1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (210 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: November 20, 2017 - 6:10 AM

9 STRATEGI Menjadi CEO Terbaik

Belajar menjadi CEO yang lebih baik adalah kunci bagi pengusaha yang tidak ingin menjadi Manajer, di mana sebagian pengusaha telah mengambil peran manajer tersebut karena ciptaan mereka sendiri.

Bahkan, dengan memahami peran strategis CEO, seorang pengusaha bisa mendapatkan keuntungan dari peningkatan yang konstan.

Berikut ini adalah ringkasan 9 STRATEGI Menjadi CEO Terbaik, dari Program Pelatihan CEO, yang dapat Anda pelajari:

1. Belajar bertanya apa yang penting.

Belajar untuk memiliki tiga prioritas utama pada satu waktu. Tentu, Anda akan selalu memiliki banyak hal kecil. Tapi jangan menjadi korban dari daftar tugas Anda. Kembangkan pertanyaan harian; tanyakan pada diri Anda apa yang paling penting setiap hari.

2. Fokus pada nilai pemangku kepentingan (stake holder value).

Sangat mudah untuk terlalu asyik dengan hasrat Anda, pada apa yang Anda lakukan dan melupakan apa yang harus Anda lakukan sebagai CEO, yaitu mendorong nilai pemangku kepentingan. Ciptakan nilai untuk pelanggan Anda, nilai untuk tim Anda dan nilai untuk pemegang saham Anda.

3. Mampu Bercerita.

Cara terbaik untuk menyampaikan pesan Anda adalah melalui Bercerita atau Storytelling. Jangan gunakan kata kunci, obrolan kelas atas, dan bahasa perusahaan yang berat. Jaga agar tetap manusiawi, ringan dan lucu. Anda perlu memikat tim Anda, pelanggan Anda, pemegang saham Anda. Orang-orang berhubungan dengan cerita, bukan kata kunci.

4. Miliki tujuan yang kuat.

Tanyakan pada diri Anda: jika bisnis Anda menghilang besok, apakah itu penting? Kepada siapa? Dan mengapa? Buat perbedaan bagi dunia. Tujuan yang kuat, memungkinkan orang untuk mewujudkan impian mereka menjadi bos bagi diri sendiri dan membangun bisnis mereka dari nol.

5. Jadilah penjaga gerbang.

Jangan bingung antara delegasi dengan penjaga gerbang. Anda harus menjadi penjaga gerbang utama di perusahaan Anda, karena Andalah yang menentukan dan menetapkan standar perusahaan Anda. Orang-orang akan mendorong Anda untuk mengkompromikan standar Anda demi bergerak lebih cepat, atau demi kebebasan lebih. Jangan tertipu oleh kompromi, dan tetap jujur pada diri sendiri.

6. Tetapkan tujuan yang tinggi. Jangan mulai dengan tujuan kecil.

Anggota tim Anda akan sering meminta Anda untuk memulai tujuan dari yang kecil. Jika Anda memulai dari yang kecil, Anda tetap kecil! Mulailah dengan tujuan yang besar, dan tetapkan tujuan besar secara berani. Jika Anda menetapkan tujuan yang rendah, tentu Anda akan menjadi baik dari yang terbaik.

Buatlah tim Anda berpikir dan bekerja melebihi batas mereka. Mereka mungkin mengeluh bahwa Anda berharap terlalu banyak, tetapi pada akhirnya mereka akan berterima kasih untuk itu. Tidak ada imbalan yang lebih besar, daripada membantu karyawan Anda mencapai apa yang mereka pikir tidak dapat dicapai.

7. Refleksikan diri dan tingkatkan.

Jangan bingung antara kepercayaan diri dengan refleksi diri. CEO hebat sangat reflektif dan lebih menuntut diri sendiri. Jangan meragukan diri Anda sendiri di depan tim Anda. Ragukan diri Anda sendiri saat pulang dan bercermin. Cari tahu apa yang dibutuhkan tim Anda dari Anda. Jika Anda tidak naik setiap hari, Anda akan tetap stagnan.

8. Layani orang lain.

Tugas Anda sebagai CEO adalah melayani orang lain, lebih dari mereka melayani Anda. Berhentilah memikirkan apa yang Anda butuhkan dari orang lain dan tanyakan apa yang mereka butuhkan dari Anda. Cari tahu apa yang dibutuhkan pelanggan Anda, apa yang dibutuhkan tim Anda, dan apa yang dibutuhkan pemegang saham Anda. Kemudian bantu mereka mewujudkannya.

9. Kembangkan kekuatan mental.

Menjadi CEO sebuah bisnis, terutama jika Anda pendirinya adalah ibarat roller coaster emosional. Anda akan mengalami saat-saat yang sangat rendah. Jangan biarkan tekanan emosional menghancurkan Anda. Orang-orang akan membaca Anda lebih baik dari yang Anda pikirkan. Dan jika mereka mencium kerentanan dan kelemahan Anda, itu artinya Anda harus cepat berbenah dan bangkit dengan kekuatan lebih besar.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (210 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *