1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (183 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: September 1, 2017 - 6:00 AM

7 Cara CEPAT Meningkatkan KONSENTRASI

Di era digital saat ini, informasi yang melimpah dan sejumlah besar gangguan membuat semakin sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan tugas-tugas.

Dalam artikel ini, saya sarankan 7 Cara Melatih Kemampuan Anda Berkonsentrasi, namun tidak mengalihkan Anda dari aktivitas biasanya.

1. Rencanakan dan visualisasikan tugas penting setiap hari

Jadikan itu bagian dari rutinitas pagi Anda. Dari seluruh rangkaian tugas, pilih 1-3 yang paling penting, di mana Anda harus memberikan yang terbaik. Penting untuk melatih fokus Anda pada tugas paling penting. Keinginan untuk melakukan sejumlah besar fungsi secara bersamaan, akan menurunkan konsentrasi dan kualitas pekerjaan yang dilakukan.

Untuk membuat proses ini lebih efisien, juga visualisasikan tugas-tugas paling penting itu. Bayangkan bagaimana Anda akan melakukannya, apa hasilnya, emosi apa yang akan Anda alami. Ini akan meresap ke alam bawah sadar Anda, dan akan bekerja pada implementasinya sepanjang hari.

2. Temukan Jam Sibuk Anda

Konsentrasi perhatian tidak hanya bergantung pada upaya Anda tetapi juga pada genetika. Produktivitas otak terutama, bertanggung jawab atas jam biologis. Tubuh Anda memiliki celah saat bekerja dengan maksimal. Ada saat-saat lain ketika Anda merasa lemah dan kurang motivasi.

Amati diri Anda selama beberapa minggu, tetapkan tugas terpenting pada waktu yang berbeda dalam sehari. Ingatlah bahwa produktivitas Anda juga berubah selama seminggu. Beberapa hari akan tampak lebih produktif daripada hari lainnya. Rayakan hari dan jam sibuk seperti itu. Seiring waktu, Anda akan menerima jadwal siap pakai untuk kasus paling kritis dan kompleks, yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

“Nasihat terbaik yang pernah saya temui tentang masalah konsentrasi adalah: Di mana pun Anda berada, beradalah di sana.” – Jim Rohn

3. Latih Perhatian Anda seperti halnya Otot

Adalah mungkin untuk bekerja tanpa henti pada satu tugas selama lebih dari satu jam. Oleh karena itu, Anda perlu melatih keterampilan ini. Semuanya mirip dengan olahraga. Pada awalnya, tampaknya mustahil bagi seseorang untuk berlari maraton, dan setelah latihan setiap hari, ia dengan lancar mengatasi jarak ini.

Anda bisa melakukan hal sama dengan otak Anda. Pertama, persingkat siklus kerja Anda, misalnya: 20 menit kerja, 5 menit istirahat. Seiring waktu, tingkatkan batas ini 1-2 menit. Segera Anda akan dapat bekerja secara produktif selama satu jam penuh, dengan waktu minimum untuk istirahat.

Ingatlah bahwa Anda harus fokus pada satu hal. Peralihan perhatian yang konstan atau multitasking, hanya melemahkan fokus Anda.

4. Praktikkan Perhatian dan Kesadaran

Praktik perhatian dan kesadaran, tidak lebih dari fokus pada momen saat ini. Dan tidak penting apa yang sebenarnya Anda fokuskan saat ini: bekerja, berjalan kaki, berbicara dengan orang lain, perjalanan transportasi umum, atau bahkan napas Anda. Kata kuncinya adalah Konsentrasi.

Setelah Anda memutuskan untuk mempraktikkan perhatian, Anda harus melupakan segala hal lainnya; tentang masa lalu dan masa depan, dan fokus pada hidup di saat ini. Rasakan bau di sekitarnya, dengarkan baik-baik setiap kata lawan bicara Anda, perhatikan pola jalanan aspal yang kacau. Fokus saja pada apa yang Anda lakukan saat ini. Pesona unik dari metode ini adalah Anda dapat terlibat dalam kesadaran di mana saja, kapan saja.

5. Berlatih Meditasi

Metode lain yang secara langsung memengaruhi kemampuan otak untuk berkonsentrasi adalah Meditasi. Ini dikonfirmasi oleh berbagai penelitian, dan menunjukkan bahwa latihan meditasi yang konstan, secara signifikan meningkatkan kualitas perhatian.

Dalam studi Katherine MacLean 2010, 60 peserta menyelesaikan latihan meditasi 3 bulan, di bawah bimbingan mentor berpengalaman. Sepanjang studi mereka, secara berkala menguji kemampuan kognitif. Para ilmuwan telah menemukan bahwa hampir semua peserta telah belajar mempertahankan konsentrasi lebih lama.

Subjek diperiksa ulang setelah lima bulan. Peningkatannya tetap sama, terutama bagi peserta yang terus bermeditasi setiap hari setelah percobaan.

6. Latihan Fisik

Aktivitas fisik memiliki efek serupa, seperti meditasi. Dalam eksperimen lain, para ilmuwan menyarankan agar siswa sekolah menengah memecahkan masalah yang berhubungan dengan konsentrasi dalam keadaan normal, setelah istirahat 20 menit dan setelah 20 menit berjalan di atas Treadmill. Ilmuwan juga mencatat aktivitas neuroelektrik otak. Hasilnya, ditemukan bahwa kelompok berjalan menunjukkan kinerja terbaik. Tes dan data EEG mengkonfirmasi hal ini.

“Konsentrasi adalah akar dari semua kemampuan yang lebih tinggi dalam diri manusia.” – Bruce Lee

7. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Untuk menjadi juara dalam olah raga, Anda perlu banyak berlatih, cukup makan menu sehat, dan cukup waktu untuk bersantai. Jika tidak, Anda tidak akan mencapai hasil, dan paling buruk, Anda akan mendapatkan masalah kesehatan karena kelelahan.

Jika Anda ingin menjadi juara dalam konsentrasi, juga sama. Anda tidak dapat terus berkonsentrasi sepanjang waktu. Semakin banyak Anda bekerja, semakin sedikit Anda rileks, dan semakin lemah otak Anda untuk fokus pada sesuatu. Sebaliknya, dengan hanya 5 menit istirahat setelah satu jam kerja, memungkinkan Anda mengisi ulang energi, dan kembali bergerak maju dengan produktivitas tinggi.

Teknik lainnya, Anda harus sepenuhnya beralih dari tugas saat ini ke tugas lain. Jika Anda telah duduk di depan komputer selama satu jam, lakukan aktivitas fisik selama 5 menit berikutnya, meskipun itu hanya berjalan-jalan.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (183 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *