1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (219 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 September, 2018 - 6:00 AM

5 Cara Menangkal Kebosanan dan Tetap Fokus

Keingintahuan adalah sifat alami manusia dan wajar jika manusia akan kehilangan minat pada suatu topik setelah beberapa saat. Ini telah menjadi topik yang telah dieksplorasi secara luas di kalangan anak-anak, remaja dan orang dewasa oleh para ahli. Karena itu, pikiran manusia rentan terhadap kebosanan, sehingga penting bagi setiap profesional meluangkan waktu untuk memahami faktor-faktor yang mendorong kebosanan, dan strategi yang perlu digunakan individu untuk mengatasi kebosanan, dan fokus pada profesi dan pengembangan diri mereka.

Apa itu kebosanan dan siapa yang rentan terhadapnya?

Kebosanan mengacu pada situasi di mana seseorang secara terus-menerus melakukan tugas yang sama atau serupa, yang menyebabkan mereka kehilangan minat terhadap tugas itu. Kebosanan pasti terjadi di antara setiap orang, tetapi ada berbagai faktor yang memengaruhi kebosanan, sehingga penting untuk meneliti dan memahaminya.

Setiap orang cenderung bosan saat melakukan tugas, membuatnya penting untuk meninjau rutinitas Anda, dan mengembangkan tugas-tugas alternatif. Ini penting karena Anda mungkin harus melakukan tugas secara terus-menerus atau berulang kali, karena itu menjadi tanggung jawab, rutinitas, atau profesi Anda.

Dalam situasi semacam ini, Anda tidak bisa begitu saja meninggalkan tugas, tetapi perlu mengidentifikasi kegiatan yang akan mengalihkan perhatian Anda dan menyegarkan pikiran Anda. Ini membantu menyegarkan pikiran Anda, memungkinkan Anda untuk memfokuskan kembali perhatian pada tugas dan menyelesaikannya. Gagal mengembangkan minat alternatif pasti akan mengakibatkan Anda kehilangan fokus, yang akan mengarah pada kesalahan serius.

Bagaimana mengatasi kebosanan?

Kebosanan menyebabkan kecemasan dan stres, karena individu hanya kehilangan minat dengan tugas peran pekerjaan. Ada berbagai strategi untuk mengatasi kebosanan yang dibahas di bawah ini. Masing-masing menargetkan pemangku kepentingan yang berbeda, sehingga membantu menciptakan kesadaran tentang topik keseluruhan.

“Fokus pada kemungkinan untuk sukses, bukan pada potensi kegagalan.” – Napoleon Hill

1. Bersikap ingin tahu dan selalu ingin tahu

Keingintahuan dalam kehidupan adalah rasa penasaran dan ingin tahu lebih banyak, saat Anda memperoleh pengetahuan terkait berbagai topik, sehingga membantu memperluas pemahaman Anda. Keingintahuan, memungkinkan seseorang untuk mengeksplorasi berbagai subjek, yang penting untuk mengalihkan pikiran dan membantu mempertahankan minat dengan suatu tugas.

Ini sangat penting saat melakukan tugas yang panjang dan melelahkan, yang dalam waktu lama juga bisa melelahkan secara mental. Jika Anda memiliki rasa ingin tahu terhadap tugas yang berbeda, Anda dapat terus memeriksa pembaruan atau teknik yang akan membantu Anda mengalihkan pikiran bosan, kemudian kembali ke tugas.

2. Terus belajar tugas baru

Belajar tidak pernah berakhir dan Anda tidak boleh berhenti belajar, jika Anda berharap untuk mengatasi kebosanan. Mampu mengambil tantangan adalah hal penting, yang akan membantu Anda menghilangkan kebosanan saat bekerja.

Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan tugas rutin Anda, juga memungkinkan Anda untuk terus belajar atau menguji keterampilan Anda ketika kejenuhan memengaruhi Anda. Penting untuk memastikan, Anda tidak terlalu menikmati pembelajaran atau hobi Anda, karena hal itu dapat memengaruhi target kinerja Anda. Juga, pastikan Anda memberi tahu atasan atau pimpinan tim tentang strategi kerja Anda, untuk menghindari konflik di tahap selanjutnya.

3. Istirahat dan jernihkan pikiran

Kebosanan pasti terjadi saat berpartisipasi pada tugas rutin setiap hari. Anda juga dapat mengadopsi strategi untuk mengambil istirahat pendek dan menjauh dari tempat kerja Anda, untuk membantu menjernihkan dan mengalihkan pikiran Anda.

Istirahat sangat efektif untuk mengalihkan pikiran, tetapi memakan waktu, sehingga membuat strategi pemberantasan kebosanan ini kurang efektif bagi para profesional yang bekerja dan diharapkan untuk memenuhi target kerja mereka.

“Prajurit yang sukses adalah manusia biasa, dengan fokus seperti laser.” – Bruce Lee

4. Ubah peran dan tanggung jawab

Kebosanan adalah kenyataan. Faktanya setiap karyawan biasa memahami pengaruhnya terhadap kinerja, dan dapat memilih untuk mengembangkan strategi mitigasi. Salah satu strategi efektif yang membantu mengatasi kebosanan di tempat kerja adalah mengubah peran dan tanggung jawab staf. Melakukan tugas sama setiap hari pasti akan menyebabkan kebosanan, sehingga manajemen harus memiliki strategi mitigasi yang efektif untuk mengatasinya.

Strategi yang efektif untuk mempertahankan minat dan fokus di tempat kerja adalah bertukar peran pekerjaan. Ini membantu mengalihkan perhatian individu dari rutin ke tugas baru, yang akan membantu meningkatkan kinerja.

5. Pertimbangkan tidur siang

Tidur siang, tidak dianjurkan oleh sebagian besar organisasi, tetapi penelitian mengungkapkan bahwa membiarkan staf tidur siang akan menenangkan pikiran dan membantu meningkatkan konsentrasi, sehingga secara otomatis mengurangi kebosanan. Tidur siang ini mengacu pada tidur siang singkat, terutama setelah makan siang.

Ini penting karena orang cenderung sangat mengantuk dan lelah antara jam 2 dan 4 sore, karena mereka telah makan siang, dan sebagian besar darah mereka terkonsentrasi di perut mereka. Itu wajar bagi orang untuk merasa mengantuk dan kehilangan konsentrasi, setelah makan siang, yang secara otomatis memengaruhi kinerja mereka. Tidur siang yang kuat memungkinkan tubuh individu untuk beristirahat setelah makan siang, sehingga memungkinkan mereka untuk lebih fokus pada pekerjaan mereka setelah bangun.

Fokus, tetap sebagai hal yang vital bagi kinerja, tetapi sering diabaikan dalam pengejaran untuk memenuhi target. Dalam perspektif jangka panjang, kurangnya konsentrasi dan fokus akan mengakibatkan berkurangnya produktivitas, yang akan berdampak negatif pada kinerja individu atau organisasi. Oleh karena itu, penting bagi semua pemangku kepentingan untuk menyadari masalah ini, karena berdampak pada kinerja, terlepas dari tindakan peraturan ketat yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini.

Nah Sahabat… Strategi apa yang Anda gunakan untuk tetap fokus?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (219 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *