Wirausaha Sukses Mandiri

Motivational and Inspirational

 - 

Join now: 

Register

 | 

Login

logo

12 Cara Tetap Termotivasi Selama Masa-Masa Sulit

12 Cara Tetap Termotivasi Selama Masa-Masa Sulit

Sukses tidak pernah datang dengan mudah. Tidak peduli apa tujuan Anda, Anda dapat menghadapi tantangan saat Anda mengejarnya.

Dibutuhkan motivasi untuk terus berjalan ketika segala sesuatunya menjadi sulit. Inilah sebabnya, mengapa mereka yang paling termotivasi sering menjadi yang paling sukses.

Berikut adalah 12 Langkah yang dapat Anda lakukan setiap hari, untuk membantu Anda tetap termotivasi ketika segala sesuatunya menjadi sulit:

1. Tampilkan tujuan Anda di dinding Anda

Letakkan tujuan Anda secara tertulis, dan letakkan di dinding tempat Anda akan sering melihatnya. Di papan tulis di rumah atau kantor Anda (atau keduanya) sangat ideal. Tinjau tujuan Anda setiap pagi dan setiap malam, dan pandanglah sesering mungkin sepanjang hari. Jika Anda seorang yang visual, Anda mungkin merasa efektif untuk menggunakan gambar. Misalnya, gambar mobil impian Anda atau tujuan liburan yang ingin Anda kunjungi. Ingat, jika tujuan Anda tidak membuat Anda bersemangat dan menantang Anda, mereka mungkin tidak cukup besar. Mungkin sudah waktunya untuk membuat beberapa yang baru.

2. Tulis prioritas Anda untuk hal pertama di pagi hari

Salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan setiap pagi adalah duduk dan buat daftar kegiatan penting, yang perlu Anda selesaikan untuk hari itu. Buat daftar sesuai urutan prioritas, dan mulailah yang paling penting terlebih dahulu (terutama jika itu yang paling sulit). Kesalahan besar yang dilakukan kebanyakan orang adalah tidak mengatur waktu dan memprioritaskan kegiatan mereka untuk hari itu. Sebagai gantinya, mereka menghabiskan hari itu menanggapi segala sesuatu yang dilemparkan kepada mereka. Alih-alih menjadi proaktif tentang apa yang harus mereka capai, mereka menjadi reaktif terhadap kebutuhan semua orang.

3. Dengarkan konten audio yang menginspirasi

Sepanjang hari ada banyak peluang untuk mendengarkan sesuatu yang positif. Anda dapat mendengarkan sesuatu saat Anda memasak, membersihkan rumah, mengendarai mobil, berolahraga di gym, atau jogging di sekitar lingkungan Anda. Unduh versi audio beberapa buku favorit Anda, atau berlangganan beberapa podcast tentang subjek favorit Anda. Mendengarkan 30-60 menit per hari konten edukasi atau inspiratif akan memiliki dampak luar biasa pada kehidupan dan produktivitas Anda dalam jangka panjang.

“Orang sering mengatakan bahwa motivasi tidak bertahan lama. Yah, tidak juga mandi - itu sebabnya kami merekomendasikannya setiap hari.” - Zig Ziglar

4. Baca sebelum tidur

Cara yang bagus untuk melepas lelah di akhir hari yang panjang adalah membaca beberapa halaman tentang sesuatu yang positif dan mendidik, sebelum Anda tidur. Melakukan hal ini juga membantu mengalihkan pikiran Anda dari masalah atau tantangan yang Anda temui di siang hari. Setelah Anda membaca beberapa halaman, luangkan beberapa menit untuk merenungkan apa yang baru saja Anda pelajari, dan pikirkan setidaknya satu langkah tindakan, yang dapat Anda ambil segera, untuk menangani masalah atau tantangan yang Anda hadapi dengan lebih baik.

5. Jangan biarkan diri Anda mengeluh

Pada saat tertentu, Anda dapat memiliki sikap positif atau sikap negatif. Ada banyak daerah abu-abu di antara keduanya. Menolak membiarkan diri Anda mengeluh akan cukup banyak menghilangkan sikap negatif yang Anda miliki. Trik sederhana ini pada dasarnya memaksa Anda untuk tetap positif dan optimis. Setiap kali Anda mendapati diri Anda akan mengeluh tentang sesuatu, hentikan diri Anda dan pikirkan sesuatu yang Anda syukuri.

6. Dapatkan mitra yang bertanggung jawab

Panggilan harian atau bahkan mingguan dengan teman dekat atau rekanan telah terbukti menjadi cara yang efektif untuk tetap berada di jalurnya bagi banyak orang. Tujuan dari panggilan ini adalah untuk memeriksa dan mengonfirmasi bahwa teman Anda tetap fokus dan masih berada di jalur untuk mencapai apa pun tujuan mereka saat itu. Baik itu dilakukan secara teratur, mencari bisnis baru, mengerjakan proyek tertentu, tujuan panggilan itu adalah untuk membuat mereka bertanggung jawab atas komitmen mereka. Anda melakukannya untuk mereka, dan mereka melakukannya untuk Anda. Ini bekerja dua arah.

7. Jangan memusingkan hal-hal kecil

Ingin tahu beberapa rahasia kebahagiaan? Inilah mereka: Jangan khawatir tentang hal-hal yang tidak bisa Anda kendalikan.
Jangan utamakan dalam hal-hal kecil. Pilih pertempuran Anda dengan bijak.
Jangan berdebat tentang hal-hal kecil. Jika sesuatu benar-benar penting bagi Anda, berikan perhatian Anda. Jika tidak, biarkan saja. Terkadang lebih penting untuk bahagia daripada menjadi benar.

8. Habiskan lebih banyak waktu dengan orang-orang positif

Lebih memperhatikan siapa yang Anda izinkan berada di sekitar Anda. Habiskan waktu Anda dengan orang-orang yang positif, dan yang mendorong kesuksesan Anda. Minimalkan jumlah waktu yang Anda habiskan bersama orang-orang yang terus-menerus mengeluh atau bersikap negatif. Anda tidak dapat mengubah orang negatif, tetapi mereka akan mengubah Anda, jika Anda bertahan cukup lama di sekitar mereka.

“Terima tantangan sehingga kamu bisa merasakan kegembiraan kemenangan.” - George S. Patton

9. Ucapkan afirmasi positif

Afirmasi positif adalah pernyataan yang Anda ucapkan dengan keras. Buat daftar pernyataan positif yang mencerminkan nilai-nilai, cita-cita, dan keyakinan yang ingin Anda kembangkan dan / atau junjung tinggi. Setiap kali Anda merasa frustrasi atau kurang percaya diri, luangkan waktu sejenak untuk melafalkan afirmasi Anda. Mungkin terdengar klise, tetapi ini terbukti berhasil. Anggap saja sebagai pengondisian pikiran Anda untuk sukses.

10. Hadiahi diri Anda untuk membuat kemajuan

Jangan pernah lupa untuk menghargai diri sendiri karena membuat kemajuan. Hancurkan sasaran besar Anda menjadi yang lebih kecil, dan setiap kali Anda mencapai salah satu itu, rayakan. Itu tidak harus menjadi perayaan besar, pastikan Anda melakukan sesuatu. Setiap kesuksesan, bahkan yang kecil, patut dirayakan. Seringkali merupakan serangkaian keberhasilan kecil yang membuka jalan bagi kesuksesan besar. Jika Anda hanya merayakan yang besar, Anda bisa pergi dalam waktu lama tanpa merayakan apa pun, dan ini dapat berdampak negatif pada motivasi Anda. Kemajuan tambahan tetap masih merupakan kemajuan. Beri diri Anda pengakuan yang layak Anda dapatkan.

11. Carilah peluang di setiap masalah

Berlatihlah menjadi orang yang dapat menemukan keuntungan tersembunyi dalam setiap situasi yang tampaknya negatif. Sementara semua orang fokus pada masalah, tetaplah fokus untuk menemukan solusi. Seperti yang pernah dikatakan Napoleon Hill: “Setiap kegagalan, setiap kesulitan, setiap sakit hati membawa benih yang memiliki manfaat sama atau lebih besar.” Selalulah mencari manfaatnya.

“Kegagalan tidak akan pernah menyalip saya jika tekad saya untuk berhasil cukup kuat.” - Og Mandino

12. Tahu apa yang Anda perjuangkan

Terakhir, untuk tetap termotivasi melalui masa-masa sulit adalah selalu tahu apa yang Anda perjuangkan. Setiap kali Anda dihadapkan dengan tantangan, pikiran Anda akan menuntut alasan penderitaan Anda. Lebih baik Anda memiliki respons yang jernih, karena jika tidak, pikiran Anda akan meyakinkan Anda untuk berhenti. Kita semua memiliki 2 suara di kepala kita. Satu suara berkata, “Ini terlalu sulit. Ini tidak nyaman. Saya harus berhenti!” Yang lain mengatakan, “Ya ini menantang, tetapi itu tidak akan sia-sia. Teruskan!” Anda perlu memberi alasan kedua pada suara kedua itu untuk berbicara. Mengapa Anda melakukan apa yang Anda lakukan? Buatlah daftar alasan Anda dan jangan pernah melupakannya.

Nah Sahabat, apa hal-hal yang membuat Anda termotivasi untuk terus berjalan menggapai impianmu?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Comments

Comments are disallowed for this post.

Type in your comments to post to the forum
Name  required
E-Mail  required
Website

Comments


You must be logged in to post a
video comment.

Search

Video