1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (113 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 10 December, 2018 - 10:00 AM

4 Strategi Menemukan JATI DIRI Lagi

Ada banyak keuntungan kita bisa saling terhubung karena teknologi saat ini. Dengan cepat dan mudah, kita bisa terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia. Bisnis telah menjadi lebih global, informasi dan pembelajaran pun jadi semakin mudah diperoleh.

Namun, ada juga beberapa kerugian di dunia seperti sekarang ini. Ada satu hal, menurut saya akan menjadi masalah, yang semakin besar dari hari ke hari; itu adalah orang-orang KEHILANGAN JATI DIRI mereka sendiri.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang saya maksud dengan “kehilangan jati diri sendiri”. Baiklah, izinkan saya menjelaskannya. Sekarang ini, orang-orang dipengaruhi oleh kekuatan dari luar dirinya, melalui hal-hal seperti media sosial. Dan karena itu, kita telah jatuh ke dalam Budaya Perbandingan, di mana setiap orang berusaha menjadi seperti orang yang mereka kagumi.

Masalahnya adalah, dalam proses melakukan itu, orang-orang menciptakan kehidupan yang tidak benar-benar mereka nikmati, tidak memiliki kebahagiaan dan kepuasan sejati. Kehidupan yang tidak sejalan dengan nilai-nilai inti mereka. Itulah alasan mengapa Anda melihat tren seperti jumlah orang kaya meningkat setiap hari, dan seiring dengan itu, tingkat depresi pun meningkat. Kabar baiknya adalah, Anda bisa menemukan dan terhubung kembali dengan jati diri sendiri.

Jika Anda menghadapi perasaan tidak bahagia dan merasa terputus dari kehidupan yang ingin Anda jalani, teruslah membaca artikel ini, untuk mempelajari 4 Strategi Menemukan Jati Diri Anda lagi:

1. Tanyakan kepada mereka yang paling mengenal Anda

Tidak ada sumber daya dalam kehidupan ini yang lebih besar daripada hubungan. Kehidupan yang dijalani dengan baik adalah kehidupan yang dipenuhi dengan hubungan yang bermakna.

Ketika kita menyusuri jalan perubahan dan transformasi ke arah yang salah, menjadi sulit untuk menarik kembali diri kita sendiri. Di situlah hubungan yang bermakna akan berguna, dalam proses menemukan kembali jati diri sendiri.

Strategi untuk menemukan diri Anda kembali ini adalah dengan bertanya kepada orang-orang yang paling mengenal Anda. Orang-orang ini cenderung mengenal Anda yang “sebenarnya”. Mereka dapat memberi Anda wawasan atau pencerahan, tentang beberapa bagian diri Anda yang mungkin terkubur di bawah “semua sampah yang menumpuk” selama bertahun-tahun.

Mengajukan pertanyaan terbaik kepada orang-orang yang mengenal Anda, tentang kekuatan, nilai, dan tujuan hidup Anda, dapat membantu Anda menemukan kembali siapa diri Anda, apa yang Anda hargai, dan apa yang harus Anda lakukan di dunia ini.

“Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang Anda pelajari di sekolah. Tetapi jika Anda belum mempelajari arti persahabatan, Anda benar-benar belum belajar apa-apa.” – Muhammad Ali

2. Keluar dari Media Sosial

Seperti yang saya sebutkan di atas, media sosial adalah alat luar biasa yang memiliki begitu banyak aspek luar biasa. Tapi, itu juga bisa menjadi penyebab utama untuk kompleks identitas, dan hilangnya jati diri sendiri.

Dampak negatif yang muncul dari keterlibatan penggunaan media sosial yang terus-menerus, adalah berkembang biaknya rasa tidak aman, dan / atau bernafsu ingin menjadi seperti orang lain dalam menjalani kehidupannya. Jadi, cara yang bagus untuk terhubung kembali dengan diri sendiri adalah keluar dari media sosial.

Pikirkanlah contoh metafora ini; jika Anda seorang pecandu alkohol, Anda tidak bisa nongkrong di bar, dan berharap untuk menghilangkan kecanduan alkohol Anda. Yah, setidaknya jika Anda memiliki harapan tinggi untuk sukses, bebas dari kecanduan alkohol, Anda tidak akan melakukan nongkrong di bar. Nah, demikian juga dengan kecanduan media sosial, Anda perlu detoksifikasi yang baik untuk keluar dari media sosial.

Diperkirakan rata-rata orang dewasa menghabiskan lebih dari 150 menit sehari di media sosial. Jika Anda memiliki waktu ekstra untuk melakukan strategi lain, bayangkan betapa baiknya Anda menemukan jati diri Anda lagi.

3. Masuk kembali ke alam

Jika Anda merasa tersesat dan terputus, cara terbaik untuk menemukan jati diri Anda adalah dengan sejenak memperlambat aktivitas, diam, dan masuk ke dalam sanubari untuk terhubung kembali dengan pikiran dan perasaan Anda. Masalahnya adalah, kita hidup dalam masyarakat yang hiruk-pikuk, dan mengagungkan kesibukan.

Karena kebanyakan orang hidup seperti itu, menemukan waktu untuk ketenangan, diam, dan masuk ke dalam sanubari untuk mencari jawaban, tampaknya mustahil. Bagi kebanyakan orang, bepergian lama menjauhi kesibukan, merupakan hari-hari yang memiliki ruang tenang untuk diri mereka sendiri, dan sepenuhnya terputus dari gangguan.

Itulah mengapa strategi hebat berikutnya untuk menemukan diri Anda sendiri adalah dengan kembali ke alam, berlibur masuk ke dalam alam. Terkadang dalam hidup, kita harus memaksa diri sendiri berusaha keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

Nah, jika keheningan dan ketenangan untuk terhubung kembali dengan jati diri Anda adalah yang Anda cari, maka tidak ada tempat yang lebih baik untuk menemukannya selain kembali ke alam. Kesegaran alam, akan menyegarkan pikiran dan perasaan Anda kembali, sehingga terhubung dengan jati diri Anda lagi.

Membawa diri Anda ke luar dari kesibukan, kembali ke alam dan menjauh dari gangguan dunia, menunjukkan bahwa Anda serius dalam menciptakan ruang yang diperlukan untuk menemukan jati diri Anda lagi.

4. Hadiri pelatihan atau pun seminar pertumbuhan dan pengembangan diri

Saya benar-benar percaya bahwa tempat lain yang bagus untuk berhubungan kembali dengan jati diri Anda adalah di pelatihan atau seminar pertumbuhan dan pengembangan diri.

Jika Anda pernah menghadiri salah satu acara ini, Anda tahu bahwa tujuan utamanya adalah membantu orang mengatasi semacam hambatan dalam hidup mereka atau mencapai level baru. Ada dua hal hebat tentang acara ini:

1. Mampu mengeksplorasi keinginan Anda secara lebih dalam.

2. Berada di sekitar lingkungan kondusif positif, dan berhubungan dengan orang yang berpikiran sama.

Peristiwa pertumbuhan pribadi tidak hanya menginspirasi Anda, tetapi juga menghadirkan kesempatan bagi Anda untuk melakukan upaya terbaik pada diri sendiri dan kehidupan Anda secara menyeluruh.

Untuk memperjelas, jenis peristiwa ini bukanlah jenis “perbaikan cepat”, dan tidak boleh diandalkan untuk memperbaiki semua masalah Anda. Tapi, ini forum bagi Anda untuk melepaskan diri dari realitas Anda saat ini, dan mendapatkan perspektif baru tentang kehidupan.

Dan, acara semacam ini menawarkan peluang besar untuk menjalin koneksi. Bahkan lebih baik dari itu, Anda berhubungan dengan jenis orang yang tepat; yang sedang dalam perjalanan pertumbuhan dan pengembangan diri. Hubungan dengan orang yang tepat, dapat menjadi katalis bagi Anda untuk menemukan jati diri Anda lagi. Anda akan dapat menemukan koneksi hebat semacam itu, di acara pelatihan atau pun seminar pertumbuhan dan pengembangan diri.

Jujur saja, merasa terputus dari diri sendiri itu menyebalkan. Jika Anda melakukan empat hal yang saya sebutkan di atas, bertanya kepada orang-orang terdekat Anda, keluar dari media sosial, masuk kembali ke alam, dan menghadiri acara pelatihan pertumbuhan dan pengembangan diri, maka Anda akan merasa jauh lebih mudah untuk terhubung kembali dengan siapa diri Anda dan kembali aktif melanjutkan perjalanan Anda.

Nah Sahabat. Adakah nasihat lainnya untuk orang-orang yang berjuang agar terhubung kembali dengan jati diri mereka, dan kembali berjalan di jalur kehidupan yang benar?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

Twitter: @Wuryanano

Owner SWASTIKA PRIMA Entrepreneur College

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (113 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *