1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (260 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

Published on: 28 January, 2019 - 6:00 AM

7 Karakteristik Pemimpin yang Menginspirasi

Pemimpin yang efektif menginspirasi gerakan untuk bergerak ke arah yang sama. Tanpa pemimpin, gerakan terpecah-pecah dan tidak menuju ke mana-mana. Tugas pemimpin adalah mengilhami orang untuk bekerja bersama dalam melayani sesuatu yang lebih besar dari diri mereka sendiri.

Ada banyak sekali bos di luar sana yang memimpin perusahaan, dan sayangnya, tidak cukup banyak pemimpin. Sebutan “bos” hanya menandakan kekuasaan atas orang lain. Untuk disebut seorang pemimpin, Anda harus menginspirasi tim Anda, melalui tindakan dan kata-kata Anda, untuk percaya pada visi bersama. Tanda seorang pemimpin sejati adalah kemampuan untuk mendorong komitmen dan keterlibatan karyawan, yang merupakan dasar untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Untuk mulai memimpin dan berhenti memerintah, Anda dapat meniru kebiasaan pemimpin yang menginspirasi, seperti berikut ini.

1. Mereka mengekspresikan kepositifan secara tepat.

Para pemimpin yang benar-benar mengilhami, dapat menemukan sisi positif dari masalah apa pun. Mereka tahu bahwa malapetaka dan kesuraman tidak menghasilkan apa-apa, sehingga mereka tetap menjadi suar positif dalam menghadapi tantangan dan kegagalan. Tentu saja, masalah terjadi dan pemecahan masalah tidak bisa dihindari. Tetapi jika Anda ingin menjadi yang benar-benar inspiratif, perlihatkan kepada orang lain sikap terbaik Anda.

2. Mereka berterima kasih kepada tim mereka.

Tidak ada yang menghabiskan komitmen dari tim seperti merasakan upaya mereka tanpa disadari. Para pemimpin yang tidak menunjukkan penghargaan kepada karyawannya, menempatkan bisnis mereka dalam risiko pergantian karyawan yang lebih tinggi, output yang lebih rendah, dan rasa tidak enak. Bahkan gerakan syukur kecil menunjukkan kepada orang-orang bahwa mereka penting. Kirim kartu ulang tahun dan berikan bonus dan penghargaan. Bahkan ucapan tulus, “Terima kasih, proyek ini tidak mungkin terjadi tanpamu.” semacam ini sudah cukup untuk menginspirasi dan mendukung tim Anda.

3. Mereka memiliki visi yang jernih untuk masa depan.

Para pemimpin terbesar di zaman kita dapat mengartikulasikan sebuah visi dengan sangat jelas, seolah-olah itu telah terjadi. Pidato “I Have A Dream” Martin Luther King Jr. adalah contoh sempurna dari ini. Melalui kata-kata, tindakan, dan keyakinan, para pemimpin yang mengilhami tahu seperti apa masa depan yang mereka sukai, dan dapat menunjukkan kepada orang lain bagaimana menuju ke sana. Untuk benar-benar menginspirasi, ketahuilah dengan tepat, apa yang ingin Anda capai.

4. Mereka mendengarkan.

Mendengar tidak sama dengan mendengarkan. Para pemimpin inspirasional benar-benar mendengarkan apa yang dikatakan kepada mereka, dan merespons dengan tepat, alih-alih membiarkannya masuk ke satu telinga dan keluar dari telinga lainnya. Berlatih kebijakan pintu terbuka untuk menerima umpan balik tim Anda, dan mendorong mereka untuk berkontribusi pada tujuan bersama. Ini menanamkan perusahaan dengan rasa nilai bersama, karena semua orang berpartisipasi dan semua orang penting.

5. Mereka berkomunikasi tanpa cela.

Beberapa pemimpin berpikir bahwa memo tajam atau pertemuan cepat akan menghasilkan lebih banyak. Namun, memotong sudut di sekitar komunikasi hanya akan membuat hal-hal yang menyebabkan pengulangan waktu. Pesan disalahpahami, perasaan terluka, proyek menjadi salah, dan frustrasi memuncak. Para pemimpin yang benar-benar mengilhami tahu bahwa mengambil jumlah waktu yang tepat dengan setiap komunikasi, memastikan bahwa semua orang ada di jalurnya, dan terus bergerak maju.

6. Mereka bisa dipercaya.

Pelanggan dan karyawan sama-sama lebih mungkin untuk ‘melompat ke luar kapal’ ketika prioritas utama seorang pemimpin adalah sukses, bahkan dengan mengorbankan kesejahteraan tim. Para pemimpin mengilhami orang lain untuk memandang mereka dengan mengatakan yang sebenarnya, menjadi integritas dengan apa yang mereka janjikan dan hidup dengan jujur, dan sungguh-sungguh. Ketika karyawan bangga dengan kepemimpinan dan organisasi mereka, inspirasi akan mengikuti dari belakang.

7. Mereka bersemangat.

Antusiasme terhadap misi organisasi Anda, sangat penting untuk menjadi pemimpin yang menginspirasi. Pekerjaan menjadi tugas yang tidak berarti, ketika dilakukan untuk seseorang yang sangat bersemangat penih gairah tentang semuanya. Jika Anda tidak tahu mengapa pekerjaan yang Anda lakukan penting, karyawan Anda juga tidak memahaminya. Jaga visi Anda di garis depan pikiran Anda. Gairah Anda akan sering mengingatkan tim Anda tentang “mengapa” pekerjaan mereka itu penting.

Nah Sahabat… Dimana posisi Anda, Bos atau Pemimpin, ataukah menjadi Keduanya?

Salam Luar Biasa Prima!

Wuryanano

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (260 votes, average: 4.98 out of 5)

Loading...

«
»

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *