pola makan dan kebiasaan olahraga, sehingga Anda dapat meningkatkan gaya hidup dan kesehatan fisik dengan berbagai cara.

5. Bersenang-senang

Banyak orang berjuang untuk menemukan kebahagiaan dan rasa kepuasan dalam hidup, karena hidup mereka kurang seimbang. Bekerja sepanjang waktu tidak akan membuat Anda puas dengan hidup, dan Anda juga perlu bersenang-senang jika ingin merasa puas secara teratur.

Belajar sebenarnya bisa menyenangkan, ketika Anda menjelajahi topik yang Anda minati. Dan, beberapa topik secara khusus dapat dieksplorasi untuk meningkatkan keahlian profesional di bidang Anda, termasuk mempelajari lebih banyak tentang budaya, agama, spiritual, dan konsep lainnya, yang telah membuat Anda terpesona.

“Seorang guru yang baik dapat menginspirasi harapan, memicu imajinasi, dan menanamkan kecintaan belajar.” – Brad Henry

Memperoleh pengetahuan baru dan mempelajari keterampilan baru harus menjadi upaya seumur hidup. Ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kehidupan profesional dan pribadi Anda, yang mengarah pada kebahagiaan dan kepuasan yang meningkat, serta meningkatnya potensi penghasilan uang.

Mahatma Gandhi pernah menyatakan, “Hiduplah seolah-olah kamu akan mati besok. Belajarlah seolah-olah kamu akan hidup selamanya.” Mengadopsi filosofi ini, dapat meningkatkan kualitas hidup Anda secara signifikan di tahun-tahun mendatang.

Nah Sahabat. Bagaimana Anda memastikan untuk selalu berpikiran terbuka agar tidak pernah berhenti belajar?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (227 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *