1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (259 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

Published on: 01 February, 2019 - 1:00 PM

11 Sifat Kuat Pemimpin Sukses

Pemimpin sukses adalah kekuatan dan kecerdasan di balik organisasi mereka. Mereka harus tahu, kapan harus mengambil peluang, dan bagaimana mengumpulkan karyawan untuk bekerja keras menuju tujuan perusahaan mereka.

Pemimpin yang efektif melampaui gelar “manajer” atau “bos”. Mereka telah menemukan cara untuk mencapai kombinasi karisma, antusiasme, dan kepercayaan diri yang tepat, mungkin dengan keberuntungan dan waktu yang tepat pula.

Mungkin kelihatannya beberapa orang hanya dibekali dengan keterampilan ini, tetapi kenyataannya, sebagian besar sifat kepemimpinan dapat dipelajari dan dipertajam dengan waktu dan latihan. Anda dapat mulai membangun kesuksesan Anda dengan mengembangkan 11 Sifat yang harus dimiliki oleh seorang Pemimpin yang Kuat dan Sukses.

1. Mengelola Diri Sendiri

Sulit mengelola orang lain secara efektif, jika Anda tidak bisa mengelola diri sendiri. Mengelola diri sendiri berarti mampu memprioritaskan tujuan Anda, dan bertanggung jawab untuk mencapai tujuan tersebut. Sebagai pemimpin efektif, Anda harus dapat mengatur waktu, perhatian dan emosi Anda, sambil tetap sadar akan kekuatan, kelemahan, dan sumber bias potensial Anda.

Para pemimpin yang luar biasa, mahir dalam menangani stres, menyeimbangkan kehidupan pribadi dan profesional mereka. Anda juga harus mengingat pentingnya kasih sayang, dan mampu menanggapi orang dan peristiwa dengan cara tepat. Ingatlah untuk mempertahankan kontrol diri, dan disiplin dalam tindakan Anda, namun Anda harus tidak menjadi terlalu tertutup atau tidak fleksibel.

2. Bertindak Strategis

Pendekatan yang berpikiran maju, dan berpikiran terbuka diperlukan untuk para pemimpin saat ini. Menurut laporan sebuah studi, “Para pemimpin harus selalu siap untuk menyesuaikan strategi mereka untuk menangkap peluang yang muncul, atau mengatasi tantangan yang tidak terduga.” Berpikir secara strategis adalah proses berkelanjutan, yang melibatkan penilaian lingkungan bisnis Anda. Anda dapat memupuk pemikiran strategis dengan cara ini:

• Menjadi penasaran dan benar-benar tertarik pada perusahaan Anda, dan lingkungan bisnis yang lebih luas,

• Menjadi fleksibel dalam pola pikir Anda, dan mencoba pendekatan dan ide-ide baru,

• Berfokus pada masa depan, dan memikirkan kondisi operasional perusahaan Anda,

• Mempertahankan pandangan positif.

3. Menjadi Komunikator yang Efektif

Para pemimpin yang kuat, tahu kapan harus berbicara dan kapan harus mendengarkan. Mereka adalah komunikator yang efektif, dan mampu menjelaskan dengan jelas dan ringkas kepada karyawan mereka, mulai dari tujuan organisasi hingga tugas tertentu. Jika orang tidak memahami, atau tidak menyadari harapan Anda, mereka akan gagal, oleh sebab itu, semakin spesifik Anda, itu semakin baik.

Anda harus dapat berkomunikasi di semua tingkatan: satu per satu, ke departemen dan ke seluruh staf, serta melalui telepon, email dan media sosial. Komunikasi dibangun di atas aliran pertukaran ide, dan informasi verbal dan nonverbal yang stabil. Jadi berusahalah untuk dapat didekati dan melibatkan orang-orang dari berbagai tingkatan.

4. Menjadi Akuntabel Dan Bertanggung Jawab

Manajer yang sukses tahu cara menggunakan kekuasaan dan wewenang dengan tepat, tanpa membuat karyawan kewalahan. Para pemimpin yang efektif, menganggap diri mereka bertanggung jawab atas kesalahan mereka sendiri — dan mereka mengharapkan orang lain juga melakukan hal yang sama, mau bertsnggung jawab atas tugas-tugasnya. Mereka dapat bekerja dalam prosedur yang ditetapkan, menjadi produktif dan efisien dalam keputusan mereka.

Mereka menghargai pentingnya mendukung dan mendorong individualitas, sambil juga memahami struktur organisasi dan kebutuhan untuk mengikuti aturan dan kebijakan. Mereka mampu menyeimbangkan berbagai perspektif, sambil mengambil tindakan yang tepat.

5. Menetapkan Tujuan Jelas Dan Bertahan Dalam Mencapainya

Tetapkan tujuan yang jelas dan ditentukan, serta bertujuan kuat untuk mencapainya. Dukung semuanya dengan rasa percaya diri yang tak tergoyahkan. Jika Anda memancarkan antusiasme dan benar-benar bersemangat dengan apa yang Anda lakukan, orang-orang akan secara alami tertarik kepada Anda, dan mendukung.

Ingatlah bahwa menuliskan sasaran Anda adalah kunci keberhasilan Anda dan perusahaan Anda. Tetapi mencapai tujuan-tujuan itu membutuhkan waktu. Jika Anda menyerah, semua orang di sekitar Anda juga akan menyerah. Untuk menjadi pemimpin yang sukses, Anda harus bersedia untuk terus maju, ketika orang lain tergoda untuk menyerah.

6. Memiliki Visi Untuk Masa Depan

Pemimpin yang luar biasa, memiliki kemampuan untuk melihat masa depan perusahaan mereka, dan membuat tujuan yang jelas dan konkret, yang akan menguntungkan organisasi mereka. Mereka percaya diri dan optimis, menginspirasi antusiasme pada orang-orang di sekitar mereka.

Menjadi visioner adalah tentang mengelola perubahan, sambil mencapai keseimbangan antara stabilitas dan pertumbuhan. Anda harus memasukkan pendekatan baru tanpa terganggu dari tujuan utama.

Menjadi visioner, berarti memahami bahwa perubahan terus-menerus terjadi di sekitar Anda, jadi apa yang berhasil di masa lalu mungkin tidak selalu berhasil sekarang. Berlatihlah untuk bisa beradaptasi dan gesit, ketika Anda menerapkan strategi baru, dan memungkinkan model bisnis Anda berkembang seiring waktu.

7. Mengelola Kompleksitas

Pemimpin harus menjadi pemecah masalah, yang dapat membuat keputusan dalam situasi yang berubah dengan cepat. Belajar untuk memimpin dalam lingkungan yang kompleks adalah keterampilan penting bagi setiap pemimpin. Bahkan sebelum informasi definitif tersedia, para pemimpin yang efektif harus menilai kompleksitas situasi dan memilih tindakan yang sesuai.

8. Membina Kreativitas dan Inovasi

Para pemimpin harus memiliki keberanian untuk mengambil risiko bereksperimen dan mendorong kreativitas. Melakukan hal ini, akan mendorong inovasi yang akan mengarahkan organisasi Anda ke tujuan baru dan di sekitar bisnis yang berubah.

Kuncinya adalah untuk selalu gigih dalam mengejar tujuan Anda, berpikiran terbuka dan fleksibel dalam cara Anda sampai di sana. Dorong orang-orang di sekitar Anda untuk menghabiskan setidaknya 15 persen dari waktu mereka, untuk mengeksplorasi ide-ide baru melalui brainstorming dan pembuatan prototipe.

9. Membangun Tim dan Mempromosikan Kerja Tim

Kepemimpinan yang sukses dibangun di atas orang-orang di sekitar Anda. Membangun tim sangat penting untuk memimpin sekelompok orang yang beragam dan unik, dengan kepribadian, motivasi, dan keterampilan yang berbeda.

Tim dan kerja tim yang kuat adalah kunci untuk mencapai banyak hal ini, seperti membina inovasi, komunikasi yang efektif, dan mencapai tujuan organisasi Anda. Jika Anda merekrut dan mengembangkan tim yang tepat, Anda akan menciptakan kekuatan yang tak terhentikan, yang akan mendorong kesuksesan organisasi Anda.

10. Menciptakan Hubungan yang Tahan Lama

Pemimpin yang meyakinkan, melakukan lebih dari sekadar menginspirasi orang lain untuk mengikuti mereka; mereka tahu bagaimana memotivasi karyawan mereka untuk berjuang dengan sepenuh hati, untuk tujuan perusahaan mereka. Karyawan yang merasa dihargai, merasa apa yang mereka lakukan membuat perbedaan, akan lebih bersemangat untuk mencapai kesuksesan bagi perusahaan mereka.

Para pemimpin terkemuka juga memahami bahwa mereka harus efektif dalam berjejaring, tidak hanya untuk memajukan karier mereka sendiri, tetapi untuk kepentingan organisasi mereka. Dengan menciptakan jaringan orang secara luas dan beragam, para pemimpin membangun hubungan yang berdampak dengan pelanggan, klien, mitra, dan bahkan pesaing.

11. Ketangkasan Belajar

Para pemimpin yang benar-benar hebat, tahu bahwa kekuatan kepemimpinan mereka dibangun di atas kemampuan mereka untuk beradaptasi dengan keadaan yang tiba-tiba berubah, dan untuk mengetahui bagaimana dan kapan memanfaatkan peluang di tengah dunia yang berubah.

Memiliki rasa ingin tahu yang besar, akan memicu keinginan Anda untuk terus belajar dan tumbuh. Kelincahan belajar bergantung pada pengembangan keterampilan berpikir kritis, menerima ketidakpastian, memiliki kecerdasan sosial dan emosional, dan selalu memiliki keinginan dan tekad untuk maju.

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (259 votes, average: 5.00 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *