1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (172 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...
Published on: December 20, 2017 - 5:00 AM

Cara Menjadikan KEUNGGULAN Sebagai KEBIASAAN

Kita adalah apa yang kita lakukan berulang kali. Saya percaya kebiasaan kita menjadi bagian dari karakter kita.

Jika Anda bertujuan untuk mencapai kesempurnaan dalam hidup, mengembangkan kebiasaan baik, sangatlah penting untuk mencapai tujuan Anda.

Pikirkan seperti ini: Kebiasaan baik adalah langkah progresif menuju keunggulan secara keseluruhan. Dan, jika itu sebuah kebiasaan, Anda tidak perlu memikirkannya. Ini menjadi otomatis, dan pemimpin bisnis dengan memiliki keterbatasan waktu, dapat meluangkan waktunya untuk hal-hal yang lebih mendesak.

Apalagi kebiasaan itu bisa dibagi. Memecahnya menjadi beberapa bagian adalah kuncinya. Melakukan hal itu akan memungkinkan fokus pada apa yang terbatas, konkret, dan dapat dilakukan, Kemudian, setiap kebiasaan dapat diambil secara bergantian, mencapai dan menyempurnakan satu demi satu.

Lantas, bagaimana cara Anda mencapai kebiasaan positif? Pertama-tama, Anda perlu memahami apa sebenarnya kebiasaan itu.

Kebiasaan itu apa toh?

Kebiasaan adalah kecenderungan atau praktik yang diulangi, seringkali tanpa disengaja. Untuk menambah definisi itu, dalam The Power of Habit, penulis Charles Duhigg memperkenalkan Konsep Lingkaran Kebiasaan, yang mengatur kebiasaan Anda dan terdiri dari Tiga Elemen:

  • Isyarat: pemicu, yang mengaktifkan putaran pengulangan
  • Rutinitas: tindakan atau respons otomatis
  • Imbalan: imbalan positif, yang memberi tahu otak Anda bahwa putaran itu layak untuk diulangi

Lingkaran Kebiasaan hampir sepenuhnya tidak disengaja. Misalnya, mungkin Anda memiliki kebiasaan menunggu hingga saat terakhir untuk memenuhi tenggat waktu. Mungkin setiap kali Anda duduk untuk mematuhinya, Anda malah berselancar di internet.

Contoh dari Tiga Elemen Lingkaran Kebiasaan ini adalah:

  • Isyarat: melihat browser internet di desktop komputer atau smartphone Anda
  • Rutinitas: mengklik ikon browser internet
  • Imbalannya: mengobrol dengan teman-teman Anda di berbagai saluran media sosial, dan mendapat informasi lengkap

Tingkah laku ini tentunya bukan cara produktif untuk bertindak, dan jika kita mengulanginya, itu adalah kebiasaan buruk. Tantangannya adalah mengganti lingkaran itu dengan kebiasaan positif melalui konsep yang disebut “Lingkaran Sikap Keunggulan”.

Lingkaran Sikap Keunggulan atau bahasa asalnya, The Excellence Attitude Loop adalah proses yang dimulai dengan “Keunggulan” sebagai tujuan akhir dan bekerja mundur, meneliti ke belakang.

Ini membantu Anda mengidentifikasi dengan tepat, langkah apa yang perlu Anda ambil untuk peningkatan diri. Setelah Anda memisahkan langkah-langkah yang diperlukan, Anda dapat mengetahui kebiasaan mana yang akan mendukung dan memupuknya.

Mengembangkan Lingkaran Sikap Keunggulan

Langkah awal dalam menggantikan kebiasaan buruk adalah memberi TINDAKAN BARU yang diinginkan, dan NAMA yang mendeskripsikannya. Misalnya, jika Anda memiliki kebiasaan buruk untuk menunda-nunda, Anda dapat menyebut tindakan yang Anda inginkan sebagai “Penuhi Tenggat Waktu”, dan berjanji pada diri sendiri, “Saya akan menyelesaikan semua proyek, setidaknya satu hari sebelum tenggat waktu.”

Kemudian, Anda perlu menciptakan cara baru dalam bertindak, lengkap dengan isyarat, rutinitas, atau penghargaan atau imbalan baru. Hanya menginginkan diri Anda untuk meninggalkan kebiasaan lama yang buruk, dan menggantinya dengan yang baru, kebiasaan baik, tidaklah cukup.

Ini seperti Pegolf yang menggunakan instruktur untuk membantunya membuat ayunan lebih baik. Pegolf tidak perlu terus berlatih mengayunkan tongkatnya dengan teknik yang sama. Mereka perlu melakukan sesuatu yang baru untuk memperbaiki ayunannya, seperti menyewa seorang instruktur, untuk membantunya mengganti lingkaran kebiasaan lama. Anda mungkin tidak membutuhkan bantuan dari luar, tetapi jika Anda memiliki kebiasaan buruk, Anda pasti perlu melakukan sesuatu yang berbeda.

Setelah Anda menamai kebiasaan baru Anda dan menetapkan paradigmanya, Anda dapat memikirkan hasilnya. Kenapa tepatnya, Anda melakukan semua ini? Jika tidak ada yang langsung terlintas dalam pikiran, berpikirlah lebih keras. Jika tidak ada imbalan, Anda mungkin tidak akan berhasil membangun kebiasaan yang lebih baik.

Untuk menggabungkan semua ini, mari kita lihat Contoh Penundaan. Lingkaran Kebiasaan Baru Anda menuju Keunggulan, mungkin juga termasuk hal yang Anda tunda pelaksanaannya:

  1. Membuat isyarat baru, dengan meletakkan ikon baru pada desktop, atau smartphone Anda, yang akan membawa Anda ke proyek Anda.
  2. Membuat rutinitas baru, dengan mengklik ikon proyek atau tugas, alih-alih ikon browser internet.
  3. Menentukan hadiah atau imbalan, dengan mengobrol bersama kolega Anda tentang kemajuan yang Anda buat dalam proyek Anda, dan menanyakan kemajuan mereka, sambil merasa bangga bahwa Anda memenuhi komitmen Anda, dan berkontribusi pada keseluruhan keunggulan Anda.

Anda dapat melihat pada contoh di atas, bagaimana sikap keunggulan memutus lingkaran kebiasaan lama dan menjadi kebiasaan baru yang positif.

Nama ilmiah untuk modifikasi perilaku ini adalah NEUROPLASTISITAS atau NEUROPLASTICITY, yang merupakan kemampuan otak Anda untuk membentuk baru dan mengatur ulang koneksi sinaptik yang ada.

Neuroplastisitas telah dipelajari secara ekstensif, dan ada banyak bukti bahwa Anda tidak akan terjebak dengan kebiasaan lama yang buruk. Karena itu, yakinlah bahwa Anda dapat memulai perubahan, dan menghilangkan kebiasaan yang tidak membantu Anda selama bertahun-tahun, dengan kebiasaan positif yang membuat Anda unggul.

Jika Anda berhasil mengubah kebiasaan kecil, sederhana, negatif, maka Anda akan mampu untuk mengganti kebiasaan yang lebih berpengaruh dan rumit. Misalnya, Anda dapat mendengarkan alih-alih menyela, berempati alih-alih tidak peka, menerapkan pembelajaran alih-alih hanya mengumpulkan informasi baru.

Ingat, prasyarat untuk mengubah kebiasaan negatif kecil atau besar adalah menyadari fakta bahwa kebiasaan ini bukan milik dari sikap ksunggulan Anda.

Menggunakan Lingkaran Sikap Keunggulan untuk mencapai KEUNGGULAN, secara keseluruhan akan membawa kesadaran dan dimensi baru dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda; dan akan memungkinkan Anda untuk berkembang tidak seperti sebelumnya.

Nah Sahabat. Jika tujuan akhir Anda adalah menjadi versi terbaik yang Anda bisa, gunakan Lingkaran Sikap Keunggulan Anda setiap hari.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (172 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *