1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 1, 2017 - 6:55 PM

10 Sifat KEPRIBADIAN CEO Sukses

Menjadi CEO membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Ini bukan untuk orang yang lemah hati.

Kepemimpinan yang efektif adalah aspek terpenting dari sebuah perusahaan dan kesuksesan timnya. Tapi apa yang membuat seorang pemimpin efektif?

Seorang CEO harus memiliki ciri-ciri tertentu untuk benar-benar menjadi pemimpin hebat, seperti berikut:

1. Kemampuan untuk belajar dari masa lalu

CEO harus memiliki kemampuan untuk belajar dari pengalaman masa lalu, dan menanamkan pelajaran untuk masa depan. CEO hanyalah manusia biasa. Kesalahan akan terjadi, tetapi penting bagi seorang CEO untuk belajar darinya, guna mencegahnya terjadi lagi.

Misalnya, jika seorang CEO tidak memiliki sistem manajemen krisis yang efektif saat situasi muncul, dia harus mempelajari, apa yang mereka butuhkan untuk referensi di masa mendatang, dan dapat membuat rencana berdasarkan kesalahan yang terjadi pada kali pertama.

2. Keterampilan komunikasi yang kuat

Sebagai seorang pemimpin, CEO butuh keterampilan komunikasi yang kuat. Komunikasi adalah kunci dalam pengaturan apa pun, dan sebagai seseorang yang bertanggung jawab, CEO harus belajar bagaimana berkomunikasi secara efektif, untuk meningkatkan moral bila diperlukan.

Dari memotivasi timnya hingga menyelesaikan proyek tepat waktu, CEO harus mampu mengkomunikasikan, apa yang mereka butuhkan, dari siapa, kapan membutuhkannya, dan bagaimana hal-hal harus dilakukan.

Menurut sebuah studi tentang “Mengembangkan Eksekutif Luar Biasa“, mendapatkan, bahwa Top Eksekutif, secara konsisten transparan dan seimbang dalam komunikasi mereka. Mereka secara efektif menerjemahkan pandangan mereka tentang potensi dan tantangan bisnis, serta ekspektasi tindakan, menggunakan bahasa yang ringkas, langsung dan mudah dimengerti dan mudah dicerna. Mereka juga mencurahkan waktu untuk koneksi mereka.

3. Membangun hubungan

CEO harus memiliki kemampuan untuk membangun hubungan dengan klien dan rekan kerjanya agar berhasil. Hubungan menciptakan loyalitas dan citra bagi CEO dan perusahaan. Hubungan positif juga menciptakan promosi dari mulut ke mulut secara hebat, dan meskipun bisnis Anda mungkin tidak hanya berjalan pada jenis pemasaran itu, namun promosi seperti itu selalu merupakan nilai tambah.

4. Optimisme yang realistis

Penting bagi seorang CEO untuk percaya diri, tetapi tetap realistis dan tidak sombong, tentang keterampilan mereka dan apa yang mereka tawarkan kepada karyawan mereka. Mereka harus tetap sadar dan menghadapi tantangan, sambil tetap berusaha untuk mencapai tujuan utama secara berani.

5. Pemahaman

CEO harus memahami masalah di dalam dan di luar tempat kerja. Karyawan adalah orang dengan kehidupan di luar pekerjaan, dan jika ada keadaan darurat, CEO harus memahami dan membiarkan karyawan tersebut menanganinya. Risiko melakukan kesalahan jauh lebih besar jika seorang karyawan bekerja dan fokus pada hal lain.

CEO juga harus memahami hal-hal yang terjadi di luar kendali siapa pun. Dalam penjualan, terkadang pelanggan tiba-tiba berubah pikiran. Seorang CEO harus memahami dan menerima situasi dan menangani hal-hal dengan pendekatan yang sesuai.

6. Keterampilan mendengarkan

Studi yang sama di atas menyatakan, bahwa Top Eksekutif dibedakan oleh konsistensi yang mereka dengarkan, dan secara aktif mencari ide dan pendapat orang lain. Mereka memasukkan pandangan lain ke dalam rencana mereka untuk memecahkan masalah organisasi.

CEO yang baik harus memiliki kemampuan untuk mendengarkan dengan penuh perhatian. Tidak semua ide yang dimiliki CEO akan bagus, dan tidak semua arah adalah yang benar. Ketika seorang CEO dapat mendengarkan dan mencari ide-ide dari orang-orang yang dipercaya, maka tim dan perusahaan kemungkinan besar akan berhasil.

7. Kesediaan untuk mengambil risiko yang diperhitungkan

Peluang besar, dan terkadang tak terduga sering kali datang dari mengambil risiko. Mengambil risiko yang diperhitungkan, menunjukkan kepercayaan diri dan membantu Anda tumbuh sebagai pemimpin bisnis. Seringkali, keputusan berisiko mungkin membawa Anda ke jalur baru yang penting. Sukses tidak akan diserahkan kepada Anda begitu saja. Kemauan merangkul risiko juga membantu Anda mengatasi rasa takut gagal.

8. Membaca orang dan beradaptasi dengan gaya manajemen yang diperlukan

Salah satu ciri terbesar yang dapat dimiliki CEO adalah kemampuannya untuk membaca orang, dan menyesuaikan gaya manajemen. Tidak semua orang memiliki gaya belajar yang sama, dan jika Anda ingin perusahaan dan karyawan Anda sukses, penting untuk dapat menyesuaikan dengan kebutuhan karyawan Anda.

9. Membina karyawan secara efektif

Sebagai pimpinan perusahaan, Anda menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kolaboratif. Anda tidak hanya mempersiapkan generasi penerus perusahaan Anda, tetapi juga generasi berikutnya dalam bidang pekerjaan Anda. Tugas Anda adalah memberi karyawan Anda alat yang mereka butuhkan untuk sukses. Anda harus bisa mengajar dan melatih dengan cara yang menginspirasi karyawan Anda untuk sukses.

10. Berpikir di luar kotak

Fakta yang jelas, pasar berubah seiring waktu. Penting untuk berpikir di luar kotak, karena terkadang ada cara yang lebih baik untuk mencapai tujuan bisnis. Terkadang, metode sama yang dicoba dan benar, di lain waktu tidak selalu berhasil. Ketika CEO berpikir di luar kotak, itu membuat mereka dan perusahaannya menonjol di mata pelanggan dan prospek.

Ada beberapa faktor lain yang menambah kualifikasi CEO yang baik, seperti pengalaman, tetapi 10 ciri-ciri utama ini akan membuat Anda selalu terdepan. Jika Anda kurang dalam salah satu bidang ini, belajar keterampilan peningkatan pribadi, belajar dari eksekutif lain, atau berinvestasi dalam mentor bisnis, juga cara bagus untuk tumbuh secara pribadi dan profesional.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (212 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *