1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (211 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 8, 2017 - 6:28 AM

5 Keterampilan KEPEMIMPINAN untuk CEO

Sebagai CEO perusahaan, Anda memiliki banyak tanggung jawab.

Anda harus mengelola karyawan, klien, mitra, dan terkadang pesaing Anda – bersama dengan produk, penjualan, dll. Posisi Anda membutuhkan keterampilan kepemimpinan yang kuat di atas segalanya.

Berikut adalah 5 Keterampilan KEPEMIMPINAN, yang akan membantu Anda, memandu bisnis Anda ke arah yang benar.

1. Kehadiran Eksekutif

Para Pelatih Eksekutif sering mengatakan bahwa orang harus memperhatikan Anda ketika Anda memasuki ruangan. Apa sebenarnya maksudnya itu? Ini berarti bahwa Anda harus memiliki tujuan yang jelas dalam pikiran, dan mengungkapkannya dalam cara Anda melakukan sesuatu.

Berjalan dan berbicara dengan cara yang sama – dengan tujuan. Secara harfiah – berdiri tegak, berkomunikasi dengan tujuan, dan fokus pada tugas yang ada. Lagi pula, jika Anda terdengar tidak tertarik dengan hal-hal yang Anda katakan, orang tidak akan mendengarkan.

Ingat! Anda bukan hanya CEO, Anda adalah wajah, dan suara perusahaan Anda. Angkat kepala Anda tinggi-tinggi, angkat dagu Anda dan yang terpenting adalah bersikaplah ramah.

Anda harus menjadi panutan bagi karyawan Anda. Jika Anda bangga dengan perusahaan yang Anda miliki, tunjukkan kepada orang lain melalui pembawaan diri Anda sendiri dengan berkelas dan ketenangan.

Misalnya: Tantang diri Anda untuk tidak memutuskan kontak mata saat berbicara dengan orang lain. Pastikan untuk tidak menatap, cukup berikan perhatian penuh dengan sopan, kepada orang yang Anda ajak bicara. Cobalah untuk menahan keinginan memeriksa jam tangan Anda, melihat ponsel Anda, atau mengalihkan pandangan Anda untuk memindai lebih banyak ‘orang penting’.

2. Keyakinan

Keyakinan berjalan menuju pertemuan dengan prospek, dan mengetahui Anda akan menutup penjualan. Tapi ini bukan hanya perasaan, ini adalah cara Anda menampilkan diri Anda kepada dunia. Misalnya, berbicara dengan jelas dan perlahan merupakan tanda bahwa Anda yakin dengan apa yang Anda katakan. Kehadiran dan Kepercayaan Diri Anda berjalan seiring. Jika prospek melihat betapa yakinnya Anda, mereka akan cenderung membuat kesepakatan.

Ini juga berlaku untuk karyawan. Dengan menunjukkan keyakinan Anda pada mereka, mereka pun menjadi punya kepercayaan diri. Karyawan yang percaya diri adalah aset sangat berharga di perusahaan Anda. Dan, Anda dapat memperkuat kepercayaan diri mereka dengan menunjukkannya dalam kepemimpinan Anda.

3. Komunikasi

Bersosialisasi adalah salah satu hal terbaik, yang dapat Anda lakukan sebagai CEO bisnis Anda. Kuasai seni berjejaring dan gunakan keterampilan itu ke mana pun Anda pergi. Jadilah nyaman berbicara dengan orang asing, dan memulai percakapan dengan orang yang tidak Anda kenal sebelumnya.

Keterampilan Komunikasi Kepemimpinan, ini berakar pada Kepercayaan Diri. Cara Anda berkomunikasi, menggunakan bahasa tubuh (non-verbal) dan lisan (verbal), dipengaruhi oleh seberapa tinggi percaya diri Anda.

Keterampilan Komunikasi Anda sebagai CEO, penting untuk tujuan jaringan, juga untuk acara berbicara di depan umum atau public speaking. Artinya, sebagai CEO, Anda harus mampu berbicara di depan umum dan melakukan presentasi secara baik.

Penting juga untuk berkomunikasi dengan karyawan Anda. Pastikan mereka nyaman berbicara dengan Anda dan mengajukan pertanyaan. Mereka harus menghormati Anda sebagai Bos mereka, tetapi jangan sampai menjadi takut untuk berbicara dengan Anda secara pribadi.

Banyak Eksekutif paling sukses yang mempraktikkan jaringan dengan karyawan mereka, dan sebagai hasilnya, budaya percaya diri muncul. Bill Marriott dari Marriott Hotels, biasa membawa pulpen dan kartu catatan ketika dia mengunjungi hotel, dan dia akan dengan hati-hati menuliskan nama dan saran dari setiap karyawan yang dia temui, mulai dari General Manager hingga Housekeeper.

Untuk mempraktikkan komunikasi efektif, jadikanlah tujuan untuk terlibat dalam grup jaringan lokal, dan berkomitmen untuk acara jaringan dan percakapan / presentasi sebagai prioritas utama. Selain itu, jika Anda kesulitan berbicara di depan umum, pertimbangkan untuk bergabung dengan SWASTIKA PRIMA Coaching-Training-Consulting, lembaga tempat Anda dapat berlatih dan mempraktikkan keterampilan berbicara di depan umum atau public speaking dengan baik.

4. Menggerakkan dan Mengarahkan

Jika Anda tidak tahu ke mana Anda akan pergi, bagaimana Anda berharap bisa pergi ke mana saja? Tetapkan tujuan untuk bisnis Anda dan capai tujuan tersebut dengan semua yang Anda miliki.

Pastikan karyawan Anda memahami visi yang Anda miliki. Hal ini akan membantu mereka dalam melaksanakan proyek dengan cara yang Anda inginkan, dan juga dapat menanamkan visi di dalam kinerjanya. Jika karyawan Anda paham visi Anda, itu akan memberi mereka arah dan tanggung jawab yang lebih kuat. Penting bagi karyawan Anda untuk memahami, betapa pentingnya mereka sebagai bagian dari perusahaan Anda.

Misalnya, rencanakan untuk mengumpulkan karyawan Anda satu atau dua kali setahun, untuk membahas visi yang mereka miliki, untuk masa depan perusahaan. Izinkan karyawan untuk membicarakan tentang di mana mereka ingin berada dalam karier mereka, dan mendiskusikan bagaimana pekerjaan mereka di perusahaan Anda dapat membantu mereka mencapainya. Ini akan secara efektif menyelaraskan visi Anda dan karyawan Anda dalam satu arah.

5. Dapat Dipercaya

Jika Anda tidak mempercayai karyawan Anda, mereka tidak punya banyak alasan untuk mempercayai Anda. Kepercayaan dan Kejujuran adalah faktor penting di tempat kerja yang sukses. Namun, pastikan untuk menjaga keseimbangan dalam kepercayaan Anda. JANGAN TERLALU PERCAYA, karena ini akan membuat orang lebih mudah memanfaatkan Anda. Tapi sama sekali tidak mau percaya, sebagai balasannya, menyebabkan tidak ada yang akan mempercayai Anda.

Untuk menemukan keseimbangan, pertimbangkan bahwa bagian dari menjadi dapat dipercaya adalah menjaga kerahasiaan yang sesuai, dan pada saat sama, tidak menyembunyikan kenyataan tentang faktor-faktor yang memengaruhi bisnis Anda.

Salah satu model yang baik untuk membangun kepercayaan dan transparansi dalam bisnis adalah dengan Strategi Manajemen Terbuka. Satu caranya adalah dengan menjadwalkan pertemuan karyawan sebulan sekali, dan mendorong karyawan Anda untuk mengemukakan masalah atau kekhawatiran apa pun. Dengan menyediakan waktu untuk itu, Anda menciptakan kepercayaan diri.

Jika Anda menerapkan 5 Keterampilan Kepemimpinan tersebut ke dalam bisnis Anda, Anda akan berada di depan para pesaing Anda, dan sebagai CEO yang jauh lebih efektif.

Nah Sahabat. Apakah itu cara Anda menampilkan diri kepada pelanggan, cara Anda berinteraksi dengan karyawan, atau seberapa besar kepercayaan yang Anda miliki pada mitra bisnis, semua yang Anda lakukan itu dipengaruhi oleh keterampilan kepemimpinan Anda.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (211 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *